600 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka

Batam-  sebanyak 600 siswa SLTA sederajat se Kota Batam mengikuti seleksi calon peserta pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kota, Propinsi dan Nasional, Selasa (3/4) di Gedung Hang Jebat Baloi. Wali Kota Batam Ahmad Dahlan secara resmi membuka kegiatan tersebut. Ketua panitia Gustian Riau menyebutkan, pada seleksi pertama, pihaknya merekrut sebanyak 40 siswa dari tingkat SLTA sederajat se Kota Batam yang merupakan perwakilan dari sekolah masing-masing. Dimana ke 30 siswa terpilih menjadi Paskibraka Kota Batam, pihaknya juga mengirim peserta paskibraka untuk seleksi tingkat provinsi sebanyak 10 orang.
Seleksi ini dimulai Selasa (3/4) dan berakhir pada Kamis (5/4) di Gedung Hang Jebat Kantor Pemuda Olah Raga, Baloi. Adapun aspek penilaian bagi anggota Paskibraka ini yakni, dari aspek fisik, Kesehatan jasmani dan rohani serta kemampuan intelektual. Selain itu para peserta juga harus memiliki pengetahuan tentang budaya lokal dalam hal ini budaya melayu. Untuk pelaksanaan seleksi anggota Paskibraka ini, Kanpora bekerjasama dengan Poltabes Barelang, dan Polda Kepri. Dari 30 peserta, 15 peserta putra dan 15 putri. Tujuan dari seleksi untuk memilih pelajar putra dan putri terbaik se Kota Batam sebagai pengibar bendera pada upacara Hari Kemerdekaan baik di Batam maupun di tingkat provinsi dan Nasional.
Dahlan dalam sambutannya mengatakan bahwa para peserta merupakan pelajar pilihan yang dikirim oleh pihak sekolahnya adalah anak-anak yang memiliki nilai diatas rata-rata kelas. “Siapapun nantinya yang akan terpilih untuk mewakili kota Batam, baik di Provinsi maupun di Tingkat Nasional, adalah yang terbaik”, jelas Dahlan.
Panitia seleksi, diharapkan untuk obyektif, tidak ada diskriminatif dan tidak ada unsur kedekatan dalam memberikan penilaian kepada seluruh peserta. Jika ada indikasi kecurangan, peserta akan langsung di diskualifikasi dan panitia yang terlibat akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku. “Dapat langsung lapor ke pimpinan SKPD atau saya, melalui sms, telphone atau email,” ungkap Dahlan.
Menurut Dahlan karena Batam adalah kota industri yang tidak memiliki sumber daya alam maka yang paling dibutuhkan adalah sumber daya manusia yang handal. Dan SDM tersebut ada pada anggota paskibraka. Anggota Paskibraka adalah generasi muda Indonesia yang yang terpilih dari ribuan siswa sekolah melalui seleksi yang berjenjang dan sangat ketat. Mereka adalah siswa-siswa pilihan yang mempunyai kelebihan dan prestasi yang dapat dibanggakan. Diharapkan menjadi penerus para pejuang untuk menjadi pemimpin Indonesia yang mempunyai rasa nasionalisme tinggi selalu menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.
Upacara pembukaan seleksi tersebut dihadiri pula oleh Kaporesta Barelang Karyoto, Komandan 134 Tuah Sakti, Asisten Administrasi Umum M Sahir Kota Batam, Kepala Kesbangpolinmas Heriman, HK.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -