Kliping Pers, Jum’at 11 Februari 2011

BATAM POS

1. Benahi Promosi Wisata Batam

Program tahunan kunjungan wisata Batam 2010 atau Visit Batam Year 2010 dinilai belum berhasil. Salah satu indikatornya adalah belum tercapainya target kunjungan wisatawan sepanjang tahun lalu. Ketua Asita Kepri Kadek Sutraini mengatakan, pemerintah harus banyak belajar atas kegagalan ini. Menurutnya, salah satu poin yang harus dibenahi adalah sistem promosi. “Sebenarnya bukan gagal, karena ini tahun perdana. Tapi bagaimanapun kita harus banyak belajar dari 2010,”katanya. Asita sendiri, kata Kadek, sedang menggalakkan program Fam Trip diseluruh tingkatan DPD Asita Kepri. Targetnya masih kalangan wisatawan lokal.

2. Warga Demo Lurah Seibinti

Ratusan warga yang tinggal dirumah liar Kampung Pandawa dan Kampung Bumiaji, Kelurahan Seibinti, Sagulung berunjuk rasa di depan Kantor Lurah Seibinti, Kamis (10/2). Warga menuntut Lurah Seibinti Israh Hasyim mundur karena dianggap pilih kasih melayani warga terutama warga yang tinggal di ruli. Sekitar dua ratus lebih warga memadati halaman depan kantor lurah. Mereka datang dari arah jalan masuk Kelurahan Seibinti sambil berteriak mendesak lurah segera diganti. Sambil berteriak-teriak, warga membentangkan spanduk dengan berbagai macam tulisan.

Bahas Pengadaan Alkes Rp 70 M dengan Pengusaha Jakarta

3. Pertemuan Rahasia DPRD di Singapura

Kepergian tiga pimpinan DPRD Kota Batam ke Singapura, Selasa (8/2) lalu, ternyata bukan untuk pelesiran semata. Mereka dikabarkan punya agenda khusus, yakni bertemu calon investor pengadaan alat kesehatan (Alkes) untuk RSUD Kota Batam. Dalam APBD Kota Batam 2011, pemerintah Kota Batam mengalokasikan dana senilai Rp 70 miliar untuk pengadaan alat-alat medis di RSUD Kota Batam di Batuaji. Sepertinya  proyek ini sudah dilirik oleh seorang calon investor dan langsung menggelar pertemuan dengan tiga pimpinan DPRD Kota Batam di Singapura 8 Februari lalu.

4. Jaga Kesehatan, Hindari ISPA

Dinkes Kota Batam mengimbau masyarakat menjaga kesehatan, supaya tidak terjangkit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Disaat cuaca tidak menentu seperti saat ini, masyarakat paling rentan terserang ISPA. “Jika masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat dengan gizi yang baik dan istirahat yang cukup, insya Allah akan terhindar dari ISPA,” kata Sekretaris Dinkes Batam, Indriyani. Menurut Indriyani, Dinkes melalui puskesmas-puskesmas seluruh kecamatan selalu mengadakan penyuluhan kepada masyarakat mengenai bahaya dan cara menghindari penyakit tersebut.

TRIBUN BATAM

1. Batam Posisi 3 Tujuan Wisman

* Setelah Bali dan Jakarta

* Kunjungan Wisman 1.007.446 Orang

Pulau Batam mempertahankan posisi tiga besar sebagai destinasi wisata terfavorit di Indonesia. Dibandingkan 19 pintu masuk lainnya di tanah air, Batam menempati peringkat ketiga pintu masuk terbesar wisatawan mancanegara setelah bandara Ngurah Rai, Bali dan Soekarno-Hatta, Jakarta. Berdasarkan data BPS, selama Januari hingga Desember 2010 terdapat 1.007.446 orang berkunjung ke Indonesia melalui Batam. Sedangkan jumlah wisman yang masuk melalui Bandara Ngurah Rai berjumlah 2.546.023 orang dan dari Bandara Soekarno Hatta sebanyak 1.823.636 orang. “Batam masih termasuk salah satu pintu masuk wisman terbesar di Indonesia, tapi bukan yang paling besar.  Karena masih ada Bali dan Jakarta,” ungkap Kepala BPS Kota Batam, Endang Retno, Kamis (10/2).

2. Banyak PNS Wanita Bercerai

* Dilingkungan Pemko Batam

* CPNS Baru Diorientasi Dua Minggu

Menjadi PNS bukan jaminan langgengnya kehidupan rumah tangga. Buktinya sepanjang tahun 2010 terdata sembilan PNS dilingkungan Pemko Batam yang rumah tangganya berantakan sehingga berujung perceraian. Rinciannya, PNS wanita lima orang dan pria empat orang. Angka ini hanya kurang satu dari tahun 2009, yaitu sepuluh orang dengan rincian tujuh wanita dan tiga pria. “Sembilan orang ini yang sudah resmi bercerai. Tapi masih ada tujuh orang lagi yang masih dalam proses di tahun 2011 ini,” ujar Kabid Pengendalian dan Penghargaan BKD Batam Agus  Hartoyo, Kamis (10/2).

Sementara itu sebanyak 318 CPNS yang lulus dalam penerimaan akhir tahun lalu akan mulai bekerja. Mereka akan segera mengikuti masa orientasi. “Masa orientasinya akan berlangsung hingga akhir bulan, ada sekitar dua minggu waktu untuk mereka mengenal  lingkungan sekitar,” sebut Kepala BKD Batam, Firmansyah, saat ditemui dikantornya. Selama masa orientasi, peserta akan diberikan pembekalan oleh staf BKD. Pembekalan mengenai kedisiplinan ini akan dilaksanakan di aula lantai empat Kantor Wali Kota Batam. Selain diisi dengan pembekalan, peserta orientasi juga akan ditugaskan untuk berkeliling ke kantor-kantor dinas dan badan yang ada di jajaran Pemko Batam. Roadshow ke SKPD ini akan dilakukan dalam kelompok-kelompok yagn terdiri dari 10 orang per kelompok.

Ancam Segel Kantor Lurah Seibinti

3. Warga Tuntut Israh Mundur

Copot Lurah Seibinti. Kami tidak ingin mempunyai pemimpin yang tidak berpihak kepada warga. Teriakan menggema di depan kantor Lurah Seibinti Sagulung, Kamis (10/2) sekitar pukul 09.00 WIB saat ratusan warga melakukan aksi demo menuntut Lurah Israh Hasyim. Kedatangan warga ini sempat mengejutkan warga sekitarnya lantaran aksi mereka dilakukan di jalan yang kerap dilalui truk dari galangan kapal. Warga dari dua RT ruli di Seibinti ini juga mengancam akan melakukan penyegelan kantor kelurahan bila lurah tidak mundur.”Bila tidak dipenuhi, kami akan melakukan penyegelan gedung ini. Kamiberi batas waktu satu minggu, apabila lurahnya tidak diganti, kami sendiri yang akan memberhentikannya,”teriak pendemo saat pertama kali datang.

4. Jalan Punggur Segera Dua Jalur

* Proyek APBN sebesar Rp 11,9 Miliar

* Sedang Proses Tender di Dinas PU Kepri

Jalan menuju pelabuhan Domestik Telaga Punggur akan segera jadi dua jalur. Pemerintah pusat telah menyetujui jalan tersebut sebagai jalan negara yang pada tahun 2011 akan dibangun. Jalan dua jalur itu dari simpang SPBU dekat Kantor Lurah Kabil menuju punggur. Panjang jalan sekitar enam kilometer dengan nilai sebesar Rp 11,9 miliar. Proyek jalan itu sedang dalam proses penenderan di kantor Dinas PU Provinsi Kepri. Dana untuk membangun jalan dua jalur itu berasal dari APBN.

HALUAN KEPRI

1. Pengakuan Salah Satu Pejabat Pemko Batam

Ditawari Jadi Sekwan Tapi Harus Setor

Isu Sekretariat DPRD (Sekwan) Kota Batam Nurman menyogok unsur pimpinan DPRD Kota Batam sebesar Rp. 800 juta untukmendapatkan jabatannya saat ini diduga kuat bukan isapan jempol belaka. Salah satu pejabat Pemko Batam mengakui pernah ditawari oleh pimpinan DPRD menduduki jabatan itu sebelum Nurman dilantik Walikota Batam Ahmad Dahlan sebagai Sekwan. Ia menolak tawaran itu karena disertai syarat harus menyetor dana yang nilainya telah ditentukan oleh pimpinan Dewan.

2. 315 CPNS Ikuti Masa Orientasi

Sebanyak 315 Calon Pegawai Negeri Sipil yang dinyatakan lulus seleksi mulai hari ini, Jumat sampai akhir Februari nanti akan mengikuti masa orientasi. Mereka akan diajak melihat dari dekat sistem kerja di pemerintahan dengan cara mengunjungi semua kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  di Kota Batam, “Mulai besok (hari ini) CPNS yang diterima kemarin akan mengikuti orientasi . Selain berkunjung ke Kantor SKPD, mereka juga di tugaskan mendapatkan tandatangan pejabat yang di kunjungi,” jelas Kepala BKD, Firmansyah.

3. Warga Keluhkan Aktifitas Cafe New Barokah

Aktifitas Cafe New Barokah di Ruko Pasar Aviari Pratama Blok A, dikeluhkan puluhan warga yang tinggal disekitar tempat tersebut karena sangat mengganggu ketenangan warga. Warga mengeluhkan jam operasional kafe yang baru tutup hingga menjelang Shalat Subuh, dan warga lain mengeluhkan terganggu oleh kerasnya suara musik dari cafe tersebut. Pendiriannya di duga para warga juga tidak dilengkapi izin mendirikan bangunan (IMB) dan melanggar ketertiban umum. Karena, lahan yang digunakan untuk cafe dan pujasera berada di atas lahan yang diperuntukkan untuk taman dan penghijauan. Padahal, lanjut Jones, warga yang tinggal di sekitar kawasan telah melayangkan surat pernyataan keberatan ke Walikota Batam. Surat tertanggal 7 Oktober 2010 dan Agustus 2010 tersebut, juga ditembuskan ke beberapa pihak terkait. Diantaranya Lurah Buliang, Camat Batuaji, PT Aviari Pratama, Disparbud, Distako dan Satpol.

4. PNS Wanita Banyak Ajukan Cerai

5.       PNS wanita ternyata lebih banyak mengajukan cerai dibandingkan PNS pria. Perceraian terjadi karena kurangnya komunikasi dan turut campurnya pihak ketiga dalam rumah tangga. Demikan disampaikan Kabid Pengendalian dan Penghargaan BKD Kota Batam, Agus Hartoyo kepada wartawan dikantornya, Kamis (10/2). Selama tahun 2009, tercatat sebanyak 10 PNS dilingkungan Pemko Batam yang mendapat putusan perceraian dan 7 diantaranya wanita. Sedangkan tahun 2010, terdapat 9 perceraian. Lima diantaranya juga PNS wanita dilingkungan Pemko Batam. “Ditahun 2011 ini masih tersisa 7 kasus pengajuan cerai. Mereka bisa saja bercerai, juga bisa rujuk kembali,” kata Suhaeni, Kasubdit Pembinaan dan Pengendalian Kepegawaian menambahkan.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -