Kliping Pers, Selasa 31 Mei 2011

BATAM POS

1. Sejahterakan Masyarakat Pesisir dengan Revolusi Biru

Menteri Kelautan dan perikanan (DKP), Fadel Muhammad melakukan kunjungan kerja ke Kepri, 29-30 Mei. Ia menghadiri temu koordinasi dan pengarahan terhadap pengembangan kelautan dan perikanan di Provinsi Kepri. Penantanganan Nota Kesepahaman pengembangan kawasan Budiprima terpadu antara DPP Gerakan Usaha Mikro Kecil Indonesia (GUMKI) dengan Pemko batam, serta pemberian bantuan modal usaha kepada kelompok tani pembudidayaan ikan di Batqam dan Kepri lainnya.

2. Jangan Hanya untuk Bagi-bagi Proyek

Menteri Kelautan dan perikanan, Fadel Muhammad, mencanangkan Batam sebagai percontohan kawasan budidaya ikan mandiri dan terpadu. ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesai sebagai negara penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar di dunia pada tahun 2015. ada lima komoditas kelautan budidaya yang  yang didorong pengembanganny, yakni rumput laut, lele, patin, kakap dan ikan kerapu. Termasuk Batam, kelima komoditas ini akan dikembangkan di kawasan budidaya terpadu galang. Kegiatan ini digagas dan dimotori Gerakan Usaha Mikro Kecil Indonesia (GUMKI) Kepri yang telah menandatangani MoU dengan Pemko batam. Walikota Batam Ahmad Dahlan mengaku sangat mendukung kegiatan ini. Diharapkan budidaya ini mampu memenuhi permintaan dunia.

3. Usaha Kami Merugi

*Pemadaman Listrik Ganggu Perekonomian

Masyarakat pemilik usaha kecil yang menggantungkan usahanya pada suplai aliran listrik mengeluhkan pemadaman bergilir oleh PT PLN Batam, Senin (30/5), yang durasi pemadamannya mencapai empat jam. Pasalnya usaha mereka harus terhenti. akibatnya pendapatan mereka menurun bahkan merugi Pemadaman bergilir ini sudah berlangsung sejak Minggu (28/05). Direktur Teknik PT PLN Batam, M Tagor EB Sijabat mengatakan, pemadaman dilakukan karena adanya penurunan tekanan gas yang di luar perkiraan akibat perbaikan pipa gas PT TGI dan JOB PTJM/PDPDE.

4. Pasok Sayur Langsung dari Petani Batam

*Pasar Porodisa Soft Opening

Camat Sagulung Abidun, secara resmi membuka Pasar Porodisa di Tembesi Batam, Sabtu (28/5) pukul 10.00 WIB. Porodisa memmpunyai dampak besar dalam mengangkat perekonomian masyarakat Tembesi dan sekitarnya. Pedagang di Porodisa akan dibantu pengelola untuk mendapatkan kredit diberbagai bank di Batam. Pengelola Pasar Porodisa, Ir Dipanusa Riung mengatakan konsep ekonomi kerakyatan digunakan dalam pengelolaan pasar, pengelola membeli sayur kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dengan harga mahal, lalu menjual kepada pedagang dengan harga murah. Porodisa juga telah melakukan kerjasama dengan Dinas PMP KUKM serta Dinas KP2 Batam.

 

Tribun Batam

1. Hijazi Kewalahan Awasi HP

Sejumlah Gudang Ponsel China Masih Beroperasi

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemko Batam Ahmad Hijazi mengaku cukup kewalahan mengatasi maraknya para pedagang handphone china illegal. Ia berharap pintu masuk handphone  tersebut mendapat pengawasan ketat dari aparat terkait sehingga perdagangan hp illegal tersebut bisa ditekan. Kata Hijazi, perdagangan hp china ini melanggar hukum. Kendati Batam kawasan perdagangan bebas, namun pengusaha tidak seenaknya memasukkan barang  seperti hp. “Tetap harus sesuai prosedur,” Kata Hijazi.

 

2. Pegawai Nongkrong Berjam-jam

Rudi Minta Kepala SKPD Monitor

Sejumlah pegawai berseragam yang tengah sarapan di Batam Centre Mall menjadi pusat perhatian warga setempat, Senin (30/5). Apalagi pada saat itu masih jam 10.00WIB. Sejumlah PNS yang mengenakan pakaian dinasnya nongkrong. Bahkan para PNS ini sampai berjam-jam  duduk sambil bercengkerama. Ironisnya keberadaan PNS di tempat makan tersebut juga menjadi perhatian warga yang akansarapan pagi. Salah seorang warga, Jumardi, menurutnya karena kurangnya control pimpinan instansi kepada bawahannya.

 

3. Mampu Tampung 250 Pasien

Walikota Resmikan Gedung RSUD Kota Batam

Pemerintah Kota Batam akhirnya meresmikan Gedung Rumash Sakit Embung Fatimah Batam, serta meresmikan beberapa gedung kesehatan lainnya, yang dipusatkan di halaman RSUD Embung Fatimah Batam. Pemko juga meresmikan gedung bidang kesehatan tahun anggaran tahun 2010 lainnya. Yaitu satu unit Puskesmas Rawat Jalan kelurahan Belian, Pembantu Sei Jodoh, Satu Unit Puskesmas Pembantu Kampung Melayu Kelurahan Rempang Cate Galang, Rehab sekaligus penambahan Gedung Rawat Inap Puskesmas Sambau. Berbagai hasil pembangunanini merupakan komitmen Pemko Batam untuk memberikan fasilitas kesehatan .

 

4. Rudi Langsung Berikan Uang Tunai

Peserta Cerdas Cermat Langsung Semangat

Wakil Walikota Batam, Rudi langsung memberikan uang tunai kepada peserta lomba cerdas cermat tingkat Sekolah Dasar yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkannya. “saya sengaja memberikan hadiah agar para peserta termotifasi untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan pihak panitia,” ungkap Rudi. Perlombaan sendiri dilaksanakan Satlantas Poltabes Barelang di BCS Mall yang digelar dari Senin sampai Selasa. Bahkan Rudi juga akan memberikan hadiah tetap untuk para pemenang cerdas cermat itu.

 

 

5. Masih Bergantung Lele Malaysia

Menteri Bantu Petani Lele Rp 250juta

Kementrian Kelautan dan Perikanan memerikan bantuan berupa lima paket usaha ikanlele bernilai Rp250 juta. Selain itu juga diberikan 225 ekor induk lele yang akan dibagikan pada 16 kelompok tani lele di Batam. Serta bantuan benih ikan laut berupa 1000 ekor kakap putih, 1000 kerapu macan dan 8000 bawal bintang. Dijelaskan bahwa untuk mendukung pengembangan kawasan berbasis perikanan atau minapolitan secara nasional, kementrian telah menganggarkan Rp212 miliar dalam APBN tahun 2011.Walikota Batam, Ahmad Dahlan menyebutkan tujuan jangka pendek kegiatan ini yaitu membantukan tujuan jangka pendek kegiatan ini yaitu mewujudkan swasembada lele di Kota Batam dengan harga yang kompetitif dari produksi impor.

 

Haluan Kepri

1. Pemko Pangkas Anggaran Belanja

Walikota Batam Ahmad Dahlan memutuskan akan memangkas anggaran belanja di Pemko Batam. Keputusan tersebut sesuai bentuk antisipasi defisitnya APBN Kota Batam tahun 2011 hingga Rp30 miliar. Dijelaskan bahwa Pemko akan meminimalisir pengeluaran. Untuk pos belanja-belanja yang bisa diturunkan, akan diturunkan salah satunya adalah dengan menunda pemekaran Kecamatan di daerah ini. “Kegiatan ini sifatnya belum mendesak kita tunda dulu, seperti pemekarankecamatan. Karena kalau pemekaran dilakukan akan menambah biaya aparat. Ini kita tunda dulu, intinya pengurangan biaya-biaya jangan sampai menurunkan kinerja,” jelas Walikota.

 

2. RSUD Embung Fatimah Diresmikan

Inspektorat Jendral Kesehatan Departemen Kesehatan RI dr Yudi Prayuda Izaak disaksikan Walikota dan Wakil Walikota Batam meresmikan Rumah sakit Daerah Embung Fatimah, Senin. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasati dan pemotongan pita secara bersama-sama. Dalam sambutannya, Ahmad Dahlan mengungkapkan sudah lama Pemko Batam mengingnkan sebuah rumah sakit yang representative mengingat tuntutan kebutuhan pelayanan kesehatan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk di daerah ini. Dikatakan RSUD Embung Fatimah dibangun dengan anggaran multiyears.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -