Kliping Pers, Jum’at 26 November 2010

BATAM POS

1.     Hari Guru Dinodai Tawuran

*Polisi dan Siswa Saling Kejar

Peringatan hari guru ke-65 dinodai tawuran 50 siswa SMK 1 Batuaji yang datang menyerang SMK 4 Tiban, Kamis (25/11). Dalam tawuran tersebut, siswa SMK Batuaji menyanderadua pelajar yang kebetulan melintas di depan sekolah SMK Negeri 4. Dua pelajar yakni Yohanes, 15 siswa SMP Negeri 20 serta Deo, 15. Kedua-duanya menjadi bulan-bulanan puluhan siswa SMK Batuaji tersebut. Keduanya turut diamankan dan menjadi sanksi bagi kepolisian saat pengeroyokan berlangsung. Sambil menghubungi pihak kepolisian, guru SMKN 4 turun menghalau para siswa SMKN 1 sambil mengatakan supaya menghormati peringatan hari guru yang tengah berlangsung.

2.    Pejalan Kaki Dibuat Nyaman dan Aman

Sepanjang jalan dari depan Rusunawa Mukakuning hingga Kawasan Industri Panbil, kini terlihat berbeda. Dinas Pekerjaan Umum Kota Batam tengah membangun area pejalan kaki (pedestrian) menuju kawasan industri Batamindo Panbil. Pedestrian ini juga dilengkapi atap kanopi. “Kami sangat senang ada pembangunan area jalan kaki ini. Pekerja merasa senang dan dihargai. Tapi sayang, di sepanjang area jalan kaki masih ada rumah liar,” ujar Maria. Pembangunan padestrian ini juga bisa mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas akibat pejalan kaki menyebrang jalan raya. Selain itu, area ini bermanfaat bagi warga yang tak ingin kepanasan menunggu angkutan umum.

3.     IMB Nol Rupiah untuk Rumah Ibadah

Panitia Khusus (Pansus) retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) mengusulkan untuk retribusi nol rupiah kepada rumah ibadah dan bangunan negara. Usulan tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Nomor 24/PRT/M/2007 tanggal 9 Agustus 2007 yang mengatur tata cara penghitungan dan obyek retribusi IMB. Keputusan Pansus retribusi IMB ini, oleh Riki diharapkan bisa masuk dalam asumsi penyusunan APBD 2011. “Bangunan negara seperti airport, pelabuhan, pasar, gedung pertemuan yang disewakan tetap dikenakan retribusi,” ujar Sekretaris Pansus IMB, Riki Indrakari. Pemberlakuan nol rupiah mengacu pada filosofi retribusi IMB dan sisi fungsi. Bangunan rumah ibadah difungsikan sebagai tempat melakukan ritual keagamaannya. Sedangkan bagunan negara dijadikan sebagai fungsi sosial budaya.

4.     Pantai Melur Sah di Kelola KSW

Rapat dengar pendapar (RDP) warga pulau Rempang-Galang bersama dengan Polresta Barelang, Badan Pertanahan Nasional menghasilkan rekomendasi bahwa pengelolaan kawasan wisata tersebut untuk sementara masih dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (KSW) yang bekerja sesuai SK Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam. “KSW saat ini legal mengelola kawasan tersebut dan masih berhak mengelolanya, sebelum ada kesepakatan untuk mekanisme pengelolaan secara bersama-sama dengan warga yang mengatakan dirinya penggarap,” ujar Basri Harun selaku pimpinan sidang. Dalam RDP tersebut, menguak persoalan adanya ketidaksepakatan warga yang mengatasnamakan dirinya dengan Himad Purelang atas pengelolaan Pantai Melur. Pihak Himad Purelang mengaku merupakan penggarap lahan tersebut sejak KSW belum dibentuk, jadi secara langsung mereka juga berhak untuk mengelola kawasan wisata tersebut.

5.    Enam Mall di Batam Bertabur Artis

Festival Film Indonesia (FFI) 2010 resmi dibuka, Kamis (25/11) di Turi Beach Nongsa. Pembukaan tersebut dirangkai dengan workshop film. Peserta berjumlah sekitar 100 dan merupakan peminat film, sineas muda serta praktisi perfilman yang ada di kota batam dan Kepri. Ketua komite FFI Niniek L Karim  mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia khususnya pecinta dan pekerja film untuk kembali mengangkat local wisdom daerah-daerah di Indonesia. Rangkaian acara lainnya adalah meet and great di enam mall di Batam.

6.    Nurman Jadi Sekretaris Dewan

Jabatan Sekwan Batam yang lowong, bakal terisi. Staf Ahli bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Nurman dipilih Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengisi jabatan tersebut. Pengangkatan Nurman sebagai Sekwan ini terkesan mendadak dan mengejutkan banyak pihak. Termasuk internal pejabat dan pegawai di lingkungan Pemko Batam. Nurman dijadwalkan dilantik Jumat (25/11) hari ini. Sejumlah undangan untuk pelantikan telah disebarkan ke seluruh dinas dan badan. Sumber resmi di Pemko Batam menyebutkan, undangan itu untuk pelantikan pejabat eselon II di lingkup Pemko yang dilaksanakandi lantai IV Kantor Wali Kota Batam, hari ini, sekitar pukul 09.30. Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri tak menapikkan rencana pelantikan sekwan itu ketika dikonfimasikan Batam Pos tadi malam.”Infonya begitu (pelantikan,red),” ujar Yusfa.

7.    Panwaslu Belum Terima Laporan Kampanye

Panwas Kota Batam menyatakan, sampai kemarin belum menerima laporan jadwal kampanye terbatas maupun susunan nama-nama tim kampanye para kandidat yang bertarung di Pilwako Batam. “Sampai saat ini belum ada yang masuk ke Panwas,”ujar Pokja Kampanye Panwaslu Kota Batam Aminah Yahya di Batam Center kemarin. Manurut Aminah, Panwaslu tetap melakukan pengamatan dan menunggu inisiatif para kandidat untuk melaporkan kegiatan kampanyenya. Aminah menegaskan, mekanisme kampanye sudah diatur dalam ketentuan KPU Nomor 14 tahun 2010.

8.    620 Polisi Siap Amankan Pilwako

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Batam 5 Januari 2011 mendatang akan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Sebanyak 620 personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan proses menuju kursi Batam satu itu. Kaporesta Barelang Kombes Eka Yudha Satriawan mengatakan, jumlah tersebut merupakan dua pertiga dari kekuatan yagn dimiliki Polresta Barelang. Anggota akan ditempatkan secara merata di 1.783 TPS yang ada di Batam. Hal ini kami lakukan untuk menjamin keamanan warga saat menjalankan proses demokrasi yang benar,”kata Eka di Baloi, Kamis (25/11).

9.    Guru Berprestasi Dapat Uang Pembinaan

Sebanyak 9400 PGRI Batam akan mengikuti upacara bersama perayaan hari guru bersama Pemko Batam di berbagai sekolah masing-masing, Kamis (25/11).”Peringatan hari guru ke-65 ini, kita mengajukan ada 10 orang guru berprestasi mendapat sertifikasi dan uang pembinaan,”ujar Ketua PGRI Batam, Rustam Efendi di Sekupang. Guru yang akan mendapat sertifikasi tersebut yakni guru berprestasi tingkat nasional, kepala sekolah, serta guru terlama di kawasan hinterland. “Sebagai bentuk perhatian atas pengabdian mereka,” kata Rustam. Rustam mengatakan, sebelumnya, para guru se-Batam juga telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial di 12 kecamatan dengan mengumpulkan dana Rp 256 juta. Dana tersebtu dikhususkan ke tiga daerah bencana nasional yakni Wasior, Mentawai dan Gunung Merapi.

TRIBUN BATAM

1.    Pembukaan FFI 2010

*Jangan Kalah sama Upin Ipin

Siapa yang tidak mengenal Upin Ipin? Mulai dari anak-anak hingga orangtua rasanya mengetahui film animasi asal Malaysia itu. Meski mengusung muatan lokal Malaysia, Upin Ipin meledak di pasar Indonesia. Pemerintah Malaysia memberikan dukungan penuh terhadap produksi film ini. Lantas apakah Indonesia kalah dengan Upin Ipin? Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata sebenarnya sudah menyurati seluruh gubernur untuk membuat film yang memuat kebijakan lokal. “Sudah tiga tahun ini Kementrian menyurati seluruh gubernur untuk menggali lokal wisdom, khususnya dalam film,” kata Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film Cecep Suparman saat membuka Festival Film Indonesia (FFI) 2010 di Batam, Kamis (25/11). Sementara itu Ketua Komite Film Indonesia, Niniek L Karim mengatakan perlu membangun industri film yang mengangkat tema kebijaksanaan lokal.

2.    Wakapolsek Jatuh Kejar Siswa

*Tawuran Pelajar SMKN I dan SMKN 4 di Tiban

*Polisi Amankan 27 Siswa

Wakapolsekta Sekupang, Iptu Jefri Sham, tidak menyangka kalau jari tengah tangan kirinya terkilir. Dia terjatuh dari sepeda motor saat mengejar puluhan pelajar SMKN I Batuaji dan SMKN 4 Tiban yang terlibat tawuran di depan semak perumahan Tiban III, Sekupang, Kamis (25/11). Tawuran yang jarang terjadi ini membuat suasana heboh di SMKN 4 Tiban. Jefri pula akhirnya berboncengan dengan Kapolsekta Sekupang, AKP I Dewa Nyoman Surya Negara. Mereka bersama-sama mengejar puluhan pelajar yang lari menyemalamatkan diri dari tangkapan petugas. Tawuran bermula saat puluhan pelajar dari SMKN I dengan menumpang dua unit angkot langsung mendatangi SMKI 4 Tiban di Tiban II, Sekupang pukul 11.30 WIB. Meskipun siswa SMKN I tidak sempat masuk kepekarangan sekolah, pengeroyokan dan baku hantam terjadi di luar pekarangan sekolah.

3.    Sekda Minta Sekwan Serius

*Tindaklanjuti Pengembalian Dana TKI

*Surat Mendagri Tanpa Sanksi

Pengembalian dana Tunjangan Komunikasi Intensif (TKI) yang diperintahkan lewat surat menteri dalam negeri (Mendagri) menjadi perhatian serius Pemko Batam. Bahkan Sekretariat Dewan (Sekwan) terus mengingatkan para anggota dewan priode 2004-2009 baik yang duduk kembali maupun yang sudah tidak menjabat lagi untuk segera melunasinya. Sekda Kota Batam, Agussahiman mengatakan dirinya sudah minta Sekwan untuk segera menagih dana TKI itu kepada para anggota dewan. Dia berharap masalah itu tidak berlarut-larut apalagi sampai ke ranah hukum. “Kami sudah mengirim surat ke Sekwan, meminta agar mereka menjalankan tugasnya menagih dana itu kepada anggota dewan. Sebenarnya yang membuat ini jadi berlarut-larut karena surat Mendagri itu tidak tegas, hanya menganjurkan saja. Kita pun berpedoman ke surat Mendagri ini. Jika surat dari pusat itu disertai dengan sanksi hukum, saya rasa pengembaliannya akan cepat,” jelas Agussahiman.

4.    Developer Harus Serahkan Fasum

*DPRD Tunda Pengesahan Ranperda Gedung

Rapat Paripurna DPRD Batam, Kamis (25/11) menunda pengesahan Ranperda tentang Bangunan Gedung. Soalnya penyusunan Ranperda tersebut masih 85 persen, sehingga membutuhkan waktu selama sebulan lagi untuk merampungkannya. Apabila Ranperda tersebut disahkan, maka seluruh bangunan harus memenuhi Sertifikat Layak Fungsi (SLF). Selain itu ada ketentuan developer harus menyerahkan lahan ke Pemko. Dalam paparannya, juru bicara Pansus Suwandi ST, mengatakan pembahasan pasal per pasal yang dilakukan sudah mencapai 85 persen. Namun perlu pembahasan materi yang lebih mendalam berkaitan dengan kearifian lokal yang ada di Batam.

5.    Lebih Efisienkan Pengelolaan Lampu Jalan

*PJU Berbasis Digital

Dalam rangka meningkatkan memperbaiki sistem pengelolaan dan pengendalian Penerangan Jalan Umum (PJU), Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika berkesempatan mendengarkan presentasi mengenai sisrem baru yang ditawarkan oleh PT Todo Mareva Lumitor. Presentasi ini dilaksanakan di Hotel Golden View, Kamis (25/11). Sistem baru yang ditawarkan dalam pengelolaan dan pengendalian JPU yaitu dengan menggunakan sistem informasi berbasis digital. Dalam presentasinya perwakilan PT TML. Kholik Hermawan dan Zulfan mengatakan sostem yang ada saat ini sangat tidak efisien dengan hasil yang jauh dari harapan. Ria dalam sambutannya berharap agar proyek percontohan tersebut dapat mengontrol kondisi lampu jalan yang ada di Batam Apalah dalam kehidupan hidup atau mati sehingga dapat dilakukan langkah antisipasi secara cepat, tepat dan akurat.

HALUAN KEPRI

1.    70 Artis Bakal Hadir di Batam

Direktur Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Cecep Suparman membuka rangkaian kegiatan FFI 2010 di Turi Beach Resort Nongsa Batam, Kamis (25/11). Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam Guntur Sakti serta sejumlah panitia FFI 2010 menghadiri acara itu. Tak ketinggalan, sejumlah sineas negeri ini juga terlihat hadir. Seusai acara seremonial pembukaan, acara dilanjutkan dengan workshop dan pelatihan pembuatan film yang akan berlangsung hingga hari ini.Menurut Guntur, sebanyak 70 artis akan datang ke Batam untuk menghadiri pembacaan nominasi FFI. Artis-artis yang akan hadir antara lain Deddy Mizwar, Jaja Miharja, Meriam Bellina, Adjie Masaid, Krisna Mukti, Oppie Agustin, Pong Hajadmo, Hengky Tornando, Tio Pakusadewo dan sejumlah artis papan atas lainnya. Rangkaian nominasi FFI 2010 di Batam juga akan diisi dengan acara bhakti sosial dan penanaman kerumbu karang di Pulau Abang yang melibatkan para artis, Sabtu (27/11). Nominasi FFI 2010 di Batam juga akan dimeriahkan dengan program musik ‘Dahsyat’ yang akan disiarkan langsung oleh RCTI dari Megawisata Ocarina pada Sabtu (27/11).

2.    Siswa SMK 1 Serang SMK 4

Siswa SMK 1 Batuaji kembali berulah. Puluhan siswa sekolah ini menyerang SMK 4 Tiban, Kamis (25/11) sekitar pukul 11.00 WIB. Beruntung penyerangan ini cepat diketahui jajaran Polsek Sekupang. Dalam aksi penyerangan itu sebanyak 27 siswa SMK 1 akhirnya digelandang ke Polsek Sekupang. Aksi penyerangan puluhan siswa SMK 1 terjadi saat siswa SMK 4 sedang belajar. Mereka tiba di SMK 4 menumpang tiga angkutan umum. Setibanyadi sekolah yang berlokasi di Tiban II tersebut, siswa SMK 1 langsung turun dan melakukan penyerangan kepada beberapa siswa SMK 4. Aksi penyerbuan ikut membuat warga menjadi ketakutan. Karena khawatir menjadi korban amuk pelajar sekolah kejuruan teknologi itu.

3.    9.048 Berkas Masuk ke BKD

Sebanyak 9.048 berkas lamaran CPNS masuk ke BKD Pemko Batam. Kepala BKD Kota Batam Firmansyah mengatakan seluruh formasi penerimaan CPNS 2010 yant tersedia ada pelamarnya. CPNS yang dibutuhkan adalah 112 untuk formasi pendidikan, 111 formasi kesehatan, dan 98 formasi teknis. “Tahun ini ada pelamar untuk setiap fomasi yang disediakan. Misalkan untuk guru fisika, guru matematika dalam formasi pendidikan, kepala perawat dalam formasi kesehatan dan penata dalam formasi teknik ada pelamarnya,” ucapnya. Berkas lamaran CPNS sendiri, kata dia, hingga sekarang belum masuk semuanya dari Kantor Pos ke BKD. BKD menerima berkas lamaran hanya untuk cap Kantor Pos dari 16-25 November. Berkas lamaran CPNS yang kena cap Kantor Pos lewat tanggal terakhir pasti tidak diterima BKD.

Leave a Reply

Switch to our mobile site

Log in -