Kliping Pers, Senin 20 Desember 2010

Batam Pos

1.     Suap Oknum dan Cukong Agar Bisa Masuk Batam

Setiap TKI Diperas Rp 2,6 Juta

Mata uang Ringgit di negeri Jiran Malaysia masih memesona Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Ironisnya, banyak TKI yang  bermimpi meraih Ringgit tersebut justru terperangkap dalam lingkaran “mafia”. Para TKI tersebut diselundupkan melalui pelabuhan rakyat (pelra). M Soli dan Rahman, TKI yang diamankan Satuan Unit III Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Kepri, Kamis (16/12) pukul 23.00 WIB kepada wartawan buka mulut. M Soli mengaku ia salah satu 100 orang TKI ilegal yang masuk melalui pelabuhan rakyat di Batam. Namun, apes baginya Kamis lalu ia tertangkap.

2.     Warga Goro Pasang  100 Tong Sampah

Di Taman Cipta Batuaji

Warga Perumahan Taman Cipta Batuaji Gotong royong (goro) memasang tong sampah di depan rumah masing-masing. Minggu (19/12). 100 unit tong sampah tersebut bantuan dari PNPM Mandiri. Warga khusus para lelaki di perumahan tersebut terlihat sibuk memasang tong sampah tersebut. Sementara ibu-ibu sibuk menyiapkan makanan serta minuman untuk warga yang gotong royong. Ketua koordinator Badan Keswadayaan Mandiri (BKM) Wiyanto, menuturkan pemberian tempat sampah menjadi salah satu bentuk realisasi dari program PNPM Mandiri untuk menciptakan suasana lingkungan bersih dan rapi.


Tribun

1.     Insentif untuk Penghafal Qur’an

*Muktamar IPQA Hasilkan 3 Rekomendasi

*DR Said Agil Kembali Jadi Ketua Umum

Mantan Menteri Agama Said Agil Al Munawar terpilih secara aklamasi memmimpin para qari-qari’ah dan hafiz-hafizah se Indonesia. Muktamar Ikatan Persaudaraan Qari-qari’ah dan hafiz-hafizah (IPQAH) itu digelar sejak Jumat lalu. Ketua IPQAH Provinsi Kepri, Mahadi Rahman mengatakan pada malam haflah itu sejumlah qori-qoriah ternama menyumbangkan suara emasnya. Menurutnya selain mengukuhkan pengurus baru, pelaksanaan muktamar ini juga menghasilkan beberapa rekomendasi penting. Ada tiga rekomendasi yang dikeluarkan dalam pelaksanaan muktamar ini. “Yang pertama, menetapkan Kepri sebagai tuan rumah MTQ nasional ke-25 tahun 2014. Rekomendasi lain adalah meminta pada gubernur dan pimpinan daerah untuk memberikan insentif kepada qari-qariah dan hafiz-hafizah. Kami juga minta masing-masing pemerintah daerah untuk menyusun Perda tentang buta aksara Al-Qur’an,” jelas Mahadi.

2.     Bangun 350 Rusun Sederhana

*Target Selesai Tahun 2020

*Sudah Bangun 66 Twin Block

Pemerintah Kota Batam akan membangun 350 twin block rumah susun sederhana sewa untuk pekerja hingga 2020. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, hingga 2010 Pemko Batam membangun 66 twin block dan akan terus membangun hingga target 350 twin block tercapai pada 2020. Ditanya mengenai rencana pembangunan rusunawa tahun anggaran 2011, ia mengatakan masih dalam pembahasan Pemko Batam dengan DPRD. Pembangunan Rusunawa, kata dia, tidak dilakukan ileh Pemko tetapi bekerjasama dengan pemerintah provinsi, Jamsostek, BP Batam, Kementrian Perumahan dan pihak terkait lain. Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan Pemko Batam berkomitmen membangun hunian layak untuk warga Batam yang sebagian besar adalah pekerja. “Komitmen ini terbukti dengan penghargaan yang diterima Pemko Batam dari pemerintah pusat,” kata Ria.

3.     Laporkan Kasus Trafficking ke Kecamatan

*Tiga Kecamatan Pilot Project

Perempuan dan anak rentan mengalami aksi kekerasan. Bahkan ada yang diperdagangkan dijadikan pekerja seks komersial (PSK) dan gelandangan pengemis (gepeng). Untuk menekan jumlah kasus tersebut di Batam, Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Batam mendirikan pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A). Untuk tahap pertama P2TP2A didirikan di tiga kecamatan, Belakang Padang, Sekupang dan Batuampar.  Tiga kecamatan tersebut merupakan pilot project tempat P2TP2A pada tahun 2010. Warga bisa melaporkan kasus-kasus yang terjadi baik itu kekerasan pada perempuan dan anak maupun trafficking ke pusat tersebut. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Batam Nurmadiah menyebutkan didirikan P2TP2A ini bertujuan agar warga bisa mendapatkan layanan terpadubagi perempuan dan anak korban kekerasan akan semakin cepat jika ada kasus di lingkungannya.

4.     Tenant Kawasan Industri Meningkat

*Investasi Batam Tumbuh 10 Persen

*Dampak Pembatasan Impor Cina oleh AS

Batam masih tetap menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor investasi diperkirakan tumbuh 10 persen pada semester terakhir 2010, yang ditandai dengan main tingginya tingkat isian pabrik atau tenant di beberapa kawasan industri. “Angka pastinya belum didapat, tapi saya pikir sampai 10 persen,” kata Kadisperindag dan ESDM Kota Batam, Ahmad Hijazi. Dengan optimis Hijazi mengatakan, banyak pengusaha melapor kepada pemerintah mengenai permintaan isian kawasna industri terutama di Tunas, Citra Buana dan Kabil. Senada dengan Hijazi, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan pesanan ekspor berbagai macam produk elektronik dan garmen di Batam meningkat setelah Amerika Serikat membatasi impor Cinas. “Order barang Batam meningkat karena Amerika membatasi impor dari Cina sedangkan dari Indonesia tidak dibatasi,” kata Wali Kota.

Haluan Kepri

1.     Simulasi Kebakaran Digelar Tiap Tahun

Kepala Kantor Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Azman menyatakan, simulasi bahaya kebakaran di gedung Pemko Batam rutin digelar setiap tahun. Simulasi ini bertujuan untuk melatih keterampilan petugas dalam penanggulangan bahaya kebakaran. “Simulasi adalah latihan bagi pertugas, sehingga bisa bekerja lebih baik dalam mencegah bahaya kebakaran,” kata Azman. Ia mengatakan, kini Pemko Batam sudah memiliki 10 titik pipa hydran yang siap digunakan untuk mencegah bahaya kebakaran. Selain titik pipa hydran, PBK Kota Batam juga sudah mempunyai mobil komando PBK. “Di tahun mendatang PBK Kota Batam juga akan menyediakan satu unit mobil tangki PBK kapasitas 3.000 liter dan pendirian pos di Tembesi Batuaji,” ujarnya.

Leave a Reply

Switch to our mobile site

Log in -