Kliping Pers, Kamis 17 Maret 2011

BATAM POS

1. 2015 Batam Krisis Air Bersih

Asiten Deputi Menteri Urusan Infrastruktur Sumberdaya Air, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Purba Robert Sianipar mengatakan, tahun 2015 bisa menjadi masa mencekam di Batam. Diperkirakan ketersediaan air bersih akan menyusut tajam, karena tingginya pertumbuhan penduduk dan tidak diimbangi surplus sumber daya air. “ Neraca air bersih di Batam otomatis menurun. Berdasarkan rate pertambahan penduduk, kami meneliti dari enam waduk di Batam, itu akan tergunakan secara penuh di 2015. Tidak ada lagi waduk back up. Sekarang saja sudah terasa,” ujar Robert.

2. Hanya Delapan yang Resmi

TV Kabel Ilegal Akan Ditertibkan

Pengusaha operator TV kabel tak resmi harus siap-siap menutup usahanya. Sebab, Badan Kominfo Kota Batam akan segera menertibkan operator ilegal tersebut. “Jumlahnya mencapai ratusan, kami akan segera melakukan penertiban,” kata Kepala Badan Kominfo Batam, Raja Muchsin, Jumat (16/3). Muchsin menjelaskan, rencana penertiban ini muncul setelah pihaknya menggelar pertemuan dengan delapan operator TV kabel resmi di Batam, Jumat (11/3). Para operator resmi ini mengaku sangat dirugikan dengan menjamurnya operator-operator ilegal di Batam.

3. Tampung 20 Ribu Calon Murid SD

Kadisdik Batam Muslim Bidin mengatakan, pada penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun 2011 ini sebanyak 20 ribu calon murid SD akan tertampung di seluruh sekolah negeri dan swasta yang ada di Batam. Kuota PSB yang dimulai Juni mendatang itu hanya calon murid yang berusia 7 tahun ke atas. “Usia di bawah 7 tahun belum termasuk lagi. Karena kami mengutamakan usia 7 tahun yang wajib sekolah dalam pendaftaran msuk SD,” ujar Muslim kepada Batam Pos, Jumat (11/3).

4. SMK 2 Sewakan Sarana Praktik untuk Penginapan

SMKN 2 Batam akan mengomersilkan kamar-kamar di Tourism and Training Center Hotel di sekolah itu. Hal tersebut sebagai langkah mendapatkan penghasilan. Namun, sarana itu tetap bisa dipakai siswa untuk praktik. Bangunan tiga lantai di area kampus SMKN 2 Batam sudah dibangun sejak tahun 2008. Hingga kini proyek Dinas Pendidikan Kepri ini sudah hampir rampung. Wakil Kepala Bidang Kurikulum Sisrayanti Spd mengatakan, rencana mengomersilkan hotel delapan kamar itu akan direalisasikan beberapa waktu ke depan.

TRIBUN BATAM

1. Air Laut Jadi Alternatif

* Batam Terancam Krisis Air Bersih di 2015

* Terpaksa Desalinasi dan Recycling Limbah

Batam terancam krisis air bersih di tahun 2015. Pada tahun itu, enam waduk yang ada di Batam saat ini, akan tergunakan secara penuh. Selain itu, bertambahnya penduduk serta meningkatkan jumlah pelanggan, sedangkan sumber cadangan air bersih tidak bertambah. Akibatnya, salah satu alternatif, melakukan recycling air laut atau air limbah. Asisten deputi Infrastruktur Sumber Daya Kementrian Koordinator Bidang Perkonomian, Purba Robert M Sianipar memaparkan krisis air bersih sulit dihindari. “Pada saat itu kapasitas air di enam waduk akan tergunakan secara full,” terangnya saat ditemui di Kantor BP Batam, Rabu (16/3). Keyakinan Purban Robert juga bukan tanpa alasan. Ia menilai pada kondisi yang ada saat ini, ditambah pertumbuhan penduduk, serta pola konsumsi air di Batam akan sangat terbatas.

 

2. Dewan Usul RS Khusus Pekerja

* Saat Kedatangan Panja Jamsostek DPR RI

Anggota DPRD Kota Batam Mawardi Harni menganggap Batam sudah harus ada rumah sakit khusus pekerja. “Kita melihat selama ini setiap kali pekerja anggota Jamsostek sakit dirujuk ke sana sini. Kalau ada rumah sakit Jamsostek kan lebih baik,” ujar Mawardi saat pertemuan dengan Panitia Kerja Jamsostek Komisi IX DPR RI di Pemko Batam, Selasa (15/3). Selain Mawardi, Wakil Walikota Batam Rudi berharap Pemko Batam kebagian pajak dari pekerja.” Kita tentu berharap daerah bisa mendapatkan bagi hasil untuk PAD Batam. Bagaimana bentuknya terserah pada pemerintah pusat,” kata Rudi.

 

3. Peraih Medali Porprov Terima Bonus

Total Bonus Rp 432,8 Juta

KONI Kota Batam, Rabu (16/3) malam, menyerahkan bantuan uang pembinaan sebesar Rp 432,8 juta kepada pelatih atlet dan pelatih peraih medali Porprov II yang digelar Desember 2010 lalu. Bertempat di Ballroom Hotel Goodway, Rabu (16/3) malam, bonus diberikan kepada peraih medali baik perorangan maupun tim.

 

HALUAN KEPRI

1.       Atlet dan Pelatih KONI Batam Dapat Ung Pembinaan Rp 432 Juta

Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) III Kota Batam secara resmi dibuka Wakil Walikota Batam, Rudi, SE di Hotel Goodway  Rabu, (16/3) malam. Usai pembukaan  pembukaan Musorkot III tersebut, uang pembinaan kepada atelet dan pelatih peraih medali emas, perak dan perunggu  pada Porprov Provinsi  Kepri sebesar  Rp 432 juta juga langsung dibagikan oleh Wawako, Ketua DPRD Kota Batam, Ketua KONI Batam, dan Ketua Umum KONI Kepri.

2.       Masa Penahanan Erwinta Habis

Masa penahanan tersangka kasus korupsi dana bantuan social (bansos) Pemko Batam, Erwinta Marius dan Raja Abdul Haris habis hari ini, Kamis(17/3) Masa penahanan Kabag dan Bendahara Keuangan tersebut kemungkinan akan diperpanjang 30 hari kedepan sejak mereka ditahan pada 17 Januari 2011 lalu. Hal itu terkait belum dilimpahkanya berkas perkara tersebut ke Pengadilan Negeri (PN) Batam hingga saat ini.

3.       Lurah Seijodoh Didatangi Warga

Puluhan warga Kampung Bule  RT/RW 01/08 Seijodoh mendatangi Kantor Lurah Sei Jodoh untuk mempertanyakan SK Pengangkatan Ketua RT 01M.Miraj yang ditandantangani Lurah Seijodoh. Padahal warga tidak merasa adanya pemilihan RT.

4.       Nelayan Khawatir Limbah PT. Majesty

Nelayan di Kampung Nelayan Baloi khawatir laut yang menjadi mata pencaharian mereka akan tercemar limbah oli bekas yang diduga dibuang PT. Majesty Auto Wordl, dealer mobil Cevrolet di Baloi. Pasalnya limbah yang dibuang perusahaan melalui drainase tersebut bermuara di laut. Drainase tersebut diduga bermuara dari drainase di Baloi tentu menuju ke laut Kampung Nelayan. Ijat nelayan di kampong Nelayan mengatakan jika suatu saat nanti ada pencemaran yang terjadi, seluruh nelayan di Kampung Nelayan akan bergerak.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -