Kliping Pers, Senin 27 Desember 2010

BATAM POS

1.      Jalan Tol Batam Rp2 T

*Hubungkan Batu Ampar-Muka Kuning-Hang Nadim

Meski mulai 2011 Badan Penggusahaan (BP) Batam tak lagi membangun jalan, namun proyek bebas hambatan alias jalan tol Bau Ampar-Muka Kuning-Bandara Hang Nadim yang digagas Otorita batam (OB) beberapa tahun lalu, tetap akan dilanjut. Jalan yang telqh melalui pra studi kelayakan oleh BP Batam bersama PT Geo Issec selaku konsultan 2007 lalu ini, akan menelan biaya 220 juta dolar AS atau hampir Rp2 triliun. Rinciannya, pembebasan lahan Rp271 miliar, dan konstruksi sekitar Rp1,7 triliun. “Proyek ini ditangani Kementrian Pekerjaan Umum, melalui Badan Pengatur Jalan Tol. BPJT sedang menawarkan proyek ini kepada swasta yang berminat”, ungkap Istono diruang kerjanya, akhir pekan lalu. Tender jalan tol Baam digelar 2012. Sedangkan pengerjaan konstruksi dimulai 2013 dan diperkirakan selesai 2015, dan tahun 2016 baru dioperasikan.

2.       Sudah Bisa “Terbang”, Masih Iri Batam

*Pevi Permana The Best Skate Boarder Indonesia 2005-2010

Pencinta olahraga skateboard dinegeri ini mengenal dan mengakui kehebatan Pevi Permana. Pemuda Bandung kelahiran tahun 1987 ini merupakan the Best Skateboarder Indonesia selama lima tahun berturut-turut sejak 2005 hingga sekarang. Para skateboarder dari dalam maupun luar negeri unjuk kebolehan sesaat setelah taman skateboard diresmikan oleh Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, Minggu (26/12) siang. Ria Saptarika mengatakan, pembangunan taman skating Engku Putri ini merupakan salah satu program yang dibiayai oelh APBD Kota Batam. Dengan diresmikannya Skate Park Engku Putri ini, semakin lengkaplah sarana olahraga di Taman Engku Putri Batam Center. Sebelumnya telah dibangun wallclimbing, jogging track, lapangan basket, lapangan olahraga, dan lain sebagainya.

3.       Tegur Kontraktor Molor

Wakil Walikota Batam Ria Saptarika berjanji akan menegur sejumlah kontraktor yang molor mengerjakan proyek Pemko Batam tahun ini. “Akan kami tegur, kalau perlu ada sanksi bagi mereka,” ujar Ria. Ria mengaku akan mengevaluasi sejumlah proyek miliki Pemko batam tahun anggaran 2010 yang hingga akhir tahun ini belum tuntas. Tahun depan proses pelelangan proyek di Pemko harus 100 persen digelar melalui LPSE dengan system online. Dengan sistem online ini, proses lelang proyek akan lebih efektif dan efisien, dan mengurangi atau bahkan menghilangkan KKN.

4.       Wako lantik Forum Komunikasi RT/RW

Forum Komunikasi RT/RW se-Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa resmi dilantik Wali Kota Batam Ahmad dahlan di Pasar Punggur Center, minggu (26/12). Pelantikan disaksikan masyarakat Kabil yang merupakan warga RT/RW yang dilantik. Forum Komunikasi ini diketuai oleh Yahya Burnawi. Kepada Ketua Rt/RW yang baru dilantik ini, Wako berpesan agar dapat menjaga kerukunan antar warga masyarakat. Jika terjadi permasalahan sebaiknya dpat diselesaikan melalui musyawarah di Forum komunikasi RT/RW.

TRIBUN

1.       Grand Opening Skate Park Batam

Skater Mancanegara Unjuk Skill

Pemerintah Kota Batam telah menyediakan lapangan skateboard berstandar internasional di Dtaran Engku Putri, Batam Centre. Wakil Wali Kota Ria Saptarika selaku seorang dari pembina komunitas skater menghadiri dan memberi sambutan pembukaan grand opening skate park, minggu (26/12). Didukung oleh Batam Skate Community (Bascom) hari itu juga di gelar kompetisi tingkat nasional. Ria Saptarika menyampaikan, dengan adanya sarana ini anak-anak tersalurkan bakatnya hingga terhindar dari hal-hal negatif.

2.       APBD 2011 Capai Rp. 1.439 T

Sejumlah Sektor Pendapatan Diprediksi Naik

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batam akhirnya melaporkan hasil finalisasi pembahasan Ranperda Anggaran Pendapatan Ranperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) tahun 2011. APBD Batam disahkan sebesar Rp. 1.4 Triliun, Rabu lalu. Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, Aris Hardi Halim mengatakan bahwa guna mengimbangi celah defisit yang besar maka pada sisi penerimaan juga dilakukan upaya mendongkrak potensi tersebut. Beberapa sektor sumber penerimaan lainnya dianggap masih layak untuk di tingkatkan.

3.       Holiday Night In Batam

Wisman Singapura-Malaysia Dihujani Kembang Api

Kementrian Budaya dan Priwisata bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam mengadakan acara bertajuk Holyday Night in Batam. Malam apresiasi  bagi wisatawan ini digelar di Hotel Golden View Hotel, Sabtu (25/12)Acara itu menampilkan beragam suguhan dari artis Singapura, Malaysia serta pertunjukan wisata khas Kota Batam. “Ini merupakan satu dari 12 Year End Program yang diselenggarakan Kementrian Kebudayaan dan Priwisata di Kota Batam. Program ini merupakan bentuk antisipasi menurunnya angka wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia karena bencana alam beberpa waktu lalu,” sebut Direktur Konvensi, Insentif dan Pameran Kementrian Budpar Nia Niscaya.

4.       Tertangkap Bawa KTP Palsu

Milik 12 Pendatang di Pelabuhan Sekupang

Mengaku Urus KTP Melalui Calo

Penggunaan KTP palsu masih marak. Petugas Perdaduk menyita KTP palsu dari pendatang yang tiba di pelabuhan domestik sekupang,Minggu (26/12). Para pendatang itu diketahui menggunakan KTP palsu saat pemeriksaan di pintu keluar, ke -12 nya datang secara terpisah dari berbagai daerah, mereka tak bisa mengelak setelah petugas tersebut mengeceknya pada database  kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

5.       Dahlan Janji Kampun Tuakan Teluk Bakau

Silaturahmi Dengan Warga

Arahkan Industri Shipyard ke Kawasan kabil

Walikota Batam, Ahmad Dahlan  berjanji akan memperjuangkan Kampung Teluk Bakau Nongsa sebagai Kampung tua. Saat ini teluk bakau belum menjadi kampung tua alasannya lokasi kampung itu masuk dalam kawasan Bandara Hang Nadim. Padahal berdasarkan ketentuan di kawasan bandara tidak boleh berdiri bangunan lain.

6.       Souvenir Khas Batam Kurang Terangkat

Batam Tuan Rumah Sejumlah Even MICE tahun 2011

Program Kementrian Pariwisata dan Budaya

Batam sebagai kota tujuan wisata harus bersiap menghadapi tahun 2011, soalnya Indonesia akan menjadi tuan rumah sejumlah Event MICE berskala Internasiinal di tahun depan. Diantaranya KTT ASEAN untuk pertemuan tingkat pemimpin Negara, serta beberapa pertemuan untuk level dirjen. “Tahun 2011 ini banyak event Internasional yang akan digelar di Kota Batam utamanya MICE. Karena Batam merupakan salah satu destinasi MICE di Indonesia, maka Batam termasuk satu tempat yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah,” ,” sebut Direktur Konvensi, Insentif dan Pameran Kementrian Budpar Nia Niscaya.


HALUAN KEPRI

1.    Teluk Bakau Jadi Kampung Tua

Pemko Batam berjanji akan memperjuangkan Kampung Teluk  Bakau, Kecamatan Nongsa jadi Kampung Tua. Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan hal itu usai melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat Teluk Bakau di Masjid Al-Ikhlas, Sabtu (25/12). Kampung Teluk Bakau, kata Dahlan memang tidak masuk dalam 33 titik Kampung Tua yang ada di Kota Batam. Teluk Bakau ini masuk dalam kawasan Bandara Hang Nadim. Namun, Pemko Batam akan memperjuangkan menjadi Kampung Tua. Ini seperti halnya Kampung Jabi yang dibelah menjadi dua, yakni satu bagian tetap masuk wilayah Bandara Hang Nadim dan sebagian menjadi kampung tua. “Pemko Batam akan terus memikirkan bagaimana agar status Kampung Teluk Bakau menjadi Kampung Tua, meski belum mendapat izin dari OB/BP Batam,”katanya.

2.    Kas Pemko Defisit, Kontraktor Menjerit

Defisitnya kas Pemko Batam membuat pengusaha kontruksi di Provinsi Kepri terutama yang ada di Batam menjerit. Pasalnya kondisit tersebut membuat pembayaran tagihan yang terlambat sehingga perputaran uang di usaha kontruksi macet. Trak hanya kontraktor, keterlambatan pembayaran juga berdampak pada suplier rekanan Pemko Batam termasuk para pekerja atau buruh di bidang kontruksi. Demikian disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Kontruksi Insonesia (Aspekindo) Provinsi Kepri, Ir Wardi Atmowiyono di Batam Center, Minggu (26/12).

3.    Perawat di Puskesmas Dapat Insentif

Mulai 2011, para medis yang bertugas di Puskesmas akan mendapatkan insentif untuk menunjang kinerja dan pelayanannya kepada masyarakat. Selain di Puskesmas yang ada di daerah hinterland dan mainland, intensif juga akan diberikan kepada tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).”Insentif mulai berlaku awal 2011,”ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinskes) Kota Batam, Chandra Rizal, kemarin. Chandra mengatakan, pemberian insentif ini sangat membantu dalam memotivasi kinerja dan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Terutama masyarakat kurang mampu yang berkunjung ke puskesmas dan RSUD yang jumlahnya terus bertambah, seiring diberlakukannya berobat gratis.

4.    4 Sekolah Dibangun Tahun ini

Distako Kota Batam akan membangun empat sekolah baru pada 2011 mendatang. Keempat sekolah itu tersebar di berbagai titik hinterland maupun mainland yakni SD di Sei Daun, Sei Beduk, SD di Seipelenggut, SMP di Dapur 12 dan SMP di Batam Kota. “Pada 2011 sesuai anggaran yang ada, Distako membangun empat gedung sekolah baru di Batam. Tender pembangunan sekolah itu, sama halnya dengan pembangunan proyek yang lainnya di lingkungan Distako. “Bagi kontraktor yang akan ikut tender proyek pembangunan sekolah diutamakan yang sudah berpengalaman dan sanggup mengerjakan proyek sesuai aturan,”katanya.

5.    Warga Baloi Kolam Dapat Aliran Listrik PLN

Setelah 10 bulan warga Baloi Kolam memperjuangkan listrik agar bisa masuk ke wilayahnya akhirnya terkabulkan. PLN bersedia memberikan penerangan dengan menggunakan listrik curah. Realisasi listrik itu apada Januari 2011 mendatang dan akan dikelola Koperasi Perjuangan Rakyat.  Koordinator Umum Baloi Kolam, Sahat M Tampubalon mengatakan meski warga Baloi diberikan listrik curah, tapi yang terpenting impian mereka agar listrik bisa masuk wilayahnya sudah bisa terobati. Sahat mengatakan, koperasi perjuangan rakyat yang nantinya akan mengelola listrik curah ini merupakan perwakilan sekaligus sebagai wadah masyarakat Baloi Kolam yang selama ini dengan gigih memperjuangkan listrik.

Leave a Reply

Switch to our mobile site

Log in -