Kliping Pers, Senin 11 Juli 2011

 BATAM POS

1.           Usut Dugaan Pungli PSB

Ricky: Wako dan Wawako Hanya Tebar Pesona

Ketua Komisi IV DPRD Batam, Ricky Indrakari mengaku prihatin dengan banyaknya laporan praktik Pungutan Liar (Pungli) dalam penerimaan Siswa Baru (PSB). Komisi IV akan membentuk Panitia Khusus  untuk menginvestigasi laporan tersebut. “Banyak laporan dari orang tua murid, PRD bisa mengusulkan pansus,” Kata Ricky. Menurutnya, pungutan yang mengatasanamakan uang pembanguanan bagi siswa baru tersebut jelas-jelas melanggar aturan. Apalagi jika pungutan tersbut diterapkan bagi siswa kurang mampu yang notabene masuk dalam kuota khusus 20 persen di PSB.

2.           Tahun Ini, Pemko Tak Terima CPNS

Belanja Pegawai Terlalu Besar

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam,. Firmansyah mengatakan tahun 2011 ini Pemko Batam kemungkinan besar tidak akan membuka penerimaan calon Pegawai Nwegeri Sipil (CPNS). “Tapi masih belum 100 persen pasti. Masih menunggu kepastian dari pusat,” kata Firmansyah. Salah satu alasan tidak di bukanya lowongan CPNS ini katanya berdasarkan analisa pusat, belanja pegawai di lingkungan Pemko Batam sudah melebihi belanja lainnya. Sehingga besar kemungkinan Batam tidak mendapat jatah CPNS Tahun ini. Kalaupun tahun ini Batam mendapat jatah CPNS, kemungkinan besar formasinya akan di dominasi tenaga kesehatan.

3.           Pulau Fantasi di Belakangpadang

Pemerintah Kota Batam berencdana mengembangkan salah satu pulau di Kecamatan Belakang padang, menjadi kawasan wisata dengn konsep Fantasy Island. Pengelolaan pulau ini nantinya nantinya akan bekerjasama dengan pihak swasta. Kabid Sarana dan Kebudayaan Disparbud Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan lokasi tersebut akan dikembangkan sebagai kawasan wisata tepadu yang dilengkapi dengan wahana resort dan sarana pendukung lainnya.

4.           129 Paket Proyek Selesai Dilelang

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Slim mengatakan sebanyak 129 paket proyek dalam APBD Batam 2011 sudah mulai dikerjakan. Proyek-proyek tersebut ditender melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (PLSE). “Jumlah itu diluar proyek pemko yang melalui Penunjukan Langsung (PL), dibawah 200 juta,” kata salim.

Fakta ini sekaligus menepis tudingan bahwa kegiatan pemerintah tidak berjalan, seperti yang dilontarkan sejumlah anggota DPRD Batam, beberapa waktu lalu. Salim juga membantah rumor yang mengatakan seluruh proyek Pemko Batam baik Proyek Fisik dan Pengadaan yang ditunda akibat kas daerah yang kosong.

HALUAN KEPRI

 

1.           Sistem Pendidikan Batam Harus Diperbaiki

Pengunaan sistem online dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) dinilai tidak efektif, karena hanya akan membuat siswa yang memiliki nilai rata-rata akan tersingkir. Karena sistem pendidikan Batam harus di rubah dan diperbaiki. Demikian disampaikan Sekretaris LSM Pemantau Kinerja Aparatur Pemerintah Pusat dan Daerah Provinsi Kepri, Ismail. Karena itu sistem penerimaan siswa baru harus mengguanakan sistem Rayon kembali. Jikapun tidak perKecamatan bisa menggunakan gabungan Kecamatan, dengan begitu masyarakat sekitar bisa tertampung, jelasnya.

2.           Yumasnur Optimis Proyek PU Tepat Waktu

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Batam, Yumasnur mengaku optimis proyek-proyek di Dinas PU bisa selesai tepat waktu. Menurutnya, sejauh ini 10 proyek tahun anggaran 2011 di Dinas PU sudah melalui tahapan lelang. Katanya, selain 10 proyek itu, tiga proyek lainnya sedang dalam tahap persiapan kontrak.

TRIBUN

1.           Pungli Sekolah Meresahkan

DPRD Batam Terima Banyak Pengaduan

Komisi IV DPRD Kota Batam mendapat banyak laporan dari masyarakat tentang adanya praktik pungutan liar dalam Penerimaan Siswa Baru tahun 2011 ini. Ketua Komisi IV Ricky Indrakari mengaku prihatin atas laporan tersebut. “pungutan yang memakai nama uang pembanguanan jelas melanggar aturan. Apalagi jika diterapkan bagi siswa kurang mampu yang masuk dalam kuota khusus 20 persen,” jelasnya. Ricky menilai hal ini terjadi karena adanya mafia-mafia pendidikan yang memanfaatkan momen penerimaan penerimaan siswa baru untuk meraup keuntungan pribadi.

2.           Batam Tak Buka CPNS

Anggaran Pegawai Membengkak

Pemko Batam Tahun ini tak lagi membuka penerimaan pegawai. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam, Firmansyah memebenarkan. “Kemungkinan tahun 2011 ini Pemerintah Kota Batam tidak akan membuka bursa penerimaan CPNS,” ungkap Firmansyah. Menurutnya, melihat analisa pusat, kemungkinan tahun ini Batam tidak dapat jatah. “Karena dalam APBD kita, belanja pegawai sudah melebihi belanja lain,” jelasnya.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -