Kliping Pers, Jum’at 14 Oktober 2011

BATAM POS

1. Kartu Fasilitas BBM Tak Berfungsi

            DPRD Batam akan meminta klarifikasi pemerintah terkait pelaksanaan program kartu fasilitas bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya program yang telah diluncurkan akhir Mei 2011 itu dinilai tidak terealisasi dengan baik. Kepala Disperindag dan ESDM Batam, Ahmad Hijazi mengatakan pelaksanaan KF merupakan kebijakan pemerintah  pusat melalui BPH Migas. Daerah, kata Hijazi hanya sebagai mitra dalam pelaksanaan kartu fasilitas.

2. Pungutan Menara Telekomunikasi Mulai 2012

            Ada sekitar 300 unit menara atau tower telekomunikasi yang dimiliki empat provider di Batam. Mulai Januari 2012, Pemko Batam menargetkan pendapatan retribusi Rp 1,4 miliar dari ratusan menara itu. Menurut Kepala Badan Infokom Kota Batam Raja Muchsin, pungutan menara komunikasi itu diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2011 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi di Batam.

TRIBUN BATAM

1. Kami Jadi Bulan-bulanan

* Pengusaha Resah Sanksi Pidana Ranperda

            Pengusaha Batam resah terkait sanksi pidana yang terdapat di draf Ranperda Ketenagakerjaan Kota Batam. Selain ancaman kurungan penjara, sanksi pidana lainnya berupa denda uang hingga ratusan juta. Ini ditunjukan bagi pengusaha yang melanggar poin-poin kewajiban yang terdapat di perda nantinya. Draf rancangan perda tersebut dinilai cukup menakutkan bagi pelaku usaha. Ketua Apindo Kepri, Ir Cahya, bereaksi terkait sanksi pidana tersebut. Ia menilai, draf ranperda ini setidaknya mempengaruhi psikologis bagi pelaku usaha.

HALUAN KEPRI

1. BPK Temukan Penyimpangan Anggaran Rp 7,5 M di Disdik

            BPK menemukan adanya indikasi penyimpangan belanja bantuan sumsidi biaya penyelenggara pendidikan (SBPP) SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Disdik Kota Batam sebesar Rp 7.595.760.000. Selain itu didalam laporan hasil pemeriksaan BPK juga ditemukan realisasi belanja bantaun subsidi biaya penyelenggaraan pendidikan tahun 2010 sebesar Rp tidak menggambarkan kondisi sebenarnya.

2. Ranperda Ketenagakerjaan Disinkronisasikan

            Kendati mendapat penolakan oleh sejumlah pengusaha di Batam, Ranperda tentang Ketenagakerjaan terus berjalan hingga pembentukan panitia khusus. Saat ini Pansus Ranperda Ketenagakerjaan sedang melakukan sinkronisasi ranperda tersebut dengan kajian akademis.

3. Penyakit DBD Mulai Mewabah

            Penyakit demam berdarah DBD kembali mewabah di Batam. Penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aypti ini mewabah, salah satunya seiring dengan datangnya musim pancaroba di Batam. Kadinkes Batam dr. Chandra Rizal mengatakan, penderita DBD mulai mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Namun, bila dibandingkan tahun 2010, penderita DBD tahun ini mulai menurun.

4. Pemko Targetkan Rp 1,4 M dari Menara Telekomunikasi

            Pemko Batam melalui Badan Kominfo akan segera memungut retribusi atas pengendalian menara telekomunikasi per Januari 2012 mendatang. Pemko menargetkan ada pendapatan asli dari retribusi ini sebesar Rp 1,4 M.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -