Kliping Pers, Kamis 7 Juli 2011

BATAM POS

Pembelaan Pengacara Erwinta-Raja Haris

1. Sidang Korupsi Harus di Batam

            Mantan Kepala Bagian Keuangan Pemko Batam Erwinta Marius dan bendahara Pengeluaran, Raja Abdul Haris, yang menjadi terdakwa korupsi dana bansos sebesar Rp 1 miliar lebih, mengaku tidak bersalah. Hal itu disampaikan keduanya dengan agenda pembacaan eksepsi di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekan baru, Kamis (7/7).

 

2.    Kejati Periksa Pimpro Alat Kir

            Kejaksaan Tinggi Kepri memeriksa ketua pengadaan alat uji kir Dinas Perhubungan BS, PPTK Kegiatan SS dan AH kontraktor dari PT Mayindo. Pemeriksaan ketiganya dilakukan sejak Selasa (5/7) lalu hingga kemarin. Alat uji kir milik Dishub diketahui rusak setelah anggota Komisi II DPRD Batam mengadakan sidak ke sana beberapa waktu lalu.

TRIBUN BATAM

1. Hearing Tarif Air ATB Memanas

* Komisi III Merasa Dibohongi Pemko

            Rapat rencana kenaikan tarif air PT ATB ternyata sudah melibatkan jajaran Pemko Batam ternyata sudah melibatkan jajaran Pemko Batam. Pemko Batam saat rapat di Jakarta,diwakili Kabag Bina Program Pemko Batam Ismeth Johar dan Staf Dinas PU, Yayan Nur Ikhsan. Terungkapnya keterliban Pemko Batam dalam pembahasan kenaikan tarif ini, membuat berang anggota Komisi III DPRD Kota Batam saat rapat dengar pendapat di DPRD Batam, Kamis (7/7).

2. Rp 4,5 Miliar Bedah 300 Rumah

* September Program Pembangunan Dimulai

            Kepala Dinas Sosial Batam, Muhammad Sahir mengatakanprogram bedah atau perbaikan 300 rumah tidak layak huni di kota tersebut akan dimulai September 2011.”Pemerintah telah siapkan anggaran Rp 4,5 miliar untuk program bedah rumah tersebut,” kata kadinsos M Sahir di Batam. Anggaran tersebut bersumber dari Pemprov Kepri Rp 3 miliar dan dari Pemko Batam Rp 1,5 miliar.

3. Saya Seolah-olah Bersalah

* Muramis Sesalkan Komentar Dewan

* Siap Beri Keterangan Pengadaan Alat Kir

            Mantan Kadishub Batam, Muramis menyambut baik rencana pemanggilan dirinya yang akan dilakukan Komisi III DPRD Batam. Muramis mengatakan saat berita itu beredar, dirinya masih berada di Mekah mengadakan umroh. Muramis yang baru tiba di Batam usai melaksanakan Umroh dit anah suci, merasa nama baiknya tercemar atas pemberitaan dengan statement Anggota Dewan. Padahal jika anggota dewan mempelajari peraturan tender, sebelum bicara kemedia tentu tidak seperti ini jadinya.

4. Dana Rp 1,3 M Dikucurkan

* Program Keluarga Harapan

            Pemko Batam Prov Kepri menyerahkan dana bantuan Program Keluarga Harapan bagi Rumah Tangga Sangat Miskin dari Kementrian Sosial sebesar Rp 1,3 M. Wakil Walikota Batam Rudi, SE Kamis mengatakan, untuk triwulan pertama 2011, Kota Batam memperoleh alokasi anggaran Rp 1,3 miliar untu 3.150 Rumah Tangga Sangat Miskin yang masuk PKH.

HALUAN KEPRI

Komisi IV Sidak ke SMP 21

1. Sisa Kursi Diduga Dilelang

            Sejumlah anggota Komisi IV DPRD Kota Batam menemukan adanya pungli dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sejumlah sekolah di Batam. Tak hanya itu, disinyalir, sekolah juga melakukan proses lelang atas sisa kursi kepada orang tua siswa yang ingin anaknya masuk ke sekolah di maksud. Hal tersebut diketahui saat Komisi IV menggelar inspeksi mendadak di SMP 21 Batuaji, Kamis (7/7). Padahal, Komisi IV telah menyerahkan data masyarakat kurang mampu yang diperolah dari BPS dan Dinsos ke sekolah-sekolah sejak dua minggu lalu.

Sidang Lanjutan Kasus Bansos

2. Penasehat Hukum Bantah Kliennya Korupsi

            Sidang lanjutan kasus penggelapan dana bansos Pemko Batam tahun 2009 kembali di gelar di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, Rabu (6/7) Sidang kedua yang dipimpin Hakim Ketua Ahmad Yusak kemarin, dengan agenda mendengar pembelaan dari penasehat hukum terdakwa.

Terkait Pengadaan Alat Kir di Dishub

3. Muramis Siap Klarifikasi ke Komisi III

            Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Muramis siap memberi penjelasan atau klarifikasi kepada Komisi III DPRD Kota Batam terikait proyek pengadaan alat ukur kendaraan bermotor yang rusak di Dishub. “Kapan saja, kalau dipanggil Komisi III, saya siap untuk memberikan penjelasan perihal prosedur dan mekanisme pengadaan alat kir tersebut. Saya sepertinya, telah diadili oleh publik, lantaran adanya komentar oknum anggota dewan di media massa.

4. Pemko Berhutang, RSOB Tarik Biaya Pasien SKTM

            Program kesehatan gratis bagi masyarakat miskin di Batam patut dievaluasi. Pasalnya, seringkali ada warga miskin yang tetap dimintai bayaran tinggi saat menjalani perawatan di rumah sakit. Padahal itu rumah sakit pemerintah  dan merekapun sudah menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Begitulah yang dialami Dian Herawati (45), warga Seilekop, Sagulung yang menjadi korban kecelakaan lalulintas pada 10 Juni lalu.

5. Hari ini, Gaji Ke-13 Cair

            Sebanyak 5.861 PNS di lingkungan Pemko Batam akan menerima gaji ke-13 tahun 2011 hari Jumat (8/7) ini. Total anggaran yang digelontorkan untuk membayarkan gaji ke-13 ini mencapai Rp 15,8 miliar yang diambil dari APBD. “Gaji ke-13 akan diberikan besok dan hari Senin (11/7). Besaran gaji ke-13 untuk masing-masing PNS sesuai gaji pokok. Jadi besaran yang akan diterima masing-masing PNS berbeda,” ujar Kabag Humas Pemko Batam Salim, Kamis (7/7).

6. Rp 1,3 M Dana PKH  Dikucurkan

            Kementrian Sosial RI melalui Dinsos Kota Batam mulai mengucurkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) triwulan I tahun 2011. Pada tahap I, total dana PHK yang digelontorkan bagi rumah tangga sangat miskin ini, sebesar Rp 1,3 miliar. Dana tersebut, sudah mulai dibagikan kepada 127 kepala keluarga penerima PHK di SD Negeri 002 Kelurahan Temoyong, Kecamatan Bulang, Kamis (7/7) oleh Wakil Walikota Batam Rudi, SE. Rudi berpesan, dana bantuan ini bukan untuk menghilangkan kemiskinan, tetapi sebagai stimulan atau pendorong bagi para keluarga miskin untuk memberdayakan diri melalui wirausaha atau berwiraswasta.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -