Kliping Pers, Rabu 15 Desember 2010

Batam Pos

1.     Dahlan Tinjau Proyek Infrastruktur 2010

Akhir Tahun Ini Rampung

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan meninjau sejumlah proyek infrastruktur yang dianggarkan melalui APBD Kota Batam tahun 2010, Selasa (14/12). Proyek yang pertama ditinjau Wako yakni pembangunan SD 009 yang lokasinya berada di area Perumahan Botania Kecamatan Batam Kota. Kepada Wako, Kadisdik Kota Batam Muslim Bidin mengatakan bangunan sekolah ini selesai dibangun akhir Desember mendatang. Sekolah yang kontruksi bangunannya didesain lantai dua ini tahap awal dibangun enam lokal terlebih dulu. Meski sekolah ini masih dalam tahap pembangunan, namun SDN 009 ini telah menerima murid baru dan kini muridnya sementara menumpang di SDN 006 Taman Raya. “Akhir tahun selesai bangunan sekolah ini Pak,”lapor Muslim kepada Wako meninjau pagi itu. Dahlan dalam tanggapannya mengatakan, senang pekerjaan infrastruktur selesai. “APBD Batam  berbasis kinerja. Apa yang ditargetkan telah selesai dikerjakan,”ujarnya.

2.     Mukakuning Tak Berfungsi

Terminal Mukakuning di Seibeduk yang dibangun menelan milaran rupiah dana APBD kini tak berfungsi. Terminal berubah menjadi tempat tinggal warga. Bangunan terminal di pintu III kawasan Batamindo ini malah dinilai menjadi beban supir angkutan umum. Meski tak ada aktivitas naik turun penumpang, tapi kendaraan umum yang akan masuk ke Batamindo tetap harus membayar retribusi. “Lebih baik ditutup saja. Sama saja kami bayarpun tapi tak pernah gunakan terminal ini,”kata Irfan, seorang supir angkot Mukakuning-Seibeduk.

3.     Waspadai Sekolah Bertingkat

Wakil Ketua Komisi IV Bidang Kesra dan SDM DPRD Kota Batam, Suwardi memenuhi unsur keselmatan bagi siswa. “Memang benar saat ini pembangunan sekolah dilakukan bertingkat. Pembangunan sekolah bertingkat ini mesti memenuhi unsur keselamatan. Akan kita lihat apakah pembangunan sekolah bertingkat saat ini telah memenuhi unsur keselamatan atau tidak,” kata Suwardi di Gedung DPRD Kota Batam, kemarin. Dikatakan Suwardi, bangunan sekolah tingkat dua biasanya telah dibangun pagar tembok. Ketinggian pagar tembok di tingkat dua gedung sekolah harus lebih tinggi dari tinggi siswa.

4.     Lingkungan Rusak Parah

Akibat Penambangan Pasir

Kepala Bapedalda Kota Batam Dendi Purnomo mengaku telah menurunkan dua saksi ahli ITB dan IPB, untuk mengkaji dampak lingkungan dari penambangan pasir liar di Batam. “Dari hasil kajian yang dilakukan, dampak kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir darat yang telah berlangsung berpuluh tahun tersebut sduah sangat parah,”kata Dendi di DPRD Batam, Selasa (14/11). Walaupun tak menyebut angka, Dendi mengaku penambangan tersebut juga mengakibatkan kerugian naegara yang besar dari kehilangan biaya retribusi pertambangan.

5.     Pemko Belum Cairkan Dana Pilwako

KPU Kota Batam membutuhkan dana untuk honor anggota KPPS dan TPS. Dana tersebut belum dicairkan Pemko Batam. Anggota KPU Batam Pokja pencalonan, Abdul Rahman mengatakan, dana pelaksanaan Pilwako berada di tangan Pemko Batam. KPU Batam diharuskan mengajukan permohonan dana perbulan.”Hal ini mnggangu kinrja KPU, apalagi sekarang honor KPPS dan dana TPS mendesak,”katanya. Menurut Rahman sesuai edaran Mendagri dana pemilu harus dicairkan dengan penuh, paling lama dua kali. “Tapi yang terjadi di Batam, kita harus meminta dana perbulan. KPU Batam bukan kali ini menangani pemilu. Saat Pileg, Pilpres, Pelgub lalu dana dicarikan semua,”jelasnya.

6.     Permintaan Mengubah Berita Acara Bisa Terjadi

PPK-PPS Diminta Independen

Sedikitnya terdapat 252 anggota PPK dan PPS Kota Batam mengikuti Bimtek di Hotel Golden View, Selasa (14/12). Selain mendapatkan materi teknis seputar pelaksanaan Pemilu mereka juga digembleng menjadi petugas yang independen dalam melaksanakan Pilwako Batma 2011. “Kami selalu menekankan upaya mereka tetap menjaga independensi sebagai pelaksanan pemilu,”kata ketua KPU Batam Hendriyanto, usai membuka acara bimtek tersebut, kemarin.

7.     Sukses Sepakat Deklarasi Kampanye Damai

Seluruh tim sukses para kandidat calon Wali Kota dan Wakil Walikota Batam bersepakat berkampanye secara santun dan damai. Untuk mewujudkan kampanye damai itu, para tim sukses sepakat menandatangani memo kesepahaman di hadapan Kkapolresta Barelang Kombes Eka Yudha Satriawan dan Ketua KPUD Batam Hendriyanto, dilantai tiga Mapolresta Barelang, Selasa (14/12). Penandatanganan kesepakatan kampanye damai itu juga disaksikan panwaslu. Deklarasi kampanya damai berisi beberapa hal pokok seperti diatur dalam undang-undang pemilukada, dalam rangka mensukseskan pilwako Batam aman, sukses, jujur dan berwibawa.

8.     Lagu Wajib Batamku dan Experience It

Dua buah lagu berjudul Batamku dan Experience It yang merupakan lagu tema Visit Batam 2010, wajib diikutkan pada choir festival yang akan digelar di Mega Mall Batam Center, Sabtu (18/12) pukul 14.00. Choir festival ini merupakan rangkaian HUT Batam ke 181. Hingga kemarin, sudah 20 peserta telah mendaftar mengikuti festival ini. “Diharapkan acara ini dapat mensosialisasikan Visit Batam lewat lagu, sekaligus memperingati Batam yang sudah memasuki usia 181. Kita juga berharap jumlah kunjungan wisatawan ke Batam terus meningkat,”ujar penanggung jawab acara, Ardiwinata di Batam Center kemarin.

Tribun

1.     Nilai Kebersihan Turun Drastis

*Hasil Tinjauan Tim Adipura

*DKP Minta Warga Aktifkan Goro

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) akan mendorong warga supaya terus melakukan aksi gotong royong (goro) di lingkungan masing-masing. Dengan goro diharapkan lingkungan bisa kembali asri dan bersih. Terlebih tim Adipura Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) sudah melakukan peninjauan ke beberapa objek-objek Adipura. Hasil evaluasi mereka kebersihan Batam menurun drastis. Walau demikian masih ada waktu bagi Batam untuk melakukan pembenahan termasuk menjaga kebersihan. Dengan begitu, dalam penilaian tahap kedua nanti bisa meningkatkan nilai kebersihan. Tim Adipura KLH akan melakukan penilaian sebanyak tiga kali yakni Novemberm Februari, dan Mei. Apabila selama tiga kali peninjauan itu mendapat nilai bagus tentu Batam akan mendapatkan piala Adipura sebagai lambang supremasi lingkungan bidang kebersihan di Indonesia. Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Batam, Muhammad Jamil mengatakan hasil evaluasi menyangkut adipura saat ini kurang menggembirakan. Semua objek yang dipantau anjlok nilainya.

2.     90 Objek

Kepala Bidang Pelayanan DKP, Marzuki, pihaknya tetap mengupayakan agar Batam kembali meraih adipura. Untuk itu masyarakat perlu ikut menjaga kebersihan di 90 objek penilaian adipura. Diantara objek penilaian adipura itu, pasal, jalan protokol, selokan, drainase, sekolah, puskesmas, rumah sakit, kantor pemerintahan, kantor swasta, pelabuhan, bandara, terminal, perumahan, dan TPA. Namun kondisi TPA Punggur saat ini sedang bermasalah. Marzuki pun mengaku sedang berusaha keras mengatasi masalah tersebut.

3.     Wali Kota Tinjau Pengerjaan Proyek Fisik

*Rumah Sakit Rampung Akhir Tahun

Sejumlah proyek infrastruktur yang dianggarkan melalui APBD Kota Batam tahun 2010 diperkirakan rampung pada akhir tahun ini. Selasa (14/12) Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan meninjau sejumlah proyek tersebut. Proyek yang pertama ditinjau Wako yakni pembangunan Sekolah Dasar (SD) 009 yang lokasinya berada di area Perumahan Botania Kecamatan Batam Kota. Kepada Wako, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan bahwa bangunan sekolah ini selesai dibangun akhir Desember mendatang. Sekolah yang kontruksi bangunannya di desain lantai dua ini untuk tahap awal dibangun enam lokal terlebih dahulu. Meski sekolah ini masih dalam tahap pembangunan, namun SDN 009 ini telah menerima murid baru dan kini muridnya untuk sementara menumpang di SDN 006 Taman Raya. “Akhir tahun selesai bangunan sekolah ini Pak,” lapor Muslim kepada Wako yang meninjau pagi itu.

4.     Petugas Mendata ke Rumah

*Buat Kartu Fasilitas BBM Bersubsidi

*Syarat Fotocopy KTP dan STNK

Dalam beberapa hari belakangan warga Batam yang memiliki kendaraan mendatangi pos pendaftaran di sejumlah SPBU. Mereka mendapatkan dokumen kendaraan untuk mendapatkan kartu fasilitas bahan bakar minya (BBM) bersubsidi. Langkah tersebut sebagai persiapan bila kelak pemerintah memutuskan kebijakan, hanya kendataan terdaftar yang bisa membeli BBM bersubsidi. Kepala Dinas Parindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Ahmad Hijazi mengatakan, bahwa prosedur pembuatan kartu fasilitas melalui kelurahan merupakan hasil kesepakatan bersama antara pihak kelurahan, Disperindag dan BPH Migas. “Kalau itu memang permintaan kelurahan agar mereka saha yang mengkoordinir pembuatan kartu fasilitas. Ini hasil kesepakatan kami dalam pertemuan seminggu lalu di Hotel Harmoni One,” ujar Hijazi.

5.     Dendi Siapkan Razia Pasir Darat

*Sudah Periksa 14 Orang Saksi

*Eks Penambang Dipekerjakan di Luar Batam

Para penambang pasir darat yang masih membandel perlu memperhatikan peringatan ini. Sebelum tahun 2010 berakhir, tim terpadu penertiban penambang pasir darat Kota Batam akan kembali melakukan operasi penertiban. Tujuannya untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi kegiatan penambangan pasir ilegal di Batam. Soalnya, sejak operasi pertama lalu, masih ada penambang yang tetap nekat menggali pasur darat meskipun secara manual. “Mengenai skala besar kecilnya kegiatan operasi nantinya tergantung pada informasi yang diterima tim,” ungkap Dendi Purnomo Kepala Bapedal Kota Batam. Sampai saat ini sudah 14 orang yang diperiksa sebagai saksi.

6.     Muslim Bidin Cemas Guru Tertekan

*Wacana Sekolah Tentukan Kelulusan Siswa

Wacana kelulusan siswa ditentukan sekolah seperti yang dibahas antara DPR RI dengan menteri Pendidikan menjadi momok menakutkan bagi kepala sekolah dan para guru yang mengajar di sekolah. Apalagi dalam pembahasan itu siswa bisa lulus setelah mengakumulasi nilai mereka selama menempuh pelajaran di sekolah di tambah ujian nasional (UN). Dalam pembahasan itu UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa. Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin mengatakan pembahasan belum final, masih dalam pembahasan di pusat. Namun apabila ini benar-benar diterapkan tentu akan berpengaruh terhadap mutu pendidikan. “Saya mengambil contoh UN dibuat sebagai barometer kelulusan tentu siswa akan berlomba untuk belajar. Namun apabila sekolah yang menentukan kelulusan dengan mengakumulasi nilai siswa maka ada beberapa hal yang akan terjadi. Kepala sekolah dan guru bisa ditekan orangtua siswa agar anaknya mendapatkan nilai tinggi dan diluluskan,” kata Muslim.

7.     Ria Akan Bekali Nelayan Kapal Modren

*Warga Pesisir Curhat Tentang Pencemaran

Pencemaran laut di sepanjang pantai Tanjung Uma menyebabkan kurangnya tangkapan nelayan. Hal ini menjadi masalah yang diapungkan warga Tanjung Uma saat berdialog dengan Wakil Wali Kota, Ria Saptarika. Menurut nelayan hal tersebut merupakan dampak industrial di Batam, ekosistem ikan ditepi oantai rusak dan populasinya lebih banyak di tengah laut. Dalam tanggapannya, Ria menilai semakin susahnya nelayan mendapatkan tangkapan ika merupakan masalah serius, apalagi para nelayan ternyata masih banyak menggunakan sampan-sampan kecil yang tidak sanggup menahan ombak besar apabila ke tengah laut. Sebagai sebuah alternatif solusi, Ria mengatakan siap membekali nelayan Batam dengan kapal yang lebih modern agar tangkapan mereka bisa lebih banyak.


Haluan Kepri

1.     KP2K Dapat Bantuan 2 Kapal

Dinas KP2K Batam mendapat bantuan dua unit kapal dari Departemen Kelautan dan Perikanan. Kapal tersebut akan dioperasikan untuk kegiatan penyuluhan bagi nelayan dan masyarakat du daerah hinterland. Selain bantuan kapal, Departemen Kelautan dan Perikanan juga menurunkan sebanyak 15 tenaga penyuluh. “Bantuan kapal untuk penyuluhan ini bersumber dari bantuan proyek dana alokasi khusus (DAK) pusat untuk melakukan penyuluhan di bidang kelautan, perikanan dan pertanian Batam,” ujar Kadis KP2K, Suhartini. Kedua kapal bantuan ini ditempatkan untuk melayani program penyluhan di Kecamatan Bulang, Galang, Belakang Padang dan Sagulung. Untuk kecamatan Bulang dan Galang, kapal ditempatkan di Pulau Air. Sedangkan untuk kecamatan Belakang Padang dan Sagulung ditempatkan di daerah Tanjung Riau.

2.     Besok Sidang Mobdin Pemko Kembali Digelar

Sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pengadaan mobil dinas (mobdin) Pemko Batam dengan terdakwa Raja Hamzah dan Abu Hanifah kembali digelar di PN Batam, Kamis (16/12). Agenda sidang mendengarkan keterangan saksi ahli yang dihadirkan JPU. “Ini merupakan saksi terakhir yang akan dihadirkan JPU, yakni saksi ahli dari BPKP,” ujar Penasihat Hukum terdakwa Abu Hanifah dan Raja Hamzah, Irwan Tanjung. Pada sidang sebelumnya beberapa saksi telah dihadirkan oleh JPU dan didengarkan keterangannya oleh mejelis hakim yang dipimpin Saiman. Diantaranya yang terakhir adalah kesaksian dari Kepala Badan Kominfo Raja Muchsin serta Kabag Keuangan Erwinta.

3.     Pemko Kembali Razia Penambang Pasir Darat

Penambangan pasir ilegal yang sampai saat ini masih menyedot pasir darat harus siap-siap. Pasalnya Pemko Batam bersama aparat penegak hukum berencana kembali menggelar razia. Rencana razia tersebut disampaikan Kepala Bapedal Kota Batam, Selasa (14/12). Ia memastikan razia itu akan dilaksanakan menjelang penutupan akhir tahun ini. Lokasi razia yakni di sepanjang kawasan Batu Besar dan Nongsa sekitarnya. “Saat penertiban berlangsung, siapa saja yang melanggar atau sengaja melakukan pengerukan pasir pasti akan ditindak,”ujar Dendi.

4.     Pemko Akan Tambah ATCS dan CCTV

Pemerintah Kota (Pemko) Batam mulai melakukan antisipasi kemacetan akibat meningkatnya jumlah kendaraan dengan cara menyediakan berbagai sarana lalulintas dan pembangunan infrastruktur jalan. Peningkatan sarana lalulintas meliputi penyediaan lampu merah dengan sistem autometic traffizh light control system (ATCS) di persimpangan jalan strategis dan penambahan CCTV di persimpangan jalan. Seperti diketahui kini, lampu merah menggunakan ATCS ini sudah disediakan di kawasan padat lalulintas seperti di simpang Panbil, Simpang Kam, Simpang BNI Batam Centre, Simpang Indomobil Baloi dan Simpang Sei Harapan Sekupang. “Penambahan fasilitas lampu merah sisrem ATCS cukup efektif mengendalikan kemacetan di saat-saat padat lalulintas. Pemko Batam melalui Dinas Perhubungan pasti akan menambah lampu merah dengan sistem tersebut di tahun mendatang,” ungkap Yusfa Hendri, Kabag Humas Pemko Batam.

5.     Perbaikan Engku Putri Tahun Depan

Dinas Tata Kota (Distako) Batam tetap memperioritaskan lanjutan perbaikan Dataran Engku Putri, Batam Centre pada tahun mendatang. Pasalnya, perbaikan yang dilakukan pada tahun 2010 belum mencakup keseluruh lapangan. Kepala Dinas Tata Kota, Gintoyono mengatakan prioritas perbaikan Dataran Engku Putri pada tahun depan adalah sarana air mancur, rumah hot spot, taman dan jalan sekeliling Engku Putri. Dengan perbaikan seperti itu, Dataran Engku Putri akan menjadi lebih menarik sebagai taman kota seperti daerah lain.

6.     Kartu Kendaraan BBM Diserbu Warga

Ratusan warga Batuaji mendatangi tempat pendaftaran kartu BBM di kantor lurah Buliang Batuaji, kemarin. Peluncuran kartu fasilitas BBM ini sebagai upaya pemerintah untuk mencegah pemborosan dan penyalahgunaan BBM yang dinilai merugikan negara. Leadre Stand Pendaftaran Kartu Fasilitas BBM bersubsidi Kecamatan Batuaji, Jhon mengatakan kartu ini berguna untuk memantau penggunaan BBM di tengah masyarakat. Upaya penympangan juga semakin minim. Kartu kendali bersubsidi ini berlaku di 27 SPBI yang tersebar di Kota Batam kecuali SPBU Tanjungpiayu karena baru buka.

Leave a Reply

Switch to our mobile site

Log in -