Kliping Pers, Jum’at 3 Desember 2010

BATAM POS

1. Dahlan Turut Belasungkawa

Ayahanda Asmin Patros Meninggal Dunia

Wako Batam Ahmad Dahlan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kaharudin alias Tai A Kwak (83), ayahanda Asmin Patros, anggota DPRD Batam. Almarhum meninggal Kamis (2/12) usai sarapan pagi dan sudah ke Rumah duka Marga Tionghoa di Baloi. Wako juga menyempatkan diri mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga dan saudara-saudara Asmin Patros di rumah duka tersebut, kemarin. Kedatangan Wako disambut Saptono Mustakim yang merupakan anak tertua almarhum. Wako langsung merangkul Saptono dan meminta agar melepas kepergian almarhum dengan ikhlas. Antara Wako dan Saptono terlihat akrab.

2. Wajib Bangun Tiga Lantai

Gedung Sekolah Baru Antisipasi PSB

Penerimaan Siswa Baru (PSB) hampir menjadi permasalahan setiap tahun di Batam. Mengatasinya, Pemko Batam pun mencanangkan wajib membangun lima sekolah baru setiap tahun. Khusus 2011, Pemko akan membangun lima sekolah di kawasan Batam Kota, Batuaji dan Seibeduk. “Pembangunan sekolah baru ini menjadi salah satu antisipasi PSB. Khusus 2011, gambaran sekolah baru yang akan dibangun wajib bertingkat tiga. Memaksimalkan kuantitas siswa dan menghemat lahan,” ujar Walikota Batam Ahmad Dahlan usai kunjungan di RSOB Sekupang, beberapa waktu lalu.

3. Kenalkan Pajak Sejak Dini

Lembaga Pendidikan Andalas Akutansi Indonesia (LPAAI) bekerjasama dengan Kantor Pajak Batam menggelar lomba cerdas cermat SMA/SMK di Kepri Mall, Kamis (2/12). Cerdas cermat dibuka Wakil Walikota Batam Ria Saptarika dengan pengguntingan pita. Menurut Ria kegiatan tersebut sangat positif menggugah kesadaran pelajar tentang pentingnya pajak. “Saya sangat mendukung kegiatan yang mencerdaskan anak bangsa seperti ini,”ungkap Ria. Kompetisi tersebut diikuti 16 perwakilan SMA/SMK se-Batam. Mereka dibagi dalam delapan sesi lomba.


TRIBUN BATAM

1. Lumba-lumba Ancol Hadir di Batam

*Caron-Fitri Cium Dahlan

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mendapatkan ciuman dari charon dan Fitri, dua ekor lumba-lumba. Bukan hanya ciuman, Caron dan Fitri bahkan menari-nari di depan Dahlan dan penonton. Itulah gambaran pembukaan pentas lumba-lumba dan aneka satwa di parkir mega Mall Batam Centre, Kamis (2/12). Bagi warga Batam yang ingin menikmati pertunjukan ini bisa langsung datang ke Batam Centre tepatnya di sebelah halaman parkir motor Mega Mall Batam Centre. Selama 38 hari, gelanggang Samudera Ancol Jakarta menggelar pertunjukan lumba-lumba. Pentas ini akan berlangsung hingga 9 Januari 2011. “Ini merupakan alternatif hiburan bagi masyarakat Batam di penghujung tahun. Sebenarnya di Batam sudah banyak tempat rekreasi tapi belum ada yang seperti ini,” ungkap Dahlan salam sambutannya. Dahlan mengatakan bahwa pertunjukan satwa-satwa laut yang didatangkan langsung dari Jakarta ini tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Batam saja tapi juga daerah lain di Kepri.

2. Kami Bisa Jadi Binarangka

*Atlet Binaraga Show Otot di Kantor Wali Kota

*Terima Uang Pembinaan Rp250 Ribu Sebulan

Demontrasi puluhan orang di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (2/12) menjadi tontonan mengerikan sekaligus menarik perhatian. Puluhan pria menampilkan otot-otot kekarnya sembari berorasi menyuarakan tuntutan. Aksi tersebut dilakukan 10 orang atlet binaraga di bawah Pengcab Persatuan Atlet Binaraga Seluruh Indonesia (PABSI). Mereka mempermasalahkan minimnya dana pembinaan. Seorang atlet binaraga mengaku dana pembinaan yang turun selama lima bulan terakhir hanya Rp250 per bulan. Padahal mereka mendengar anggaran untuk pembinaan binaraga  yang disahkan sebenarnya adalah Rp5 juta rupiah per bulan. Ini lah yang mereka pertanyakan ke Pemko Batam. “Jumlah atlet binaraga sepuluh orang. Per orangnya hanya Rp250 ribu per bulan. Apa itu relevan, apa kami disuruh makan tempe,” gerutunya. Kedatangan para atlet ini diterima oleh Kepala Kanpora Batam, Jefridin. “Kami mengajukan dana pada KONI untuk persiapan Proprov ini per atletnya Rp5 juta. Tapi bantuan dari KONI yanga turun hanya Rp250 ribu. Itu pun diambil bertahap. Kan tidak mungkin kami dua hari sekali ke KONI Cuma untuk ambil Rp100 ribu, Rp150 ribu,” tutur Ketua Pengcab PABSI Kota Batam, Bastian. Menanggapi hal tersebut, Jefridin selaku perwakilan pemerintah menjanjikan untuk menyampaikan keluhan para atlet itu ke pimpinannya untuk kemudian dikoordinasikan ke KONI Batam. Menurutnya anggaran yang disiapkan Kanpora tahun 2010 ini tak sampai Rp500 juta.

3. Asmin Kehilangan Sosok Panutan

Puluhan pelayat mendatangi komplek Rumah Duka Marga Tiong Hoa di Sei Ladi, Kamis (2/12). Mereka ikut berduka atas meninggalnya Kaharudin alias Tai A Kwak (83), ayahanda dari anggota DPRD Batam, Asmin Patros dan mantan Wakil Bupati Lingga,  Saptono Mustakim. Diantaranya tampak Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respationo, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika serta beberapa anggota DPRD Batam. Soerya sendiri mengaku kaget atas berita duka tersebut. “Saya termasuk dekat dengan keluarga Pak Asmin. Ayahnya orang yang baik. Saya mendapat SMS saat di Jakarta setelah rapat dengan Mendagri. Jam 11 saya langsung terbang ke sini,” ungkap Soerya. Sementara Wali Kota Ahmad Dahlan langsung merangkul Saptono dan meminta agar keluarga yang ditinggalkan tabah dan dapat melepas kepergian almarhum dengan ikhlas. “Kita turut berdukacita dengan meninggalnya orangtua Pak Asmin dan Pak Saptono. Mudah-mudahan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan ikhlas melepas kepergian beliau. Bagaimanapun kelak kita akan menghadap sang pencipta,” katanya.

4. 365 Lowongan tak Terisi

*Batam Kekurangan Tenaga Skil

*7.970 Orang Menganggur Sepanjang 2010

Selama 10 bulan belakang, jumlah pencari kerja yang mengurus kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Batam sebanyak 23.921 orang. Ini membuktikan bahwa Batam masih menjadi tujuan utama pencari kerja di tanah air. Kadisnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan jumlah tersebut teris meningkat. Sedangkan lowongan kerja yang tersedia juga banyak namun lowongan tersebut lebih banyak untuk tenaga-tenaga punya skill. Sementara kebanyakan pencari kerja adalah non skill rata-rata lulusan SLTA. Akibatnya banyak lowongan yang tak terisi.

5. Hijazi Ajak Daftarkan Kendaraannya

*BPH Migas Buka Pos di Pintu II Batamindo

Kepala Dinas Paerindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Ahmad Hijazi mengimbau kepada seluruh pemilik kendaraan bermotor di Batam, untuk meregistrasi kendaraan yang dimilikinya pada pos-pos yang diadakan oleh BPH Migas. Pendaftaran kendaraan ini gunanya untuk membantu pemerintah dalam mendata kuota BBM bersubsidi yang dibutuhkan Batam. “Keputusan memang belum ada. Memang belum ada kebijakan dari pusat mengenai hal ini (penggunaan kartu fasilitas BBM bersubsidi). Tapi, tidak ada salahnya masyarakatmendaftarkan kendaraanyakan. Untuk mendapatkan kartu fasislitas ini gratis, masyarakat tidak diminta bayar apa pun. Hanya perlu membawa fotokopi KTP dan STNK,”ujarnya saat dihubungi Kamis (2/12).

6. Skill Pekerja Jadi Perhatian

*Ria InginTerapkan Pelatihan Tenaga Kerja

Meski terkenal sebagai kota industri, namun tingkat pengangguran di Batam tergolong masih tinggi. Banyak lowongan pekerjaan, namun putra-putri Batam menurut kandidat Walikota Batam, Ria Saptarika, yang bisa diserap sebagai sumber daya baru sekitar 30 persen. 70 persen lainnya diisi oleh tenaga kerja dari luar Batam dengan cara merekrut. Usut punya usut ternyata dikarenakan perusahaan yang ada di Batam hanya menerima tenaga yang berskill tinggi. Jawaban diatas didapat Ria saat mengunjungi secara khusus beberapa perusahaan untuk menanyakan mengapa lulusan Batam belum terserap secara maksimal di banyak perusahaan.

HALUAN KEPRI

1. Walikota Minta Parfi Diperiksa

Walikota Batam Ahmad Dahlan sangat prihatin dengan kasus dugaan pencabulan yang dilakukan Robby Shine terhadap CO. Dahlan menyatakan kerja keras Pemko Batam mensukseskan program Visit Batam 2010 dengan mengadakan berbagai  iven tercoreng gara-gara ulah Robby. “Kita serius dalam pelaksanaan berbagai iven dengan tujuan bisa meningkatkan wisatawan ke Batam selama iven besar dilakukan, seperti Kenduri Seni Melayu (KSM), Parade Budaya Nusantara dan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) berjalan sukses dan masyarakat pun sangat menikmatinya, tapi sekarang program Visit Batam itu tercoreng,”ujar Dahlan di Hotel Vista, Kamis (2/12). Dalam kesempatan itu, Dahlan meminta aparat penegak hukum mengusut kelalaian yang dilakukan Parfi Kepri dengan merekrut anak di bawah umur sebagai model pendamping artis.

2. Digagas, Kabupaten Batam Kepulauan

Puluhan tokoh dari empat kecamatan di Kota Batam menggelar pertemuan di Hotel Sarijaya, Nagoya, Kamis (2/12). Pertemuan itu membahas rencana pemisahan empat kecamatan itu dari Kota Batam menjadi kabupaten sendiri, yakni Kabupaten Batam Kepulauan. Keempat kecamatan itu adalah Belakang Padang, Bulang, Galang dan Sagulung . Pertemuan itu dihadiri mantan Walikota Batam Nyat Kadir dan Asisten III Pemerintah Kota Batam Maaz Ismail. Hadir pula ketua Perpat Kota Batam Muslimin, Ketua Gerakan Muda Rempang Galang Kota Batam Suardi Teherek, Ketua Batam Pulau Bersatu Kurniawan, tokoh pemuda tempatan Iman Sutiawan, Ketua LSM Gempur Sani, Ketua Perpat Center Sirajuddin Nur, Ketua Karang Taruna Kota Batam Sastra Wijaya, Ketua Formapp Usman Konong dan sejumlah tokoh penting pulau lainnya.

Belasan Atlet Demo ke Pemko

3. Tuntut Insentif dan Kesejahteraan

Sekitar 15 atlet dari berbagai cabang olah raga menggelar aksi demo ke Pemko Batam, Kamis (2/12) pukul 09.00 WIB. Mereka menuntut agar Walikota Batam Ahmad Dahlan memperhatikan kesejahteraan para atlet. Aksi tidak biasa yang dilakukan para atlet Batam berprestasi ini mengundang perhatian warga, termasuk pegawai Pemko sendiri. Dalam melakukan aksiny, para atlet ini ikut membawa dan membentangkan spanduk bertuliskan ‘Mohon bantuan masyarakat Batam. Pemko Batam tidak mampu lagi membiayai pembinaan para atlet’. Ketua Harian Binaraga Kota Batam, Bastian dalam orasinya mengungkapkan bahwa selama ini atlet kurang diperhatikan.

FK-BKM Batam Dibentuk

4. Pemko Anggarkan PNPM Rp 5 Miliar

PNPM tetap menjadi perhatian. Di tahun 2011 nanti, Pemko Batam mengalokasikan anggaran PNPM sebesar Rp 5 miliar sedangkan Pusat senilai Rp 9 miliar. “Kita serius menggalakkan PNPM sekarang juga disatukan dalam FK-BKM tingkat kota. Tujuan adanya perhimpunan dalam forum adalah untuk saling mengisi dan bertukar pendapat dalam menjalankan kegiatan PNPM di kelurahan masing-masing,”kata Walikota Batam Ahmad Dahaln usai melantik Forum Komuniasi Kesewadayaan  Masyarakat (FK-BSM) Kota Batam 2010-2015 di Hotel Vista, Kamis (2/12)

Leave a Reply

Switch to our mobile site

Log in -