Kliping Pers, Senin 28 November 2011

BATAM POS

1.       Dewan Pengupahan Provinsi Usulkan Tiga Angka

* UMK Batam di Gubernur

        Dewan Pengupahan Provinsi Kepri mengajukan tiga usulan besaran Upah Minimum Kota (UMK) Batam 2012 ke Gubernur Kepri. Usulan yang diajukan yakni Rp1.260.000 versi pengusaha, Rp1.302.992 versi Pemko Batam dan Rp1.760.400 usulan serikat buruh. Dewan Pengupahan Provinsi Kepri sepakat menyerahkan keputusan penetapan UMK Kota Bata kepada Gubernur Kepri. Apapun keputusan Gubernur, Dewan Pengupahan Provinsi Kepri menerimanya.Rekomendasi yang diserahkan ke Gubernur ini, setelah menimbang berbagai hal dintaranya usulan surat Walikota Batam 25 November 2011 perihal UMK Batam tahun 2012 sebesar Rp1.302.992 sama dengan KHL yang telah ditandatangani bersama para pihak.

2.      Pasang 156 Kaca Baru

* Kantor Walikota Diperbaki Usai Kerusuhan

        Kantor Walikota Batam yang luluh lantak selama unjuk rasa buruh sejak Sabtu (26/11) sudah mulai diperbaiki. Kaca-kaca yang pecah dan taman yang rusak sudah bagus kembali. Sejak Satu sampai Minggu (27/11) para pekerja masih sibuk dan bekerja cukup cepat memulihkan 156 titik Kaca yang pecah yang berada di lantai 1,2 dan 3 serta lubang kaca besar di 6 titik yang berada di depan kantor Walikota Batam. Selain kaca yang pecah, lampu penerangan baik lampu taman maupun lampu penerangan depan yang hancur juga mulai diperbaiki bertahap. Sekitar 15 titik yang mengalami kerusakan cukup parah dikerjakan selama dua hari kemarin.

3.      Bapedal Periksa Karyawan CV Global

* Saksi Limbah di Pantai Melayu

          Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam telah memeriksa tiga saksi terkait limbah minyak di pantai Melayu, Nongsa. Namun hingga saat ini belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka. Menurut Kepala Bapedal Kota Batam, Dendi N Purnomo, tiga saksi yang telah diperiksa merupakan karyawan CV Global Petro Energy yang diduga merupakan sumber limbah. Meski demikian, Dendi belum mau menyebutkan nama-nama yang telah diperiksa.

 

TRIBUN BATAM

1. Semua Terserah Pak Gubernur

            Penetapan UMK Batam 2012 nampaknya lebih sulit dari tahun-tahun sebelumnya. Meski  sudah rapat selama enam jam, Dewan Pengupahan Provinsi Kepri tidak mampu mengeluarkan angkat UMK Batam 2012. Rapat yang berlangsung Minggu (27/11) hanya menghasilkan kepurutsan meneruskan tiga angka usulan dari Pemko Batam ke Gubernur Kepri Muhammad Sani. Artinya penetapan upah saat ini ditangan gubernur.

2. Jangan Terprovokasi

            Setelah beberapa perusahaan meliburkan pekerjanya pasca demo ribuan buruh ke Pemko Batam, rencananya hari ini perusahaan mulai beroperasi. Namun situasi Batam masih siaga satu sampai keadaan dan situasi keamanan bisa dikatakan kondusif. Kapolresta Barelang AKBP Yohanes Widodo meminta kepada semua kalangan untuk saling menjaga keamanan Batam, aman dan kondusif. Jangan terprovokasi dengan orang-orang yang menginginkan Batam tidak kondusif.

HALUAN KEPRI

Tak Terpengaruh Rusuh Demo Buruh

1. Pariwisata Batam Lancar

            Demo buruh yang berujung anarkis pada Rabu dan Kamis, (23-24/11) lalu, ternyata tidak berdampak buruk bagi kunjungan turis asing ke Batam. Pada Sabtu-Minggu (26-27/11) atau masa weekend, hotel-hotel di Batam pada umumnya terisi penuh. Agen-agen travel juga melaporkan tidak ada pembatalan grup kunjungan turis asing dan lokal ke Batam. Kondisi pariwisata Batam tersebut terangkum dalam penjelasan yang disampaikan masing-masing ketua asosiasi yang bergerak di bidang Kepariwisataan pada Sabtu (25/11) saat temu ramah sejumlah pengurus asosiasi kepariwisataan di Kota Batam dengan Kadisparbud Prop Kepri Guntur Sakti dan Kadisparbud Kota Batam Yusfa Hendri.

2. Gedung Pemko Mulai Diperbaiki

            Sejumlah aset Pemko Batam terutama Gedung Kantor Walikota dijalan Engku Putri yang mengalami kerusakan akibat terkena lemparan batu pada aksi buruh, Kamis (23/11) dan Jumat (24/11), mulai diperbaiki. Sejak Sabtu (26/11) sampai Minggu (27/11) petang, sejumlah tukang terlihat sibuk memperbaiki kembali bagian gedung Pemko Batam yang mengalami kerusakan khususnya di bagian kaca pintu utama dan kaca depan sisi kanan gedung tersebut.

Penetapan UMK

3. Pemko Didesak Lebih Proaktif

            Dua organisasi mahasiswa yakni HMI dan GMKI mendesak Pemko Batam agar lebih proaktif dalam menyelesaikan permasalahan tuntutan UMK Batam. Hal tersebut demi menjaga kondusifitas Kota Batam pada setiap pembahasan UMK yang digelar setiap tahunnya.

Dahlan Dilantik Jadi Ketua KONI

4. Optimis Olahraga Batam Lebih Baik

            Setelah menunggu beberapa bulan setelah dilakukan musyawarah kota, akhirnya Pengurus KONI Kota Batam periode 2011-2012 dilantik, Minggu (27/11) di Hotel Goodway Nagoya. Pelantikan dilakukan Ketua Umum KONI Propinsi Kepri, Nur Syafriadi yang saat ini juga menjabat Ketua DPRD Propinsi Kepri. Usai pelantikan Ketua Umum KONI Batam Ahmad Dahlan mengaku optimis bahwa dengan komposisi kepengurusan saat ini ke depan dunia olahraga Batam bisa meraih hasil yang lebih baik lagi. Dia berharap setelah pelantikan ini, semua pengurus bisa langsung bekerja sebagaima tugas masing-masing.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -