Kliping Pers, Rabu 29 Desember 2010

Batam Pos

1.    RSUD Batuaji Segera Beroperasi

Pembangunan RSUD Tipe C di depan kompleks Pasar Aviari, Batuaji sudah rampung. Awal tahun 2011, RSUD yang dibangun sejak Desember 2009 itu sudah bisa beroperasi. Hal itu disampaikan Direktur RSUD Batuaji dr Asmoji. RSUD diatas lahan seluas 3,88 hektare tersebut kata Asmoji sebenarnya saat ini sudah bisa dipakai. Namun proses pemindahan peralatan medis dari rumah sakit lama ke RSUD baru tersebut cukup rumit. Pihaknya masih butuh waktu sebulan lagi untuk melakukan relokasi dan reinstall peralatan yang akan dipakai. “Sekarang sudah rampung total, tapi kalau penempatan belum pastikan karena relokasi dan reinstall ruangan butuh waktu yang lumayan lama,” kata Asmoji.

2.    CPNS Serbu RSUD

Ratusan CPNS Kota Batam yang dinyatakan lulus mengikuti tes kesehatan di RSUD . Tes kesehatan tersebut akan berlangsung 28-30 Desember. CPNS sudah terlihat membanjiri RSUD sejak pukul 08.00 WIB. Padatnya peserta CPNS yang melakukan tes kesehatan membuat para petugas medis di RSUD kerepotan karena suasana ruang pendaftaran penuh sesak dengan para CPNS ini. Apalagi, masing-masing CPNS ingin berkasnya cepat selesai. Walaupun tampak berbondong-bondong namun aktivitas tes tersebut berjalan mulus bersama 6 dokter umum yang siap melayani peserta CPNS selama tiga hari kedepan.

3.    SMK Kartini Tambah 21 RKB

Gedung Sekolah empat lantai untuk 21 ruang kelas baru oleh Yayasan Keluarga Batam (YKB) di SMK Kartini, Seraya resmi difungsikan setelah diresmikan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Selasa (28/12). Proyek  gedung sekolah baru yang dibangun selama hampir dua tahun itu dilengkapi fasilitas belajar mengajar serta laboratorium yang cukup memadai di tengah masih krisisnya gedung sekolah dan ruang belajar bagi warga Batam akhir-akhir ini. Dengan diresmikannya gedung baru berkapasitas tampung sekitar 300-an siswa ini, direncanakan tahun ajaran 2011 nanti, SMK Kartini akan menambah kuota penerimaan siswa baru nantinya.

4.    Bentuk Simpanse dan Kingkong

Pesta Kemang Api Akhir Tahun

Tak hanya spektakuler, pesta kembang api di Engku Putri 31 Desember malam nanti juga dipastikan akan sangat unik dan mengesankan. Salah satunya karena ada enam kali tembakan kembang api yang bakal membentuk gambar Kingkong atau Simpanse. “Kami sengaja merancang pesta kembang api ini bukan sekedar untuk hiburan. Tapi lebih untuk memberikan inspirasi dan motivasi dalam menyongsong tahun baru yang lebih baik,” kata Kabid Sarana dan Obyek Wisata Disparbud Kota Batam selaku Panitia, Rudi Panjaitan, kemarin. Rudi menjelaskan durasi pesta kembang api ini diperkirakan sekitar 18-20 menit. Dalam waktu tersebut, terdapat 300 lebih tembakan kembang api dengna berbagai variasi. Antara lain dalam bentuk  meteor, palmtree, tunder bolt, skyhawk, kingkong atau simpanse dan sebagainya.

5.    Surat Suara Rusak Makin Banyak

Halaman Belakang Tak Tercetak

Jumlah surat suara yang rusak makin banyak. Jika sebelumnya Cuma sekitar 100 lembar, kemarin jumlah yang ditemukan rusak bertambah 250 lembar. Kerusakan atau ketidaklayakan pada 250 lembar kertas suara tersebut, yakni lembar di halaman belakang tak tercetak alias kosong. Meski jumlah kertas suara makin banyak menurut Kerua Pokja Logistik KPU Batam Zeindra Yanuardi tidak akah mempengaruhi Pilwako 2011. Pasalnya kertas tersebut merupakan surat suara yang belum dilipat. “Memang benar kami menemukan 250 lembar surat suara yang halaman belakangnya tak tercetak. Namun penemuan itu akan akan berpengaruh pada tahapan pencoblosan. Sebab surat suara tersebut merupakan surat suara yang sifatnya untuk cadangan saja,”ujar Zeindra.

6.    635 PNS Terima SK

BKD: Tidak Ada Muatan Politik

Wajah ke-635 PNS dilingkungan Pemko Batam tampa ceria usai menerima SK pengangkatan di Lapangan Engku Putri, Selasa (28/12). Betapa tidak, ini merupakan momen yang mereka nantikan sejak melamar hingga pengumuman. Kepala BKD Kota Batam Firmansyah menagkui penyerahan SK pengangkatan PNS tahun ini sedikit terlambat dan molor dari rencana awal. Sebelumnya, penyerahan SK ini dijadwalkan pada 1 November 2010 dan baru terealisasi kemarin. Namun Firmansyah memastikan tak ada kepentingan politik dalam penyerahan SK PNS kali ini.”Bukan karena menjelang Pilwako. Tapi memang baru bisa dilaksanakan sekarang. Jadi tak ada muatan politik,”kata Firman.

Tribun

1.     Pantulkan Cahaya 600 Meter

Tulisan rakasasa “Welcome to Batam” yang berdiri tegak di Bukit Klara, Batam Centre segera dilengkapi lampu sorot dengan daya pantul sejauh 600 meter. Lampu sorot yang dipakai menerangi tulisan ini ketika malam, akan berbeda dengan lampu yang digunakan di beberapa objek serupa sepertu tulisan raksasa “Bukit Indah Sukajadi” maupun tulisa “Ocarina” di Megawisata Ocarina, Batam Centre. Pada ikon Bukit Klata itu, sebanyak 25 lampu sorot Philips masing-masing berkekuatan 400 watt tersebut punya daya pantul yang kuat, sehingga bisa menerangi gedung DPRD Batam dan wilayah sekitar pusat pemerintahan di Batam Centre. 14 huruf raksasa yang berada di ketinggian 57 meter dari permukaan laut ini dipastikan akan menjadi objek wisata menarik sekaligus ikon wisata baru Batam. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan proyek tersebut dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp472,4 juta ini dari APBD Kota Batam tahun 2010. Proyek itu dilaksanakan Dinas Tata Kota sebagai bagian dari agenda pemerintah untuk memperkenalkan Batam.

2.     Jumlah PNS Pemko Bertambah 635 Orang

*Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pegawai

Sebanyak 635 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Batam dilantik di Dataran Engku Putri, Selasa (28/12). Mereka terdiri dari pengangkatan tenaga CPNS tahun 2009 sebanyak 468 orang, serta pengangkatan tenaga honorer tahun 2005 sebanyak 167 orang. Golongan yang dilantik yaitu golongan tiga sebanyak 278 orang yang terdairi dari CPNS 2009 serta 14 orang tenaga honorer. Lalu, golongan dua 185 orang dari pengangkatan CPNS dan 138 honorer. Selanjutnya golongan satu sebanyak 15 orang tenaga honor. “Yang dilantik hari ini sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil 100 persen, bukan lagi seperti CPNS yang masih 80 persen. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan kemampuan, profesionalitas dan disiplin kerjanya sebagai aparatur negara,” pesan Kepala BKD, Firmansyah.

3.     Permohonan Akta Lahir Membludak

*Masa Dispensasi Berakhir 31 Desember

*Disdukcapil Sudah Terbitkan 33.764 Lembar Akta

Sedikitnya 33.764 lembar akta lahir diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam dari januari sampai 27 Desember tahun ini. Membludaknya permohonan akta lahir dari warga karena pemerintah melalui Kementrian Dalam Negeri memperpanjang masa dispensasi kepada warga yang lambat mendaftarkan anaknya ke Disdukcapil, untuk mendapatkan akta lahir. Kepala Disduk Kota Batam, Sadri Khairudin, menyebutkan masa dispensasi yang diberikan kepada warga yang melaporkan anaknya pada usia lebih dari 60 hari bisa mengajukan permohonannya sampai 31 Desember 2010. Kemudian masuk pada 1 Januari 2011, maka warga yang melaporkan anaknya pada usia lebih dari 60 hari masa kelahirannya, harus berdasarkan penetapan pengadilan.

4.     Tiap Kelas Dilengkapi Proyektor

*Wako Resmikan Gedung Baru SMK Kartini

*Kursi dan Meja Belajar Buatan Siswa

Peningkatan pendidikan di Kota Batam tidak Cuma dilakukan pemerintah tapi juga kalangan swasta. Diantaranya, Yayasan Keluarga Batam (YKB). Selasa (28/12) yayasan ini meresmikan gedung SMK Kartini yang berlokasi di Seraya. Peresmian gedung baru ini dugelar bertepatan dengan ulang tahun ke-31 YKB. Hadir dalam peresmian tersebut Kepala YKN, Ny Sri Soedarsono, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, anggota DPD RI, Hardi Hood, Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin dan Kepala Dinas Sosial M Sahir. Gedung bertingkat empat ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Ahmad Dahlan. Dalam sambutannya Wali Kota mengungkapkan bahwa YKB merupakan aset kota Batam karena menjadi motor penggerak pendidikan di kota ini. “Untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dibutuhkan sarana pendidikan yang lengkap. YKB menjawab tantangan tersebut dengan membangun darana dan prasarana pendidikan,” ujarnya.

5.     Disdik Mulai Petakan Peserta UN

*Jumlah Peserta Jauh Meningkat

Dinas Pendidikan Kota Batam saat ini tengah melakukan pemetaan jumlah siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2011. Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin menuturkan jumlah peserta UN kali ini di setiap tingkatan sekolah jauh meningkat dibandingkan UN sebelumnya. Tingkat pertumbuhan penduduk di Batam menurutnya, menjadi tantangan sendiri dalam pelaksanaan pendidikan saat ini. Walau tidak menyebutkan angka pasti jumlah peningkatan tersebut, Muslim mengakui terjadi peningkatan signifikan. “Saat ini kita bari mempersiapkan daftar nominasi peserta ujian nasional (UN) untuk SD, SMP dari pendataan sementara saat ini, jumlahnya jauh meningkat dari tahun sebelumnya,” jelas Muslim. Sementara itu dalam penerimaan siswa baru (PSB) untuk SD, walau Dinas Pendidikan sudah membangun 4 unit sekolah bari dan penambahan 46 ruang kelas baru dari APBD, dipastikan masalah keterbatasan daya tampung di tetap akan terasa. Muslim mengatakan data tampung tingkat SD saat ini sekitar 12 ribu bangku sementara anak usia sekolah yang layak masuk SD ada sekitar 20.000 orang.

6.     Pesta Kembang Api Spektakuler

*Teamlo Meriahkan Tahun Baru di Batam

Malam pergantian tahun ini, Pemerintah Kota Batam menggelar acara bertajuk, Kenduri Akhir Tahun dan Pesta Kembang Api. Pesta akhir tahun ini mendatangkan band yang biasa menyanyikan lagu-lagu plesetan, Teamlo. Acara ini akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri pada malam tahun baru, Jumat (31/12). Persis pada pukul 00.00 WIB pesta kembang api menyambut tahun 2011. “Kenduri akhir tahun yang dilaksanakan pada tahun 2010 ini merupakan yang kesepuluh kalinya kita gelar. Sementara untuk peseta kembang api ini yang keempat kalinya,” ujar koordinator Event Visit Batam, Buralimar beberapa waktu lalu.


Haluan Kepri

1.      Penarikan Retribusi Sampah Oleh Pemuda Ilegal

Penarikan retribusi sampah ke para pedagang kaki lima yang dilakukan sejumlah pemuda di Pasar Samarinda Jodoh adalah ilegal. Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan (DKP)Kota Batam, Jamil mengatakan hal  itu kepada wartawan kemarin. Jamil menyatakan sejauh ini Dinas Pasar telah mengeluarkan izin penarikan retribusi sampah, khususnya para pedagang kaki lima hanya empat perusahaan. Keempat perusahaan itu yakni CV Indo Tribuana, dengan memiliki wilayah kerja di Tos 3000 dan Samarinda. Untuk wilayah Sekupang, Batuaji, Sagulung, izin penarikan retribusi diberikan kepada CV Niba Mandiri. “Sementara ini, hanya empat pengelola yang mendapatkan izin penarikan retribusi sampah dikeluarkan oleh DKP. Jangka waktu izin tersebut selama 6 bulan. Setelah itu akan dilakukan evaluasi kembali,”tegas Jamil.

2.     635 CPNS Diangkat Jadi PNS

Sebanyak 635 CPNS tahun penerimaan 2009 dan honorer dari golongan I, II, dan III dilingkungan Pemko Batam secara resmi menerima SK Pengangkatan sebagai PNS. Penyerahan SK tersebut dilakukan secara simbolis kepada tiga PNS golongan III oleh Asisten III Administrasi Umum, Maaz Ismail dilapangan Engku Putri Batam Center, kemarin. Maaz mengatakan SK pengangkatan 635 PNS tertanggal 1 November 2010 terdiri dari golongan III sebanyak 283 orang ditambah dengan 14 orang tenaga honorer, golongan II sebanyak 185 orang ditambah 138 tenaga honorer dan Golongan I sebanyak 15 orang tenaga honorer, katanya. Sementara itu, Kepala BKD Pemko Batam Firmansyah mengantakan ke-635 PNS yang diangkat tersebut, telah melalui masa percobaan selama setahun sebagai CPNS, dan telah mengikuti diklat, serta lulus tes kesehatan.

3.     Dahlan Puji SMK Kartini

Walikota Batam Ahmad Dahlan memberikan apresiasi, terhadap keberhasilan Yayasan Keluarga Batam (YKB) dalaml mengembangkan SDM di Kota Batam. Sebagai sekolah tertua di Kota Batam, Karitini telah memberikan sumbangsih luas bagi kemajuan pendidikan terutama dalam mencetak SDM bermutu. “Ini apresiasi yang luar biasa, Sekolah Kartini telah memberikan kontribusi dalam menciptakan SDM berkualitas di daerah ini,” ujar Dahlan. Ketua YKB Sri Sudharsono menuturkan, dalam menciptakan sekolah berkualitas di butuhkan pemikiran, kedisiplinan, kerjakeraas dan kerjasama dengan semua pihak. Apalagi SMK Kartini yang baru saja mendapat sertifikasi standar internasional dalam bidang akuntansi.

Leave a Reply

Switch to our mobile site

Log in -