Kliping Pers, Selasa 29 November 2011

BATAM POS

1. UMK Batam Rp 1.310.000

* Naik 11 % dari Tahun Lalu

 * Perda Rumah Kos dan Warung Ditinjau Ulang

2.                Gubernur Kepri HM Sani akhirnya menetapkan angka UMK Batam tahun 2012 sebesar Rp 1.310.000. Angka ini melebihi angka KHL yang disepakati buruh, pengusaha dan pemerintah Ktoa Batam sebesar Rp 1.302.992. HM Sani mengaku telah resmi menandatangani surat keputusan penetapan UMK itu, setelah sebelumnya dibahas bersama oleh Dewan Pengupahan Provinsi Kepri atas usulan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan pasca unjuk rasa yang berakhir anarkis pekan lalu.

3. PNS Takut Pakai Seragam

* Sembilan Mobil Dinas Rusak

            Aktivitas PNS di lingkungan Pemko Batam kembali normal usai demonstrasi pekerja menuntut UMK 2012. Namun para PNS masih takut mengenakan seragam dinas. Pemko Batam mengimbau agar seluruh pegawai tidak mengenakan seragamdinas. Alasannya, untuk berjaga-jaga jika ada aksi demo susulan. Selain tidak mengenakan seragam, hampir semua plat mobil dinas PNS Pemko Batam juga diganti dengan plat hitam. Ada yang sengaja membuat plat baru, ada juga yang hanya mengecat plat kendaraan dengan warna hitam.

4. Rp 3,2 M untuk Rumah Tangga Dahlan-Rudi

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan wakilnya, Rudi bakal mendapat dana dari APBD Kota Batam sebesar Rp 3,21 miliar untuk membiayai rumah tangga mereka. Hal itu tertuang dalam Rancangan APBD Batam 2012, yang sedang dibahas DPRD dan Pemko Batam. Kebutuhan rumah tangga Wali Kota dan Wakil Walikota sebesar Rp berada di os Sekretariat Daerah Kota Batam. Kebutuhan rumah tangga pimpinan Pemko ini merupakan satu dari sekitar 49 item di pos anggaran Sekretariat Daerah Kota Batam.

TRIBUN BATAM

1. Kami Terima dengan Syarat

* UMK Batam Ditetapkan Rp 1.310.000

* Gubernur Sertakan Tiga Catatan

            Setelah melalui dinamika yang panjang dan berliku,akhirnya UMK Batam tahun 2012 ditetapkan oleh Gubernur Kepri, HM Sani sebesar Rp .310.000. Angka tersebut ditetapkan setelah melakukan pembahasan bersama unsur-unsur Muspida, Senin (28/11). Angka tersebut lebih tinggi 0,5 persen dari usulan Wali Kota Batam sesuai angka KHL hasil survey bersama Rp 1.02.992. Disamping menetapkan besaran UMK, HM Sani juga menyertakan beberapa catatan yang harus dijalankan Pemko Batam sejalan dengan ditetapkanya UMK tersebut.

2. Pendatang jadi Pemicu Kemiskinan

* Batam Paling Banyak Orang Miskin

* Jumlah Capai 36.201 Jiwa

            Jumlah penduduk miskin di Batam ternyata nomor satu di Kepri. Ada sekitar 36.207 jiwadari 136.044 orang yang hidup taraf ekonominya masih jauh di bawah. Gubernur Kepri HM Sani mengatakan, jumlah penduduk miskin di Kepri, mencapai 18,51 persen dari jumlah penduduknya sebesar 1,6 juta jiwa.

3. Joni Ditebus Teman-teman

* Kumpul Dana Bantuan Korban Kerusuhan

* Pemko Siap Tanggung Biaya Pengobatan

            Joni Simbolon (30), warga ruli Sukajadi RT 4 RW 12 korban salah sasaran oleh oknum kepolisian terpaksa harus berterimakasih terhadap teman-temannya. Kepala Dinas Kesehatan Bata, Chandra Rizal mengatakan biaya pengobatan Joni akan ditanggung pemerintah Ktoa Batam. Jika nanti korban kerusuhan demo pekerja tersebutmengadakan pengobatan lagi,Pemko yang akan membiayainya.

4. Pegawai Pemko Masih Trauma

            Pasca kerusuhan demo UMK pegawai di jajaran Pemko Batam terutama yang berkantor di Kantor Walikota , apel pagi di Dataran Engku Putri Batam Center dengan berpakaian bebas tanpa seragam, Senin (28/11). Hal tersebut sesuai dengan intruksi yang disebarkan melalui SMS berantai sehari sebelumnya. Intruksi tersebut dijalankan untuk mengantisipasi jika benar isu demo besar-besaran akan digelar kembali.

5. RSUD Akan Buka Pelayaan VIP

* Jumlah Pasien Meningkat Setiap Hari

            Jumlah pasien yang berobat di RSUD Embung Fatimah, Batuaji meningkat secara drastis dalam enam bulan terakhir Data peningkatan pasien yang diperoleh dari RSUD Embung Fatimah tercatat 37 persen pasien rawat jalan, 46 persen rawat inap dari jumlah total pasien yang datang berobat. “Untuk ke depan kita akan membuka pelayanan VIP di RSUD Embung Fatimah ini,” terang Direktur RSUD Embung Fatimah, Fadilla RD Malarangan.

6. Sebagian Dijemput Keluarga

* Dinsos Pulangkan 16 TKI Bermasalah

            Sebanyak 16 TKI bermasalah, yang ditampung di shelter Dinsos Sekupang sudah dipulangkan. Sedangkan 15 orang lagi juga sudah pulang karena dijemput keluarga. Mereka adalah TKI yang dideportasi pemerintah Malaysia melalui Konjen RI di Johor. Permasalahan yang dihadapi TKI saat bekerja di negeri jiran antara lain, dokumen yang tidak lengkap dan terjadi ketidaksesuaian dengan majikan.

HALUAN KEPRI

Naik Rp 7.008 dari Usulan Walikota

1. UMK Batam Rp 1.310.000

            Setelah melalui pembahasan alot dan melelahkan bahkan sempat diwarnai unjuk rasa anarks buruh, Gubernur Kepri HM Sani akhirnya menetapkan UMK Batam tahun 2012 sebesar Rp 1.310.000. Angka ini lebih tinggi Rp 7.008 dari rekomendasi Walikota Batam Ahmad Dahlan. Sebelumnya Ahmad Dahlan merekomendasikan UMK Batam sebesar Rp 1.302.992 atau sama dengan nilai KHL Kota Batam tahun 2012 yang sudah disepakati bersama oleh Dewan Pengupahan Kota Batam.

2. Penduduk Miskin Batam 136.044 Jiwa

            Gubernur Kepri HM Sani mengatakan, berdasarkan data BPS jumlah penduduk miskin Kepri saat ini sebanyak 74.061 KK atau 280 ribu jiwa. Dari jumlah tersebut, lebih dari setengahnya atau sekitar 136.044 jiwa terdapat di Kota Batam. Karena itu, kata Sani program-program pengentasan kemiskinan sangat penting. Karena sesuai target RPJM Kepri tahun 2015, angka kemiskinan isa turun menjadi 10 persen atau turun 8,51 persen. Sani juga menyebutkan, anggaran pengentasan kemiskinan selalu meningkat setiap tahunnya.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -