Kliping Pers, Jum’at 11 November 2011

BATAM POS

1. Erwinta-Haris Divonis Hari Ini

Kasus Dugaan Korupsi Bansos

          Nasib kedua terdakwa kasus korupsi dana bansos, Erwinta Marius dan Raja Abdul Haris, ditentukan hari ini. Pengadilan tipikor Pekanbaru akan membacakan putusan sidang kasus korupsi yang merugikan negara lebih dari Rp 1 miliar tersebut ,Jumat (11/11)

2. Rumah Limas Potong Jadi Cagar Budaya

          Rumah Limas Potong di Kampung Melayu Batu Besar Nongsa menjadi satu-satunya rumah adat tradisional Melayu di Kota Batam. Agar lestari, Pemko Batam meresmikan rumah tersebut sebagai sebagai rumah cagar budaya dan pariwisata yang harus dilindungi. Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, peresmian rumah limas ini bertujuan menjaga kebudayaan asli Batam.

 

3. Tabur Bunga di Makam Pahlawan

          Pemko Batam, Polri dan TNI mengadakan upacara peringatan Hari Pahlawan di TMP Bulan Gebang Batuaji, Kamis (10/11). Usai upacara, mereka melakukan tabur bunga. Wakil Walikota Batam Rudi, SE, selaku inspektur upacara mengatakan, jasa para pahlawan tak ternilai harganya. Perjuangan mereka di zaman dahulu harus dilanjutkan oleh segenap elemen masyarakat.

TRIBUN BATAM

1. 25 Kepsek Terancam Dicopot

* Naik Pangkat dengan Makalah Jiplakan

            Wali Kota Batam Ahmad Dahlan membenarkan adanya sejumlah kepala sekolah dan guru dengan SK Bodong. Sanksi terhadap mereka pun telah diperisapkan. Seperti apa sanksinya, saat ini Dahlan mengaku tengah menyusun, sesuai dengan amanat Menpan dan reformasi birokrasi serta BKN. Wali Kota enggan menyebutkan jumlah pasti guru yang terlibat dalam membuat makalah hasil jiplakan.

2. LSM Bisa Jauh Berkurang

* Kesbangpol Akan Lakukan Verifikasi

* Tak Terdaftar Tak Bisa Dapat Bantuan

            Keberadaan  LSM di Batam bisa jauh berkurang, Badan Kesbangpol Linmas memperkirakan berkurangnya LSM ini akan tampak saat verifikasi di 2012 mendatang. Saat ini 150 LSM terdaftar di Kesbangpol dari sekitar 250 organisasi kemasyarakatan mengatakan jumlah tersebut. Menurut Kepala Kesbangpol Febrialin, jumlah LSM tersebut kemungkinan berkurang setelah dilakukan verifikasi ormas di awal tahun 2012 mendatang.

3. Hargai Pahlawan dengan Tindakan

* Rudi Tabur Bunga di Makam Pahlawan

            Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional berlangsung hikmat di TMP Bulang Gebang Batuaji. Wakil Walikota Batam Rudi SE tampak hadir sebagai inspektur upacara, Kamis (10/11) sekitar pukul 09.10 WIB. Sedangkan Komandan upacara dipimpin langsung oleh Dandim Hartono. Selain Wawako , upacara itu juga diikuti oleh puluhan pejabat Pemko Batam, Polri dan TNI serta siswa-siswi SMU sederajad.

4. Erwinta Akan Divonis Hari ini

            Dua orang terdakwa kasus korupsi dana bantuan sosial, Erwinta Marius dan Raja Abdul Haris akan mendengarkan putusan pada sidang yang akan digelar, Jumat (11/11) mendatang. Kedua terdakwa akan menjalani sidang di pengadilan Tipikor Pekanbaru. Kedua terdakwa tersebut dituntut dengan hukuman berbeda dan terbukti melanggar pasal 3 Undang-undang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Korupsi.

HALUAN KEPRI

1.      Akhiri Polemik Ranperda Naker

          Kian tajamnya perseteruan antara pengusaha dan DPRD Kota Batam terkait pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Ketenagakerjaan (Ranperda Naker) membuat Ketua Dewan Penasehat Apindo Kepri Abidin Hasibuan akhirnya buka suara. Abidin mengimbau polemik soal Ranperda Naker segera diakhiri karena jika terus berlarut-larut akan merugikan Batam sendiri.

2.      Komitmen DPRD Lemah

* Terkait Kandasnya Hak Interpelasi

          Kandasnya usulan hak interpelasi DPRD Kota Batam terhadap Walikota Batam Ahmad Dahlan membuat salah satu anggota dewan pengusul Ricky Solihin geram. Dia pun menganggap komitmen institusi DPRD Kota Batam rendah terutama dalam menyikapi sebuah persoalan yang menyangkut kebijakan pemerintah. Salah satu bukti, ujar legislator dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini adalah mundurnya sejumlah anggota dewan dari daftar anggota dewan pengusul hak interpelasi. Padahal, menurutnya, hak interpelasi penting karena terkait kebijakan Walikota Batam yang bertentangan dengan peraturan daerah (Perda) tentang Tempat Hiburan di Kota Batam.

3.      Rumah Limas Potong Diresmikan Sebagai Situs Budaya

          Walikota Batam Ahmad Dahlan meresmikan Rumas Limas Potong di Batubesar, Nongsa sebagai situs budaya Melayu, Kamis (10/11). Persemian rumah adat milik keluarga Haji Muhammad Sain di Kampung Teluk yang dibangun pada 1 November 1959  tersebut sebagai bentuk komitmen Pemko Batam untuk melestarikan budaya sekaligus mengembangkan potensi wisata di Kota Batam. Rumah Limas Potong merupakan rumah adat tempo dulu dengan rupa rumah panggung. Berdasarkan kesepakatan keluarga besar Haji Sain, maka Pemko Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam diijinkan untuk melakukan renovasi dan ubah suai tapi dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya.

4.      Fasilitas Taman Makam Pahlawan Segera Dibenahi

* Hari Pahlawan

          Wakil Walikota Batam Rudi SE berjanji akan memperbaiki fasilitas pendukung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Batuaji. Di antara fasilitas tersebut adalah, nama-nama di pada nisan, riwayat hidup keenam pahlawan di TMP, pemantapan drainase dan parkiran taman. Dari enam makam yang ada di tempat tersebut, hanya ada satu makam dengan  nisan yang masih jelas namanya. Yakni nisan  dengan nama Chalif Ansoni yang hidup pada tahun 1923-1995. Sedangkan lima makam lainnya, nama di nisan sudah lusuh dan susah dikenali. Di antaranya Comar,  Zamat, Azhar Usman, Marasat dan Sinambela.

5.      Ratusan Pelajar Turun Ke Jalan

* Kampanye Hidup Sehat Tanpa Rokok

          Ratusan Pelajar SMP dari berbagai sekolah mengelar aksi turun ke jalan dalam ranhka mengkampanyekan “Gerakan Hidup Sehat Tanpa Rokok” dengan membagi-bagikan stiker kepada pengendara di empat simpang di Batam. Keempat lokasi tersebut yakni Simpang Jam, Simpang BNI Seipanas, Simpang Kabil serta Simpang Frangki. Gerakan kampanye anti rokok ini merupakan intruksi dari Pemko Batam kepada masyarakat dengan melibatkan para pelajar untuk turun ke jalan. Para pelajar tampak riang gembira, mereka memakai kaos bertuliskan himbuan untuk hidup tanpa asap rokok, sambil membagikan stiker kepada pengendara yang lewat.

6.       Distribusi NIK E-KTP Molor

          Pendistribusian surat pemberitahuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke masyarakat Batam molor dari jadwal yang ditetapkan. Seharusnya, sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Pemko Batam,  surat pemberitahuan NIK  yang nantinya akan menjadi NIK Kartu Tanda Penduk Elektronik (E-KTP) tersebut sudah selesai paling lambat 29 Oktober 2011. Di Kecamatan Sekupang misalnya, hingga Kamis (10/11) kemarin, belum juga menerima surat hasil penyesuaian pemberitahuan NIK yang sebelumnya telah didistribusikan ke setiap kelurahan.

Comments are closed

Switch to our mobile site

Log in -