Kliping Pers, Senin 6 Desember 2010

Batam Pos

1.     Papan Nama Jalan Banyak Rusak

Papan nama jalan di kawasan Batam banyak yang rusak meski belum genap tiga tahun dipasang. Di beberapa titik jalan utama Kota Batam, bahkan banyak yang hilang. “Itu sudah lama rusak, mungkin karena berkarat dan kena tiupan angin. Padahal seingat saya bari sekitar pertengahan tahun 2007 dipasang,” ungkap Hendro seorang tukang ojek di Simpang Kabil, Minggu (5/12). Pantauan Batam Pos, puluhan papan nama jalan dari Batu Besar hingga kawasan Batam Centre  dan Nagoya rusak. Sebagian ada yang miring, sebagian lagi tinggal tiang penyangga saja.


2.     Syamsul: Sekarang Saya Bebas

*Tinggalkan Ekbang, Fasilitas Dikembalikan

Syamsul Bahrum remi meninggalkan jabatannya sebagai Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, terhitung Jumat (3/12) lalu. Pemberhentian Syamsul dari jabatan tersebut berdasarkan surat keoutusan Wali Kota Batam nomor KPTS.203/BKD-PKI/XI/2010 15 November 2010. “Sudah ditandatangani wali kota,” ujar Syamsul di Kantor Pemko Batam. Menurut Syamsul pasca dikeluarkannya SK Wali Kota Batam, seluruh fasilitas yang dia terima dan nikmati langsung dikembalikannya. “Sebagian sudah saya kembalikan sejak mencalonkan diri dalam Pilwako Batam, sisanya setelah SK Wali Kota keluar,” tukasnya.

3.     Citramas Cek Kesehatan 4.200 Balita

Hujan deras yang mengguyur Sabtu (4/12) pagi itu, tak menyurutkan langkah ribuan warga Nongsamenghadiri bhakti sosial Yayasan Citra Mas di Kabil Industrial Estate. Dengan sabar para ibu yang dijemput bus panitia dari berbagai kelurahan di Nongsa, menggendong anak mereka yang masih dibawah lima tahun (balita) dan antri cek kesehatan. “Sesuai data dari kecamatan Nongsa, ada 4.200 balita yang ikut pemeriksaan kesehatan ini,” kata Presiden PT Citra Tubindo Tbk Kris Wiluan. Hadir dalam kegiatan itu, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Koordinator Kesejahteraan Kegiatan Sosial (k3S) Sri Soedarsono, Kepala Dinas Kesehatan, Candra Rizal. “Saya kagum dengan manajemen pengelolaan CSR yang dilakukan perusahaan ini. Saya harap perusahaan lain mengikutinya dengan menyalurkan CSR kepada masyarakat sekitar perusahaan,” katanya.

4.     Hari Ini,Daftar Ulang CPNS

Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Batam 2010 yang lulus seleksi administrasi akan melakukan daftar ulang, Senin, Rabu dan Jumat (6, 8 dan 9 Desember 2010). BKD Batam, mengumumkan 7.470 berkas dinyatakan lulus administrasi, Jumat (3/12) lalu. Kepala BKD Batam, Firmansyah mengatakan, daftar ulang dilaksanakan di dean kantor wali kota Batam pada pukul 08.00-16.00 WIB dalam tiga hari tersebut. Perlamar harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan. “Persyaratan yang harus dibawa saat mendaftar ulang yaitu ijazah dan transkrip nilai serta KTP asli, selembar pas foto hitam putih 3X4 dan materai Rp6 ribu.

5.     Berharap Jadi Ikon Baru Batam

Ratusan burung dengan suara merdu meriahkan festival dan lomba burung pariwisata yang diselenggarakan di Accelence Park Batam Centre. ). Pada festival burung kali ini terdapat 16 kategori yang diperlombakan. Adapun kategori yang diperlombakan itu Muray Batu Accelence, Kenari Accelence, Lovebird Accelence, Muray Batu Pariwisata, Kenari Pariwisata, Lovebird Pariwisata, CC Polos Pariwisata, Kapas/Jenggot Tembak, Muray Batu PBI, Kacer PBI, Lovebird PBI, CC Kuning PBI, Pentet PBI, Muray Batu Ring. Dimulainya Festival Burung Muray Batu Pariwisata ini ditandai dengan dibukanya kain selubung pada sangkar burung. Lomba kicau burung ini dibuka Wali Kota Ahmad Dahlan. Dalam sambutannya, Wako mengajak seluruh pecinta burung di Batam melestarikan even yang diselenggarakan oleh pelestari burung Indonesia (PBI) yang bekerjasama dengan Pemko Batam melalui Tinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.


Tribun

1.     Festival Burung Pariwisata Kota Batam

*Bakal Jadi Event Wisata Nasional

Pelestari Burung Indonesia (PBI) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam menyelenggarakan Festival Burung Pariwisata dai Accelence Park, Batam Centre, Mingg (5/12). Terdapat 16 kategori yang dipertandingkan pada festival burung kali ini. Muray Batu Accelence, Kenari Accelence, Lovebird Accelence, Muray Batu Pariwisata, Kenari Pariwisata, Lovebird Pariwisata, CC Polos Pariwisata, Kapas/Jenggot Tembak, Muray Batu PBI, Kacer PBI, Lovebird PBI, CC Kuning PBI, Pentet PBI, Muray Batu Ring. “Mari kita bersama melestarikan event festival burung ini. Sehingga lomba burung berkicau ini bisa menjadi salah satu ikon event pariwisata bagi Kota Batam. Lomba-lomba seperti ini seharusnya terus dikembangkan. Pemko Batam akan terus mendukung terselenggaranya festival ini,” ujar Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut.

2.     Penambang Nekat Menyelam

Walau pemerintah sudah melarang segala bentuk penambangan pasir, namun beberapa orang masih nekat melakukan aktifitas tersebut. Mereka tetap menggali pasir di beberapa kawasan penambangan pasir di Nongsa. Penambangan pasir yang terlihat nekat ini tidak seperti biasanya. Penambangan dilakukan secara tradisional tanpa menggunakan alat berat atau mesin sedot. Bahkan mereka rela menjual langsung kepada pembeli. “Apa boleh buat lagi bang, anak dan istri butuh makan di rumah. Mau kerja apa lagi tidak tahu, susah cari kerja sekarang,” ujar marno sambil membersihkan ember dari lumpur setelah mengambil pasir dari dalam kolam di Kampung Panglong, Nongsa. Para penambang ini seakan tidak punya rasa takut saat menyelam ke dasar kolam. Padahal sebelum larangan keluar, mereka menggunakan beko dan mesin sedot.

3.     Penanaman Modal Meningkat

*Investasi Asing 86,1 Juta Dolar AS

Meski Free Trade Zone (FTZ) belum jalan sepenuhnya, namun investasi di Kota Batam terus meningkat. Angka investasi jelang akhir tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2009. “September 2009 jumlah proyek yang masuk tiga proyek dengan nilai investasi 1,4 juta dolar Amerika. Sementara September 2010 sudah 11 proyek dengan nilai investasi 25,6 juta dolar Amerika,” tutur Noviandra selaku kepala bidang Pelayanan BPM Kota Batam. Data ini menunjukkan kenaikan baik jumlah proyek maupun nilai investasinya. Dengan persentasi kenaikan jumlah proyek 72,7 persen dan nilai investasi naik 94,6 persen. Sejak Januari sampai September 2010, terdapat jumlah proyek penanaman modal asing (PMA) baru yang masuk melalui BPM yaitu 85 proyek dengan total nilai investasi 86.144.805 dolar Amerika Serikat (AS). Investasi yang masuk itu berasal daru berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Australia, Norwegia, Korea Selatan, Belanda, Myanmar, Cina, Mesir dan Inggris.

4.     Asmin Minta Tambah Dana Sosialisasi

*Dewan Bahas Ranperda Menara Telekomunikasi

Anggota Komisi II DPRD Batam, Asmin Patros meminta dana sosialisasi Ranperda retribusi Menara Telekomunikasi yang saat ini tengah dirancang oleh Pansus DPRD, perlu ditingkatkan. Semula Badan Kominfo mengestimasikan dana sosialisasi Perda itu Rp139 juta. Asmin menganggap dana itu kurang untuk keperluan pengawasan dan sosialisasi. “Jika Perda ini diketok, estimasi anggaran pengawasan harus ditambah. Saya nilai estimasi anggaran ini masih belum mencukupi. Anggaran sosialisasi terlalu kecil karena Perda yang akan diketok ini bukan dalam segi penataan saja namun tentang aspek legal retribusinya juga perlu disosialisasikan,” terang Asmin.

5.     Bisa Selesaikan Konflik di Masyarakat

*Wali Kota Batam Lantik Pengurus Forum Pembauran

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melantik pengurus Forum Pembauran Kebangsaan di Hotel Nagoya Plaza, Sabtu (4/12) malam.Terpilih sebagai Ketua FKB Kota Batam Rudi SE. Forum yang terdiri dari berbagai nacal kelompok dan suku ini dihiarapkan, bisa menjadi wadah pemersatu dan pemecahan permasalagan yang terjadi di tenga-tengah masyarakat. Batam yang sangat heterogen. Menurut Dahlan, untuk memajukan Batam, butuh sumber daya manusia dari berbagai elemen masyarakat, tak terkecuali anggota forum. “Apalagi kita (Batam) tak punya sumber daya alam. Tapi kita punya mas dari Jawa, Batubara dari Medan,” ungkap Dahlan memecah ketegangan.

6.     Harga Cabai Capai Rp35 Ribu

Mendekati akhir tahun, harga cabe di pasaran kembali melonjak empat hari belakangan ini. Setelah sempat berada di posisi Rp28 ribu per kilogram, kini cabe merah menembus Rp34 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram. Berdasarkan pantauan Tribun di beberapa pasar tradisional di kawasan Batam Centre, kenaikan harga tidak hanya pada cabe, tetapi juga cabe rawit, bawang merah dan beberapa jenis sayuran hijau. Cabe rawit naik tajam sekitar Rp8 ribuan dari Rp24 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram, sedangkan bawang merah naik sekitar Rp2 ribu menjadi Rp20 ribu per kilo.

7.     Wako Upayakan Kredit untuk Petani Setempat

*Warga Tiban Kampung Minta Bangun SMP

Kunjungan Wali Kota Ahmad Dahlan ke Tiban Kampung dimanfaatkan warga setempat untuk menyampaikan aspirasinya, Minggu (5/12). Warga meminta Wako membangunkan SMP di sana. Permintaan ini disampaikan oleh Herry, seorang warga. Menurutnya, saat ini di Tiban Kampung sudah ada SD dan SMA. Untuk melengkapi infrastruktur pendidikan di tempat mereka tinggal, maka Herry mengemukakan harapan warga Tiban Kampung agar dibangunkan sekolah SMP di sana. Menanggapi hal tersebut Wali Kota mengatakan akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. “Sepanjang ada lahan kita akan bangun,” katanya menjawab pertanyaan Hery.

Haluan Kepri

1.     Drainase Buruk Penyebab Banjir

*Warga Piayu Minta Perhatian Pemko

Drainase yang buruk kembali menjadi penyebab terjadinya banjir di Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk. Hujan deras yang turun pada Sabtu (4/12) lalu menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang. Atas kondisi ini, warga minta perhatian Pemko Batam agar mencari solusinya. Anhari, tokoh masyarakat Duriangkang menyayangkan perhaian pemerintah terhadap sarana dan prasarana drainase yang minim dibeberapa titik ruas jalan yang menjadi langganan banjir. Beberapa lokasi yang menjadi langganan banjir seperti dipintu 4 dan 5 kawasan industry Batamindo, Bukit Kemuning dan depan SPBU baru Bidadari, simpang ATB atau simpang Mangsang serta di jalan menuju kavling Mangsang. Hujan deras sseharian yang mengguyur wilayah Mukakuning dan Tanjungpiayu pada sabu lalu juga menyebabkan aktivitas kerja masyarakat dan anak-anak sekolah menjadi tersendat.

2.      Kecil Kemungkinan Pilwako Batam Dua Putaran

Pilwako Batam yang akan digelar 5 Januari mendatang, kecil kemungkinan berlangsung dua putaran seperti yang diprediksi banyak kalangan.  Indikasi ini terlihat dari pergerakan pasangan Dahlan-Rudi dilapangan dan hasil berbagai lembaga sirvei yang menempatkan Ahmad Dahlan diurutan teratas. Menurut Yos Pinosa Ketua Dewan Kehormatan Diskusi Anti 86, tingginya elektabilitas Ahmad dahlan tidak terlepas dari Jabatannya sebagai Walikota Batam. Kemungkinan pilwako sau putaran juga diungkapkan oleh dosen Unrika Batam, Ahars Sulaiman. Ahars memeprediksi Ahmad dahlan diperkirakan akan kembali menduduki jabatan Walikota untuk yang kedua kalinya. Karena selain memiliki tingkat elektibilitas yang tinggi, Ahmad Dahlan juga memiliki kesiapan financial dan jaringan. Sementara itu pengamat politik Kepri Zamzami A. Karim punya pandangan lain terhadap pilwako ini. Ia mengatakan, Pilwako Batam dua putaran bisa saja terjadi, jika masing-masing partai pengusung solid memenangkan jagoannya. Dari pergerakan masyarakat yang muncul ke public terlihat kalau pasangan calon sama-sama kuat. Kalaupun terjadi perbedaan angka, tidak terlalu signifikan, yaitu sekitar 1-2 persen.

3.     Perbaikan Engku Putri Tahun Depan

Dinas tata Kota (Distako) kota batam tetap memprioritaskan lanjutan perbaikan Dataran Engkuputri, Batam center pada tahun mendatang.. pasalnya perbaikan yang dilakukan pada tahun 2010 belum mencakup keseluruhan lapangan. Kepala Distako Kota Baam, Gintoyono mengatakan prioritas perbaikan adalah air mancur, rumah hotspot,taman, dan jalan sekeliling Fataran Engkuputri. Denagn perbaikan seperti itu, Dataran Engkujputri akan menjadi semakin menarik. Penggunaan dataran Engkuputriuntuk berbagai kegiatan tidak dipungut biaya, seperti kegiatan kepariwisataan, show, hiburan group band dan sebagainya.

4.     Bridge Batam Sapu bersih Medali

Kontingen Batam berhasil menyapu bersih mendali emas cabang bridge Pekan Olahraga Provinsi Kepri II 2010, setelah menjuarai ketiga nomor dipertandingkan. Penyerahan medali tersebut dilakukan oleh Ketua KONI Kepri Nursyafriadi didampingi Ketua Umum Panitia besar Porprov Iskandar Alamsyah minggu sore (5/12). Tiga nomor dipertandingan dan berhasil disapu bersih kontingen tuan rumah yakni beregu putra, beregu putrid dan beregu campuran. Medali emas disumbangnkan masing-masing oleh Yesmet Yulian dan Frengky liogu, Agus M dan Rusliden H, Hidayatullah dengan Ishak J dengan total perolehan nilai 103. Untuk beregu Putri dijuarai oleh Norladi pasaribu dengan Erliana A, Marisse FH dengan Sisanti, dan Dian P denganAmelia denagn total nilai 64.

5.     Panjat Tebing Batam Sumbang Dua Emas Pertama

Atlet Batam dari cabang panjat tebing berhasil menyumbangkan dua medali emas pertama dari kategori kecepayan perorangan putra dan putrid Porprov Kepri II 2010, minggu siang (5/12) di dataran Engku Putri Batam Center Medali emas kecepatan perorangan putra direbut Budi Rasuanto, perak diraih Febri Moritas yang juga dari Batam. Sementara kategori kecepatan perorangan putrid, medali emas diraih oleh Dian desima. Kontingen batam untuk cabang ini menurunkan 12 orangatlet terdiri dari 6 putra dan 6 putri.

Leave a Reply

Switch to our mobile site

Log in -