Melalui Hardiknas Bangkitkan Generasi Emas Indonesia

BATAM – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kota Batam dilaksanakan  dengan Upacara Bedera dan pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)dan Festival Lomba Seni Siswa Kota Batam 2012 di Dataran Engku Putri, Batam Cente, Rabu (2/5)

Walikota Batam Ahmad Dahlan sebagai pembina upacara  membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012 adalah Bangkitnya Generasi Emas Indonesia. “Tema tersebut sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional, yaitu Ki Hajar Dewantoro, yang pada hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional,” ungkapnya. Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistematis, yang memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal secara masif. Untuk itu, mulai tahun 2011 telah dilakukan gerakan pendidikan anak usia dini, penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar, penyiapan pendidikan menengah universal (PMU) yang insya Allah akan dimulai tahun 2013.

Usai Upacara Hardiknas, Walikota Batam menyampaikan kebijakan Pemko Batam di Bidang Pendidikan. Menurut Ahmad Dahlan, Pemko Batam sejak tahun 2007 telah menetapkan anggaran pendidikan diatas 20 persen sesuai dengan amant Undang-Undang. Disamping itu berbagai program telah dilaksanakan Pemko untuk meningkatkan Kualitas dan jangkauan pendidikan terutama bagi anak-anak di Hinterland. Diantaranya Beasiswa, bus sekolah, dan asrama bagi anak anak hinterland.

Walikota berharap, pendidikan bagi anak-anak bukan hanya menjad tanggung jawab pemerintah, sekolah dan guru semata. Orang tua juga harus proaktif memantau perkembagan dan pelajaran anak. “saya menghimbau kepada orangtua dirumah untuk mengawasi anak-anaknya, sesibuk apapun sempatkan untuk menanyakan perkembagan pelajaran anak” harap Dahlan.

Bersempena dengan peringatan tersebut Dinas Pendidikan Kota Batam mengadakan lomba siswa, guru dan kepala sekolah berprestasi se Kota Batam. Prameswari Jovita Astuti sebagai pemenang siswa SD berprestasi dari SD Kartini Batu Ampar, Eka Susanti dari SMPN 6 Batam dan Rima Fidayani Rizki dari SMAN 1 Batam. Sedangkan guru berprestasi dimenangkan Erni Rustanti dari SD Kartini II Batu Ampar, Siti Rahmi, S.Pd dari SMP 21 dan Ilson Putra, S.Pd dari SMKN 1 Batam. Ninik Hariyanti, S.Pd dari TK Aisyah Bustanul Athfal, Sri Ningsih, S.Pd dari SDN 003 Batu Aji dan Dra. Dwi Sulistyani dari SMAN 8 Batam sebagai pemenang kepala sekolah berprestasi.

Dalam kesempatan tersebut,  PT Jamsostek menyerahkan beasiswa kepada 627 siswa sebesar 1.224 juta rupiah. Dengan rincian siswa SD dan SMP mendapatkan beasiswa sebesar 1,8 juta sedangkan SLTP dan SLTA sebesar 2,4 juta.  (humascrew_nn)_

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -