Batam Merupakan Etalase Indonesia

Batam, Kota Batam dirancang sebagai kawasan industri, perdagangan, perkapalan dan jasa pariwisata demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri saat menerima kunjungan Spazio Model’s Inc Jakarta, Senin (16/4) di ruang presentasi Lantai 5 Kantor Walikota Batam. Selama ini belum ada daerah yang berhasil menyandingkan antara industri dan pariwisata, seperti kota Cilegon dimana maju industrinya namun tak senada dengan pariwisatanya. Berbeda dengan Bali dimana pariwisatanya berkembang namun tidak demikian dengan pariwisatanya. Kota Batam berusaha memajukan keduanya.

Kunjungan wisatawan ke Kota Batam menurut Yusfa 1,2 juta orang setahun sedangkan untuk kunjungan domestik sebanyak 5 juta setahun. Dalam hal infrastruktur Kota Batam sudah sangat lengkap untuk kunjungan pariwisata yaitu 54 hotel berbintang dan 76 hotel non berbintang yang terdiri dari lebih 7000 kamar, 2000 ruang meeting, 15 mall dengan 500 outlet shop. Dengan semua fasilitas tersebut Kota Batam menawarkan wisata kuliner, shopping shop, wisata sejarah, agro wisata, mice tourism, wisata olah raga, wisata religi, dan mice tourism.

Jembatan Barelang sebagai ikon Kota Batam menawarkan pemandangan enam pulau yang dihubungkan dengan 6 buah jembatan. Kebun buah naga ditawarkan sebagai agrowisata bagi para pelancong. Daya tarik Pulau Abang memberikan nilai sendiri bagi para penyelam untuk diving, karena disana terdapat karang biru yang sangat langka keberadaannya di Indonesia. Yusfa memberikan apresiasi kepada seluruh rombongan Spazio Model’s Inc Jakarta, karena telah berkunjung ke Batam. “Terimakasih telah menyelenggarakan event di Batam dan semoga jadi daya tarik di Batam untuk tingkatkan kunjungan wisata di Batam,” harap Yusfa.

Kunjungan Spazio Model’s Inc menurut Mr Tan Song Pan selaku Direktur Spazio, mencari talenta-talenta dalam dunia entertainment khusus Kota Batam. Dalam tajuk “Incredible Model Hunt Batam 2012″ Mr Tan berharap para kawula muda Batam dapat menyalurkan bakatnya baik di dunia modeling, nyanyi maupun acting. Spazio mempunyai misi untuk mempromosikan Indonesia ke dunia Internasional, dengan melakukan road show ke seluruh Indonesia dan Batam dipilih untuk cabang Spazio  untuk pertama kalinya. Kota Batam dinilai Spazio mempunyai letak yang sangat strategis, karena dekat dengan Singapur dan Malaysia. Dan Kota Batam merupakan etalase Indonesia karena ragam budaya ada di Batam.

Selain itu, Spazio ingin menembus bahan-bahan tradisional seperti batik dan songket kepada kawula muda. Agar bahan tradisional itu lebih familiar di kalangan kawula muda. Motif Batik Batam menurut Mr Tan ringan dapat digunakan dalam berbagai suasana baik casual, formal maupun resmi. Yusfa menambahkan, Batam sebagai pusat promosi Batik Asean di Batam jadi tidak salah jika Mr Tan memilih Batik Batam. Hal tersebut dapat membuka promosi dunia modeling di Batam. Dinas Parbud Kota Batam berencana akan mengadakan Batam fashion week dimana akan menghadirkan 50 % designer dari luar negeri dan 50 % designer lokal. Dan pagelaran akan diadakan di laut, bukan lagi di kereta api atau di jalan tapi di pelantar. “Semoga rencana tersebut dapat benar-benar dilaksanakan,” tutup Yusfa. Sehingga nantinya Indonesia memiliki kesan yang lebih baik lagi di mata Internasional.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -