Arsada Silaturamhi Dengan Walikota

BATAM – Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (Arsada) bersilaturahmi dengan Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Kamis (8/3) di lantai V kantor Walikota Batam. Sekitar 400 dokter se-Indonesia akan menggelar Rapat Kerja Nasional di Batam pada 27-29 Juni 2012.

Dewan Penasihat Arsada, Umar Wahid mengatakan Arsada  dibentuk sejak tahun 2000 lalu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. “Selain itu, juga sebagai antisipasi Otonomi Daerah dimana Rumah Sakit Daerah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sehingga banyak kendala yang dihadapi,” katanya.

Arsada ini, paparnya juga bertugas untuk melakukan advokasi dan fasilitasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah serta legislatif dalam mendukung kondusifitas di Rumah Sakit. “Rumah Sakit daerah merupakan lembaga teknis daerah yang koordinasinya dibawah Dinas Kesehatan. Disamping itu, Rumah Sakit daerah juga merupakan lembaga entrepreneur (usaha) tapi masih melekat fungsi sosial,” imbuh Umar.

Adik mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini mengungkapkan keberadaan Arsada ini sangat strategis dalam pengembangan kebijakan kesehatan di Indonesia. Arsada, papar Umar juga turut dilibatkan dalam pembahasan Undang-undang dan peraturan Pemerintah tentang kesehatan.

Batam, sebutnya merupakan kota yang sukses menjadikan Rumah Sakit Daerah sebagai BLU. Belum banyak kepala daerah di Indonesia yang berani mengambil kebijakan ini. “Inilah sebabnya Batam dijadikan kota percontohan dalam pengelolaan BLU Rumah Sakit Daerah di Indonesia,” jelas Umar.

Kedatangan pengusrus Arsada menemui Walikota, sebut Umar untuk meminta izin dan saran menggelar Rakernas yang rencananya digelar di Hotel Harmini One. Direncanakan, kegiatan yang digelar tiga hari ini akan dihadiri Menteri negara BUMN, Dahlan Iskan, Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti , Anggota Komisi IX DPR, Rieke Diah Pitaloka dan Direktur Utama PT Askes, I Gede Subawa. Kegiatan ini juga disponsori 30 perusahaan kedoktertan yang akan ikut ambil bagian dalam Rakernas tersebut.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan menyambut baik kedatangan dan rencana Arsada menggelar Rakernas di Batam. Menurutnya, Batam memang menjadi salah satu kota Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) yang banyak diminati. “Batam memiliki hotel yang sudah berstandar nasional dan internasional untuk menggelar pertemuan,” katanya.

Terkait daerah percontohan dalam pengembangan BLU RSUD, Dahlan mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya, hal ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dan kerja keras jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

RSUD Embung Fatimah Batam diresmikan Mei 2011 lalu dilengkapi berbagai fasilitas, sarana dan prasarana lengkap serta terstandar. RSUD ini juga memiliki dokter spesialis yang siap melayani masyarakat.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -