Konsulat Singapura Resmi Beroperasi di Batam

BATAM- Sebagai perwujudan dari komitmen untuk membina hubungan bilateral yang lebih baik antara Singapura dan Indonesia, khususnya diwilayah Kota Batam dan Kepri, Pemerintah Singapura melalui Kementrian Luar Negeri meresmikan Gedung Konsulat Republik Singapura di Batam, Jumat (6/8).  Gedung Konsulat ini berlokasi di lantai 8 Gedung Sumatera Promotion Center, Batam Centre.
Disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Singapura, George Yeo, keberadaan Konsulat Singapura di Batam merupakan cerminan dari hubungan dekat Singapura dan Kepri. Ikatan kuat kerjasama perekonomian antara dua negara ini resminya dimulai sejak tahun 2006. Ketika kedua negara menandatangani kerjasama Special Economic zone (SEZ) Batam, Bintan dan Karimun. Untuk mendukung hal inilah maka pemerintah Singapura memutuskan untuk membuka Konsulat di Batam. Kantor Konsulat ini juga bekerjasama dengan Kedutaan Besar Singapura di Jakarta dan Konsulat di Pekanbaru.

Pada awalnya, gedung konsulat Singapura yang sebelumnya telah beroperasi sejak Maret 2009 lalu, bertempat di lantai dua gedung Sumatera Promotion Centre. Seluruh pihak berharap dengan diresmikannya Gedung baru ini, seluruh staf yang bertugas dapat memberikan bantuan konsular yang lebih efektif dan cepat bagi warga Negara Singapura. Layanan konsuler yang diberikan antara lain adalah konsultasi untuk warga Negara Singapura yang akan mengunjungi, tinggal atau bekerja di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.
Diharapkan pula dengan keberadaan gedung konsulat ini dapat mendorong lebih banyak lagi kunjungan warga Singapura ke wilayah Batam dan Kepri, dengan segala kemudahan. Konsulat juga akan mempromosikan dan memfasilitasi interaksi lebih intensif dan realisasi kerjasama antara Singapura dan Kepulauan Riau.

Hadir dalam peresmian gedung Konsulat Singapura  yang berlangsung sederhana ini yaitu Konsulat Singapura untuk Kepri, Raj Kumar, Sekda Provinsi Kepri, Arifin MM, Wakil Gubernur Terpilih Kepri, Soerya Respationo, Wakil Wali Kota Batam, Ir. Ria Saptarika, Kapolresta Barelang, Kombes Eka Yudha Satriawan, Ketua Apindo Batam, Ir Cahya, serta beberapa tamu undangan dari kalangan terbatas.(crew_humas/bb)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -