Perempuan Harus Berani Tampil di Depan Publik

Batam, Untuk meningkatkan kemampuan perempuan dalam berkomunikasi di depan publik, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam mengadakan Diklat Pemberdayaan Perempuan dan Bintek Manajemen Komunikasi Bagi Isteri Pejabat Publik Daerah dan Pimpinan Organisasi Perempuan, Kamis (1/3) bertempat di Crown Ballroom Vista Hotel.  Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- XL tingkat Kota Batam ini merupakan kerja sama TP PKK Kota Batam dengan Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kota Batam dan Konsorsium LMPI-INVEST Jakarta.

Sebelumnya TP PKK Kota Batam telah mengadakan beberapa kegiatan, yakni lomba Halaman  Asri  Tertib Indah Nyaman (HATINYA) PKK, Lomba Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di dua belas Kecamatan se Kota Batam pada tanggal 2-3 Februari 2012. Sementara pada 6 Maret 2012 akan digelar Lomba Busana Melayu Tradisional terdiri dari Busana Melayu Resmi untuk Dewasa dan Busana Melayu Harian untuk anak-anak 5 – 8 tahun bertempat di Kepri Mall Batam. TP PKK Kota Batam juga akan menggelar Jambore PKK yang direncanakan dilaksanakan pada minggu pertama April 2012, bertempat di Alun-alun Batam Centre. Sedangkan Puncak Peringatan HKG PKK ke-XL sekaligus Lomba Nasi Besar dengan pesertanya masing-masing satu orang  dari 12 Kecamatan se Kota Batam, akan digelar pada tanggal 20 Maret 2012 bertempat di Politeknik Batam, demikian disampaikan Ketua Panitia, Ny. Erdawati Firmansyah.

Adapun peserta  Diklat terdiri dari seluruh pengurus TP PKK Kota Batam, Ketua TP PKK Kecamatan  se Kota Batam ditambah 1 orang anggota, Ketua TP PKK Kelurahan se Kota Batam, Ketua-Ketua  Organisasi Perempuan FKPD seperti Piswan, Pikori Batam, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Jalasenastri, Adhyaksa Dharmakarini, Dharma Yukti KariniI , Organisasi-Organisasi Perempuan Kota Batam, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kota Batam dan Public Relation Hotel-Hotel di Batam, ucap Ny. Erdawati Firmansyah.     Nara sumber seluruhnya berasal dari Jakarta, masing-masingnya Dr. Leila Mona Ganiem, seorang Konsultan Komunikasi dan staf pengajar kepribadian John Robert Power yang membawakan materi Public Speaking dan Etika Penampilan di depan publik, Maya Ayu Permata Sari yang merupakan putri Pariwisata dan artis ibukota membawakan materi tentang Manajemen Acara dan Kiat Sukses Menjadi MC, Drs.Manimbang Kahariady, Dewan Direktur INVEST Jakarta menyampaikan materi Etika Protokoler dan Pengembangan Disiplin Diri serta Dr. Maradi, Pejabat Protokol Istana Kepresidenan yang mengulas tentang Manajemen Protokol dan Pengaturan Acara Resmi Pemerintah.

Ny. Mariana Ahmad Dahlan selaku Ketua TP PKK Kota Batam dalam sambutannya mengatakan diklat yang digelar tersebut dalam rangka menciptakan SDM perempuan yang berkualitas, dimana pada era reformasi, peran perempuan menjadi semakin strategis karena selain sebagai ibu bagi anak-anaknya dan pendamping bagi suami, seorang perempuan juga harus mendukung suami selaku pelaku pembangunan dalam hubungan kerja dan hubungan sosialnya.  Melalui Diklat dan Bintek dirinya berharap agar para Istri nantinya mampu menjawab tantangan masa depan yang dinamis dan tidak dapat diprediksi, guna mewujudkan ” Kota Batam sebagai Bandar Dunia Madani dan Modern. ”  Untuk menuju kesana perlu sentuhan perempuan baik sebagai istri maupun berperan langsung di lini depan dalam pembangunan Kota Batam,” ujar Ny. Mariana.  Selain itu, menurut Ny. Mariana, para isteri juga masih memerlukan pengetahuan lain, misalnya bagaimana cara berpenampilan yang baik dan menambah kepercayaan diri agar tidak canggung tampil dimuka publik ketika mendampingi suami sebagai pejabat publik.

Sementara Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam arahannya mengatakan sesuai  Visi Kota Batam Terwujudnya Kota Batam Sebagai Bandar Dunia Madani yang Modern, maka perempuan di Kota Batam dituntut untuk modern. Lebih lanjut Dahlan menjelaskan Modern yang dimaksudkannya adalah memiliki cara berfikir yang futuristik atau mempunyai pola fikir kedepan, positif, efektif dan rasional.   Oleh karenanya dirinya menyambut baik Diklat dan Bintek yang diselenggarakan, karena ilmu Public Relation dan Keprotokoleran sangat penting bagi isteri pejabat dalam mendampingi suami.  PR yang baik akan membuat performance atau pencitraan sebuah lembaga, institusi dan diri sendiri menjadi baik dimasyarakat. “Kunci dari semua itu adalah bagaimana berkomunikasi yang baik”, kata Dahlan.  Komunikasi yang baik dengan masyarakat membuat pencitraan yang baik sebuah lembaga khususnya Pemeritah Kota Batam, tutup Dahlan. (*humas_crew nn/rs)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -