Bangun Karakter Bangsa untuk Mengatasi Masalah Sosial

BATAM-Peringatan Hari Pahlawan selain untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang, juga untuk menubuhkembangkan Nilai Kepahlawanan sebagai modal sosial untuk diimplementasikan dan didayagunakan dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah sosial lainya. Demikian amanat Mentri Sosial yang dibacakan oleh Wakil Walikota Batam, Rudi, SE, MM ketika bertindak sebagai Pembina upacara  dalam rangka memperingati hari Pahlawan ke-66 tingkat Kota Batam. Kamis (10/11) bertempat di Alun-alun Engku Putri Batam Centre, upacara tersebut sekaligus menjadi momentum Launching Sosialisasi Gerakan Generasi Sehat Tanpa Rokok.

Senada dengan amanat mentri sosial, Rudi usai memimpin upacara menjelaskan bahwa kita harus mengajak generasi muda untuk menteladani jiwa dan semangat kepahlawanan dan nasionalisme. “sehingga upacara ini tidak hanya seremonial belaka. Tapi juga bisa menjadi inspirasi dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan,” jelasnya.

Utamanya pada saat ini, dimana tantangan dan permasalahan bangsa yang dihadapi tidak ringan. Sehingga ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk mengatasinya, seperti masalah kemiskinan, pengangguran, pendidikan dan kesehatan. “Salah satunya adalah melalui Launching Sosialisasi Gerakan Generasi Sehat Tanpa Rokok yang baru saja kita laksanakan, yaitu untuk melindungi generasi penerus dari pengaruh buruk rokok,” jelasnya.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2011 ini, tema yang diusung “Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Bangun Karakter Bangsa”. Kiranya peringatan hari pahlawan ini dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan perilaku para Pahlawan Kusuma Bangsa seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih, dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi yang pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa berdasar Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan RI.

Upacara juga diikuti oleh ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi dan Unsur Muspida Kota Batam, pejabat eselon II, eselon III, pegawai dan staff di lingkungan Pemko Batam serta pelajar dan instansi vertical di Kota Batam. Usai mengikuti upacara bendera memperingati Hari Pahlawan, Wakil Wali Kota, bersama Unsur Muspida melaksanakan upacara ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bulan Gebang, Batuaji.

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -