Waspadai Sisi Negatif Jejaring Sosial Kominfo Berikan Pemahaman pada Pegawai

BATAM - Dalam rangka mendukung Batam Digital Island, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika menghadiri pembukaan sosialisasi dampak jejaring sosial, Rabu (21/7) di Golden View Hotel. Dalam sambutannya,Ria berharap dengan terlaksananya acara tersebut dapat memberikan pengetahuan dan peningkatan pemahaman  kepada masyarakat untuk mengantisipasi munculnya fenomena global jejaring sosial yang semakin mempengaruhi tatanan hidup dan cara penilaian masyarakat terhadap suatu masalah.

Ria menjelaskan perkembangan jejaring sosial berbasis internet menimbulkan dampak positif dan negatif. Pada sisi positifnya, banyak orang mengakui bahwa jejaring sosial memungkinkan mereka untuk menyambung silaturahmi dan berkomunikasi secara efisien. Sedangkan sisi negatifnya, penggunaan situs jejaring sosial atau akrab di sebut Facebook digunakan sebagai ajang prostitusi dikalangan remaja.
“Keadaan ini sungguh sangat ironis dengan tujuan utama situs jejaring sosial itu dibuat, yakni untuk memperluas hubungan sosial,”jelas Ria.

Dampak terburuk dalam dunia pendidikan yang dihasilkan dari situs jejaring sosial adalah mulai menurunnya motivasi dan prestasi belajar siswa. “Padahal motivasi adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh siswa demi mencapai prestasi belajar yang diinginkan”, tambah Ria.  Tak lupa Ria berpesan kepada para peserta sosialisasi jangan sampai salah pemanfaatan karena terlalu kranjingan dengan Facebook sehingga meninggalkan pekerjaanya.

Diakhir sambutannya Ria menghimbau kepada para peserta untuk membuat password pada jejaring sosial, sehingga data yang dibuat tidak dimanfaatkan untuk kepentingan lain. Selain kerahasiaan data, para pengguna jejaring sosial juga harus hati-hati dalam memberikan statement. Karena para pengguna jejaring sosial memiliki konsekuensi hukum. “Contoh, pada kasus Prita, gara-gara statementnya di dunia maya dia hampir terkena hukuman pidana”, tutup Ria.

Sementara itu, Ketua panitia Asnan mengatakan tujuan dari kegiatan ini bagi pengguna jejaring sosial agar dapat meningkatkan hubungan masyarakat pemakai dan menghindari penyalahgunaan jejaring sosial. Sosialisasi diikuti kurang lebih 200 orang yang terdiri dari aparat Pemerintah Kota Batam dan guru. Asnan menambahkan kegiatan tersebut dilakukan selama 2 hari 21-22 Juli 2010 bertempat di Golden View Hotel. Pemberi materi sosialisasi dari Direktorat Aptel Kementrian Kominfo RI Jakarta Andi Zaki dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Batam Drs. Zarefriadi,M.Pd. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Kominfo Kota Batam Raja Muchsin, Kepala Bagian Humas Pemko Batam Drs. Yusfa Hendri, M.Si, perwakilan dari Kementrian Kominfo RI sekaligus sebagai nara sumber Andi Zaki, dan para peserta perwakilan dari SKPD Kota Batam.(crew_humas/nn)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -