Masjid Sebagai Penyejuk Ditengah Gemuruh Pembangunan Batam

BATAM -  Walikota Batam Ahmad Dahlan berkesempatan menghadiri sholat taraweh, Kamis (18/8) di Masjid Al Anshor Perumahan Happy Garden, Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja. Sukron selaku takmir masjid dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada rombongan Walikota yang telah berkenan hadir ke masjid mereka yang belum sempurna. Atap masjid masih terlihat tulang-tulangnya sehingga jika hujan kadang air hujan masuk ke dalam.

Sukron berharap rombongan Wako dapat hadir kembali. Menurut Sukron Masjid Al Anshor berdiri tahun 2006 dengan dana awal dari Amir salah satu warga Happy Garden. “Selanjutnya dana berasal dari swadaya masyarakat, kurang lebih 17 juta lagi untuk menyempurnakan masjid kami,” ungkap Sukron.

Mengenai keberadaan TPQ, perumahan Happy Garden belum memilikinya sehingga para siswa memanfaatkan serambi masjid untuk melakukan aktifitas belajar mengajar Al Quran. Rencananya para takmir masjid akan membangun TPQ di sebelah masjid yang masih berupa lahan kosong. “Nnamun karena terkendala dana, sampai saat ini TPQ tersebut belum terlaksana, padalah siswa dan guru TPQ telah ada. Bahkan guru TPQ telah mendapat insentif dari Pemerintah Kota Batam,” jelas Sukron

Sementara itu, Dahlan memberikan apresiasi yang tinggi kepada warga Happy Garden yang telah membangun sebuah masjid ditengah-tengah pemukiman yang heterogen. Menurut Dahlan hampir langka ada masjid ditengah-tengah kota yang masih peduli akan kebutuhan ibadah kepada Allah. “Semoga jadi amal jariah untuk kita semua. Saya ucapkan terimakasih kepada jamaah Al Anshor yang telah memenuhi kebutuhan akan tempat ibadah. Karena tidak mungkin pemerintah tangani sendiri kebutuhan akan beribadah kepada Allah,” jelas Dahlan.

Masjid tersebut diibaratkan Dahlan sebagai penyejuk ditengah gemuruh pembangunan di Batam. Karena masjid Al Anshor telah membenahi masalah-masalah rohani jamaahnya. Warga tidak hidup dari kesibukan duniawi saja, tetapi kebutuha spritual juga sangat penting.

Merespon tentang keberadaan TPQ, Dahlan meminta pengurus masjid untuk membentuk suatu yayasan berakta notaris yang membawahi masjid dan TPQ. Sehingga nantinya dapat mengajukan bantuan kepada Pemko Batam. “Setiap safari Ramadhan saya menghimbau kepada seluruh masjid di Batam agar mendirikan TPQ. Karena pendidikan agama yang di peroleh anak-anak di sekolah masih sangat kurang hanya 90 menit seminggu,” ungkap Dahlan.

Sebelumnya, Wako Batam Ahmad Dahlan menghadiri buka bersama di kediaman Wakil Walikota Batam Rudi, SE. Dalam kesempatan tersebut Dahlan selaku shohibul hajat berharap semoga acara tersebut dapat terus merajut silaturohmi antara pemerintah dan masyarakat. Kehidupan menurut Dahlan terasa nikmat jika menjadikan Batam sebagai kampung halaman sendiri. “Atas nama tuan rumah saya ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu sekalian. Undangan ini sebagai sarana lebih mengenal beliau serta lebih mempererat tali silaturohmi dengan baik. Jadikan Batam senantiasa mendapat ampunan dari Allah SWT. Dan mohon maaf jika ada kekurangan disana-sini,” pungkas Dahlan.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -