Perangi Narkoba, Pemko Gelar Pemilihan Duta Wisata Anti Narkoba

BATAM- Wakil Walikota Batam Ria Saptarika selaku Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Batam membuka lomba Karya Tulis Ilmiah dan Pemilihan Duta Siswa Anti Narkoba Tingkat Kota Batam 2010, Sabtu (6/11) di BCS Mall. Dalam sambutannya Ria mengatakan bahwa ajang tersebut merupakan langkah Pemerintah Kota Batam dalam rangka memerangi narkoba di kalangan generasi muda. “Melalui pendidikan sebaya, para generasi muda lebih memahami karena merasa senasib sepenanggungan,” jelas Ria.

Kharizi Kusuma, Kabid Penanggulangan Masalah Aktual Badan Kesbangpolinmas Kota Batam selaku panitia kegiatan mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diprakarsai oleh Badan Kesbangpol Linmas Kota Batam. Para peserta duta siswa anti narkoba ini  sebelumnya telah mengikuti serangkaian tes tertulis berupa pengetahuan umum. Dan melalui tes tertulis tersebut diperoleh 16 finalis, dimana ke-16 finalis tersebut akan mengikuti interview dan general performance penampilan panggung. Nantinya di dapat 6 orang duta siswa anti narkoba, dengan rincian 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Para duta tersebut nantinya akan ditunggu sumbangsihnya melalui kampanye sekolah tentang bahaya narkoba.

Selanjutnya, lomba karya tulis anti narkoba menurut Kharizi telah melalui dua tahap penilaian. Pertama, para peserta menyerahkan hasil karyanya, dimana saat itu diperoleh sebanyak 29 karya tulis. Dari seleksi yang dilakukan terpilih 10 karya tulis yang memenuhi kriteria. Ke-10 peserta yang terpilih kemudian diseleksi kembali melalui tema, judul, penulisan dan materi presentasi hingga akhirnya diperoleh tiga pemenang.

Istri Wakil Walikota Batam, Ny. Suparti Ria Saptarika yang berkesempatan menghadiri penutupan lomba kegiatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut luar biasa. Ia juga sangat mendukung kegiatan tersebut. Selain karena sebagai istri Ketua BNK dirinya juga merasa sebagai seorang ibu yang memiliki anak dan prihatin terhadap nasib generasi muda mendatang. Karena saat ini pergaulan anak-anak sangat luas, namun Ny. Suparti yakin dengan adanya pembinaan dan perhatian dari orang tua dan guru, bahaya narkoba dapat dihindari.

Salah satunya menurut Ny. Suparti adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan positif di sekolah maupun diluar sekolah. Nantinya bakat para siswa akan dapat tergali sehingga dapat dibuktikan bahwa tanpa narkoba generasi muda Kota Batam dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan.  Diantaranya melalui kegiatan lomba karya tulis dan pemilihan duta siswa anti narkoba ini. Kegiatan ini merupakan motivasi awal bagi siswa untuk belajar tanpa narkoba, ucapnya.

Anggota DPRD Kota Batam, Zainal Abidin yang juga hadir pada acara penutupan tersebut, saat diminta pendapatnya terhadap kegiatan ini menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa diadakan juga di tingkat provinsi. “Jangan sampai para pelajar diracuni dengan narkoba,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Suparti menyerahkan thropi dan uang pembinaan kepada para pemenang putri Duta Siswa Anti Narkoba yang masing-masing diraih oleh juara ketiga, Rara dari SMAN 4 Batam dengan skor 81.83, juara kedua  Rafa Zafira dari SMA Kartini dengan skor 83,33 dan juara pertama diraih oleh Gabriela siswa SMAN 1 Batam, dengan nilai 83,50.
Sementara Zainal Abidin, menyerahkan thropi dan uang pembinaan  kepada pa

ra pemenang Duta Siswa Anti Narkoba putra, yang masing-masing diraih oleh juara tiga Hery Samudra, dari SMU Immanuel  dengan skor 79,88, selanjutnya  juara dua, Adrian dari SMAN 1 Batam, dengan skor 80,38, dan juara satu dimenangkan oleh Prabowo dari SMA Kartini dengan nilai 82,17.

Selain mendapatkan thropy dan uang pembinaan, kepada pemenang pertama putra dan putri Duta Siswa Anti Narkoba juga mendapatkan selempang Duta Siswa Anti Narkoba yang disematkan oleh Ny. Suparti Ria Saptarika kepada pemenang putri dan Zainal Abidin kepada pemenang putra.

Adapun lomba Karya Tulis Anti Narkoba masing-masing diraih oleh pemenang ketiga, Sarah, siswa SMAN 4,  dengan skor 7465, judul tulisan  Narkoba Menghalangi Masa Depan. Pemenang kedua, dengan skor 7545 diraih oleh Feretina Elizabeth, siswa SMK Kartini, dengan judul tulisan Bahaya Narkoba bagi Remaja dan Upaya Menanggulangi Konsumsi Narkoba.

Pemenang pertama diraih oleh siswa SMAN 1 Batam, Jimmy, skor 7563 mengan dengan mengangkat judul tulisan Penyebab Runtuhnya Kesejahteraan Keluarga. Kepada para pemenang masing-masing mendapatkan tropi, uang pembinaan dan sertifikat yang diserahkan oleh Zainal Abidin.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan Lembaga Perlindungan Anak, Setiyasih Priherlina SE, perwakilan Badan Narkoba Provinsi Kepri, Sandra Rizal, perwakilan Polresta Barelang, Purwanti, dari Siluet Model Agency,Selvi serta para perwakilan pelajar dari seluruh SMA/K se-Kota Batam.(crew_humas/nn)

1 Response for “Perangi Narkoba, Pemko Gelar Pemilihan Duta Wisata Anti Narkoba”

  1. taufik hidayat says:

    pak…. di sertakan dengan foto-foto nya juga dong…jadi kayak arsip gtu…

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -