2011, Pemko Tata Objek Wisata Jembatan I Barelang

BATAM – Pada tahun ini, Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam akan membangun publik area dan menata objek wisata Jembatan Raja Haji Fisabilillah atau yang lebih dikenal dengan objek wisata jembatan I Barelang. Rencana pembangunan publik area ini disampaikan pada saat presentasi Detail Engineering Design (DED) yang disaksikan langsung oleh Walikota Batam, jajara SKPD dan wartawan diruang presentasi Lantai V Kantor Walikota Batam.

Dalam presentasi yang disampaikan CV Almatra Buana selaku konsultan penataan Jembatan I, bahwa nantinya di Jembatan I akan dibagun beberapa fasilitas publik untuk mendukung objek wisata jembatan I Barelang. Beberapa fasilitas yang akan dibangun tersebut adalah area parkir seluas 4,735 m2 yang dapat menampung 148 kendaraan roda empat, 190 unit motor dan 20 unit Bus. Fasilitas umum lainnya yang akan di bangun di objek wisata jembatan I  adalah konser area (plaza) yang dilengkapi spot area untuk foto bagi wisatawan dengan latar belakang jembatan I yang menjadi ikon Kota Batam. Tidak hanya itu, di lokasi tersebut juga akan di bangun galeri yang akan menampilkan sejarah pembangunan rangkaian Jembatan Barelang dan  media informasi pariwisata di Kota batam. Untuk menambah kenyamanan Wisatawan, juga dibangun Musholla, toilet, area belanja souvenir dan area penjuaan makanan dan minuman bagi pengunjung.

Walikota Batam Ahmad Dahlan usai presentasi mengatakan sangat menyambut pembangunan publik area dan penataan Jembatan I Barelang ini. Dijelaskannya kegiatan ini sebenarnya sudah di rencanakan sejak tahun 2009 namun terkendala masalah lahan.

“Peta Lokasi (PL) dari BP Kawasan keluar pada akhir 2010 sehingga baru kita laksanakan pada tahun 2011″ ujarnya.

Lebih lanjut Dahlan mengatakan penataan pantai Dendang Melayu Jembatan I ini akan berlangsung tiga tahap yang pertama Tahun  2011 ini yaitu pembuatan parkir dengan nilai 1,2 miliar dari APBD Batam dan pembangunan area konser dan galeri senilai 2 Miliar yang merupakan dana APBN oleh  Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan melalui program penataan objek wisata. Selanjutnya Tahap kedua akan kembali dianggarkan penataan dibawah jembatan I yang akan di anggarkan pada tahun 2012 dan tahap terakhir tahap ketiga yaitu penataan diseberang jalan jembatan I sesuai PL yang telah diberikan kepada Pemko Batam.

Dikatakan Dahlan, melalui penataan Jembatan I diharapkan dapat menjadi sarana rekreasi alam bagi masyarakat Batam dan menjadi daya tarik wisatawan untuk mendukung program Visit Batam. Menurutnya tidak menutup kemungkinan beberapa pagelaran event kota Batam nantinya akan dilaksanakan di Jembatan I.

“tidak menutup kemungkinan setelah selesai penataan Jembatan I, pesta kembang api tahun baru yang selama ini di laksanakan di Batam centre diadakan di Jembatan I”  kata Dahlan.

(crew_humas/yd)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -