366 Pelajar Mengikuti Seleksi Paskibraka

BATAM- Sebayak 366 pelajar dari SMU, SMK dan MA sekota Batam mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota, Provinsi dan Nasional. Seleksi ini dilakukan untuk memilih pelajar putra dan putri terbaik sekota Batam sebagai pengibar bendera pada upacara Hari Kemerdekaan baik di Batam maupun di tingkat provinsi dan Nasional. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan secara resmi membuka seleksi yang di pusatkan di Gedung Pemuda Hang Jebat Sukajadi, Selasa (5/4).

Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga Kota Batam, Gustian Riau dalam laporannya menyampaikan bahwa dari 366 pelajar yang mengikuti seleksi tersebut merupakan pelajar kelas 1 dan 2  yang telah dipilih dari 60 sekolah negeri dan swasta di kota Batam. ”Seleksi ini akan memilih dari 40 anggota Paskibraka. Peserta yang nantinya terpilih, 30 orang diantaranya adalah sebagai pengibar di Batam. Sisanya, 10 orang diutus untuk ke tingkat Provinsi Kepri dan tingkat nasional”, jelasnya.

Seleksi ini telah dimulai sejak Selasa (5/4) dan berakhir pada Kamis (7/4) di Gedung Hang Jebat Kantor Pemuda Olah Raga, Baloi. Adapun aspek penilaian bagi anggota Paskibraka ini yakni, dari aspek fisik, Kesehatan jasmani dan rohani, kemampuan intelektual dan mereka yang dikirim oleh pihak sekolahnya adalah anak-anak yang memiliki nilai diatas rata-rata kelas. Selain itu mereka juga harus mengetahui tentang pengetahuan budaya lokal dalam hal ini pengetahuan tentang kebudayaan melayu. Untuk pelaksanaan seleksi anggota Paskibraka ini, Kanpora bekerjasama dengan Poltabes Barelang, Kodim 0316 Batam dan Brimob.

Dahlan dalam sambutannya berpesan kepada para peserta, bahwa siapapun nantinya yang akan terpilih untuk mewakili kota Batam, baik di Provinsi maupun di Tingkat Nasional, adalah yang terbaik.

“kita berharap ada peserta yang terpilih dan bisa tampil sebagai Paskibraka di Istana Negara yang mewakili kota Batam,” harapnya.

Kepada para pelatih yang akan melakukan seleksi terhadap anggota Paskibraka ini, diharapkan juga untuk obyektif dan tidak ada diskriminatif dalam memberikan penilaian kepada seluruh peserta.

“Sebagai anggota Paskibraka juga harus memiliki pengetahuan intelektuak dan fisik serta mental yang kuat. Yang paling utama adalah menguasai kebudayaan lokal meliputi pengetahuan kedaerahan seperti sejarah dan potensi-potensi yang ada di kota Batam,” tegasnya.

Upacara pembukaan seleksi tersebut dihadiri pula oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam, Buralimar, Kepala Badan Kepegawaian Kota Batam, Firmansyah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin dan Kepala Inspeltorat Kota Batam, Hartojo.

(crew_humas/hw)

 

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -