Pekan Flora Flori Dipusatkan di Jalan Engku Putri

BATAM- Juli mendatang akan diselenggarakan Pekan Flora Flori Nasional (PF2N) 2010 di Kota Batam. Acara yang diselenggarakan mulai 15-22 Juli ini dipusatkan di Jalan Engku Putri, Batam Centre. Ditunjuknya Batam sebagai tuan rumah terhadap penyelenggaraan acara PF2N tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Batam. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, acara ini terselenggara atas kerjasama Pemko Batam dengan Kementrian Pertanian. Rencananya, pembukaan Pekan Flora Flori ini akan dibuka oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Lokasi yang akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara ini yakni, ruas jalan Masjid Raya-DPRD dan sepanjang Jalan Engku Putri. Yusfa mengatakan, sampai saat ini sudah 125 peserta yang menyatakan keikutsertaannya untuk membuka stand pada acara tersebut dari 400 stan yang ditargetkan. PF2N ini akan diikuti oleh peserta dari 33 Provinsi se Indonesia ditambah beberapa instansi serta peserta dari Malaysia, Singapura dan Thailand.

“Dengan keikutsertaan negara luar pada acara PF2N ini, maka acara ini pantas disebut bertaraf internasional. Acara ini juga akan diramaikan dengan lomba merangkai bunga dan buah serta seminar,” kata Yusfa.

Yang tak kalah menariknya, untuk meramaikan PF2N, akan diselenggarakan pawai kendaraan hias dari bunga pada 17 Juli 2010. Pawai kendaraan hias dari bunga ini, merupakan pertamakalinya di Batam dan ini akan menjadi ajang yang menarik. Bahkan beberapa instansi telah menyatakan kesiapannya untuk ikut serta pada pawai kendaraan hias dari bunga ini. Mengingat keterbatasan bunga di Kota Batam, maka bunga-bunga yang diperlukan untuk menghias kendaraan ini akan didatangkan dari luar. Ditambahkan Yusfa, acara pawai kendaraan hias dari bunga ini akan ditangani oleh event organation (EO) yang beberapa waktu lalu telah memberi pelatihan pengerajin untuk merangkai dan membentuk kendaraan hias.

Melalui acara PF2N ini, diharapkan dapat mendorong gairah pariwisata di Batam serta meningkatkan angka kunjungan ke Batam. Mengingat acara ini bertaraf nasional dan internasional, diharapkan juga dapat mengangkat nama Batam dtingkat nasional dan internasional. Melalui acara ini diharapkan sektor-sektor lain dapat terangkat melalui kegiatan ini. Karena pada event ini bisa dilakukan pengenalan produk-produk sayur mayur, bunya dan buah antara pelaku usaha dengan pembeli. Karena pada acara PF2N ini juga akan digelar acara temu binis, dimana akan terjadi pertemuan antara pembeli dengan penjual.

“Event ini juga akan menyedot orang untuk berkunjung ke Batam, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Sehingga akan memberi multiplayer efek bagi pertumbuhan perekonomian Batam,” pungkasnya.

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan lomba fotografi dan bazzar juice, lomba tanaman hias, lomba burung berkicau, lomba menggambar untuk anak-anak dan parade mobil hias hortikultura. Pekan Flora dan Flori tersebut dapat disinergikan dengan program Visit Batam 2010 sehingga dapat mendatangkan Wisatawan baik lokal maupun manca negara.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -