Sembilan Belas Program Diusulkan dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Batu Ampar

Batam - Rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Batu Ampar yang dilaksanakan di ballroom Hotel Panorama Regency pada hari Rabu (9/3) berlangsung dengan lancar. Dalam musyawarah yang dihadiri lebih dari seratus orang tersebut, hadir Wakil Walikota Batam, Rudi, SE, MM didampingi seluruh unsur Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Badan dan Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kota Batam.

Dikatakan oleh Camat Batu Ampar, Hendri S.Sos dalam sambutannya ketika membuka Musrenbang, bahwa masyarakat Batu Ampar dan jajaran Kecamatan Batu Ampar menyampaikan apresiasi yang tinggi atas perhatian serta realisasi pembangunan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Batam untuk Kecamatan Batu Ampar. Hendri juga menyampaikan, telah terlihat perubahan yang luar biasa di wilayah kecamatan Batu Ampar dalam tiga tahun belakangan, diantaranya telah dilakukannya pengaspalan jalan di ruas jalan Tanjung Sengkuang, berdirinya tiga aula di tiga kelurahan yang dilengkapi dengan sound system yang memadai serta taman jalan yang kini menghiasi sepanjang ruas jalan Kerapu, yang pembangunannya mendapatkan bantuan dari PT. McDermott Indonesia.

Mengawali Musrenbang, Kepala Bappeko Wan Darussalam menyampaikan bahwa sudah selayaknya momentum Musrenbang dapat dijadikan sebagai media untuk menjaring aspirasi masyarakat, sehingga selanjutnya dapat direalisasikan pembangunan yang memang dibutuhkan. Disebutkan pula, untuk rencana anggaran, telah ditetapkan nilai Rp 1,4 triliun untuk pembangunan Kota Batam di tahun  2012. “Tentu saja tidak semua usulan dapat diakomodir tiap tahunnya, tapi setidaknya ada kemungkinan 15-20% realisasi,”jelasnya. Visi dan misi baru yang usung oleh pasangan walikota yang baru dilantik juga memberikan dampak perubahan yang cukup besar mengenai arah pembangunan yang akan dilakukan. Visi tersebut adalah mewujudkan Batam sebagai Bandar Dunia Madani  dan menjadi Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Sesuai dengan amanat yang disampaikan Walikota Batam, bahwa lima tahun kedepan Batam harus menjadi Kota yang berskala Internasional. Untuk itu maka diharapkan seluruh SKPD dan stake holder yang terkait dapat menyusun program yang benar-benar baik sebagai acuan lima tahun kedepan, sehingga Batam memiliki kekuatan keuangan yang kokoh.

Saat memberikan arahan dan petunjuk, kabar menggembirakan disampaikan oleh Wakil Walikota Batam dalam Musrenbang ini. Bahwa sedang disiapkan desain khusus untuk  pembangunan kawasan Nagoya dan Jodoh sehingga nantinya kedua kawasan ini menjadi semacam ikon kesuksesan pembangunan Kota Batam yang membanggakan. “Semua orang yang datang ke Batam, pasti mengetahui dan ingin mengunjungi kawasan Nagoya dan Jodoh. Oleh karena itu kedua daerah ini akan secara khusus dibangun dan dipercantik, sehingga bisa menjadi contoh awal bagi pembangunan kawasan lainnya,” ucap Rudi yang disambut tepukan tangan seluruh peserta.

Selanjutnya dalam paparan yang disampaikan oleh Camat Batu Ampar pada pagi itu, terdapat sembilan belas program yang diajukan dalam Musrenbang kali ini. Kesembilan belas program tersebut kemudian dibreakdown lagi menjadi 85 usulan yang telah ditentukan secara rinci skala prioritasnya. Kegiatan-kegiatan yang diajukan antara lain yaitu peningkatan jalan, program pengendalian banjir, pemerataan pelayanan pendidikan dan perluasan kesempatan belajar, serta kegiatan pemberdayaan masyarakat. Paparan yang disampaikan tersebut juga langsung mendapatkan tanggapan dari SKPD yang dituju, dan elemen masyarakat yang hadir juga dapat berdialog dengan terbuka guna membahas usulan dan realisasi yang ada.

Hadir pula dalam acara ini Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi, ST, Kapolsek Batu Ampar, Kompol Irawan, Kepala Kantor Urusan Agama Batu Ampar, Lurah, Ketua RT dan RW se-Kecamatan Batu Ampar, Tokoh Mayarakat, Tokoh Agama serta Tokoh Pemuda serta jajaran SKPD Pemerintah Kota Batam.

(humas_crew/bb)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -