Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan dengan Konservasi Laut

BATAM – Batam sebagai wilayah mayoritas laut sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD). Dengan pengembangan KKLD ini, diharapkan mampu mensinergikan kegiatan perekonomian di darat sehingga tidak merusak ekosistem laut.

Dinas Kelautan, Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam menggelar worksop Dukungan Pengelolaan Kawasan Konservasi Laut Daerah Kota Batam, Selasa (6/6) di Graha Pena Batam Center. Kegiatan ini diikuti berbagai instansi yang berhubungan dengan kelautan seperti Otorita Batam (OB), Bea Cukai, kepolisian dan lain-lain.

Kepala Dinas KP2K Kota Batam, Suhartini mengatakan workshop ini bertujuan untuk menyamakan persepsi masing-masing SKPD tentang pentingnya konservasi laut. “Hal ini untuk mendukung misi nasional menjadi negara produksi ikan terbesar pada 2015,” katanya.

Suhartini juga menjelaskan kegiatan di darat bisa mempengaruhi ekosistem laut. Pengelolaan laut dan darat yang terintegrasi sangat diperlukan. Pengelolaan ekosistem laut yang terintegrasi mampu mendorong perkonomian khususnya untuk masyarakat pesisir dan nelayan. “Untuk mendukung hal tersebut, salah satu pilarnya adalah dengan pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan lingkungan hidup,” jelasnya.

Wakil Walikota Batam, Rudi yang hadir dalam workshop tersebut mengatakan Kota Batam memiliki wilayah laut yang besar menjadi salah satu potensi dan sumber bagi nelayan masyarakat pesisir. “Potensi ini diharapkan dapat dikelola dan dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber kemakmuran sebesar-besarnya bagi masyarakat dan perekonomian daerah,” katanya.

Rudi menuturkan, workshop ini merupakan upaya menyatukan persepsi dan pemahaman antara seluruh instansi terkait termasuk lembaga eksekutif,legislatif dan stake holder lainnya dalam upaya Pengelolaan Kawasan Konservasi Laut Daerah kota Batam. “KKLD merupakan aset sumberdaya perairan daerah Kota Batam yang apabila dikelola secara baik dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan akan dapat menjadi potensi sumber daya Kelautan Perikanan Daerah Kota Batam yang mampu meningkatkan kesejahtraan masyarakat pesisir pada umumnya,” imbuh Rudi. (humas_crew/ev)

Comments are closed

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -