Batam Kirim Dua Tim pada Event Internasional Dragon Boat Race

BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan mengirim dua tim pada event Tanjung Pinang International Dragon Boat Race. Dua tim yang akan berlaga pada Kamis (11/11) hingga Minggu (14/11) adalah Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih. Keberangkatan dua tim ini ke Tanjung Pinang, akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada Rabu (10/11) di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Wali Kota. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Guntur Sakti mengatakan bahwa pada tahun ini Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih bertekad untuk merebut kembali juara umum yang gagal direbut pada tahun 2009 lalu.

“Baik Tim Batam Merah maupun Tim Batam Putih telah melakukan persiapan-persiapan untuk mengikuti event ini. Target kita, tim ini mampu merebut kembali juara umum yang pada tahun 2009 lalu berhasil direbut oleh peserta dari Kabupaten Lingga,” ujar Guntur.

Ajang ini menurutnya diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Kepri dan bahkan dari negara lain. Untuk itu perlu kerja keras serta kekompakan tim untuk dapat meraih kembali juara yang pernah lepas. Yang perlu diperhatikan oleh masing-masing anggota tim adalah kekompakan serta ketahanan fisik. Namun, ia yakin dengan latar belakang anggota tim yang merupakan anak-anak pulau, Guntur yakin mereka dapat mendayung dengan baik serta tetap menjaga kekompakannya.

Terlebih, Pemko Batam juga memiliki event serupa yang digelar setiap tahunnya yakni Sea Eagle Boat Race. Dengan keikutsertaan Batam pada event ini merupakan bukti bahwa Batam memiliki potensi bahari yang sangat strategis untuk ditumbuhkembangkan menjadi daya tarik wisata khususnya wisata bahari. Kepada dua tim Guntur juga mengingatkan bahwa kedisiplinan selama mengikuti perlombaan tersebut perlu dijaga. Untuk mengikuti perlombaan ini menurutnya tidak hanya fisik dan kekuatan tubuh yang diperlukan, tapi juga taktik dan strategi agar bisa keluar sebagai juara.

“Tentunya banyak peserta yang akan mengikuti event ini. Agar tim ini dapat merebut kembali juara umum, selain latihan yang rutin, kondisi fisik dan kekompakan perlu dijaga. Jika tim kompak bukan tidak mungkin Batam akan berhasil meraih kembali juara umum,” pungkasnya.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -