Wako Sambut Batam Alternatif Utama Nonton Bareng Piala Dunia 2010

BATAM – Hiruk pikuk perhelatan olahraga sejagat “Piala Dunia 2010’ sepertinya mulai mewarnai Kota Batam, sebagai salah satu kota besar yang diperhitungkan di Indonesia dan berdekatan dengan Negara Singapura. Buktinya, Electronic City (EC) sebagai satu-satunya pemegang lisensi atas hak tayang Piala Dunia, berkunjung langsung menemui Walikota Batam, Ahmad Dahlan, untuk memberikan alternatif hiburan bagi warga Batam khususnya serta Singapura yang tidak mempunyai kesempatan untuk menggelar acara Nonton Bareng di negeri merlion tersebut dan sekaligus mengalihkannya ke Kota Batam.

Juana Ekowati, Managing Director Absolute sebagai perusahaan yang ditunjuk EC untuk mengkoordinir wilayah Batam sekitarnya mengatakan, bahwa kedatangannya ke Batam adalah atas perintah pemilik EC yang menugaskannya secara langsung untuk menghandle Kota Batam untuk menjadi bagian dari acara Piala Dunia 2010. Setelah menghubungi beberapa hotel, diperoleh respon yang sangat baik dari para pemilik dan manajemen hotel di Batam untuk melaksanakan acara Nonton Bareng Paiala Dunia 2010. Bahkan ada sebuah hotel ternama di Batam yang menargetkan mampu mendatangkan 3.000 pengunjung di malam final Piala Dunia tersebut.

Melihat letak strategis Batam yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia, EC merasa perlu mensosialisasikan dan menjual paket acara yang menarik ini kepada para wisatawan yang selalu melancong ke Batam. Melalui kerjasama yang baik dengan travel agent di Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, EC mencoba menawarkan paket acara yang menarik kepada para wisatawan yang datang ke Batam. Hal ini mendapat sambutan yang luar biasa dari Walikota Batam yang tentunya juga hal ini akan mendukung sekali program Visit Batam 2010.
Dalam hal ini, pihak Batam View Resort akan mentargetkan pengunjung dari Singapura, Malaysia, serta Taiwan dan Korea yang biasa berkunjung di kala weekend. Selain itu paket yang sama akan ditawarkan juga kepada pihak-pihak corporate atau perusahaan yang ada di Batam, termasuk komunitas-komunitas yang ada, misalnya komunitas para dokter, club mobil, dan lainnya. Guna memeriahkan rangkaian acara ini, pihak EC berjanji akan menyusun paket acara yang menarik dan akan menghadirkan artis-artis ibukota, serta menyediakan hadiah doorprize.
Dalam kesempatan ini pula, Walikota Batam menyampaikan bahwa Batam telah memiliki infrastruktur yang sangat memadai untuk wisata musiman tersebut mulai dari pelabuhan internasional di beberapa entry point serta utilitas hotel dan perkotaan serta dukungan manajerial sebagai daya tarik tersendiri bagi kunjungan para wisatawan.  Disamping itu pula disela-sela perhelatan Piala Dunia tersebut Batam juga telah menyusun beberapa agenda wisata sehingga memberikan alternatif kepada para pelancong seperti Pekan Flora dan Flori se ASEAN, Sea Eagle Boat Race serta Lomba Renang Selat Riau 10 Km akan menambah semarak dan kenyamanan kunjungan para wisatawan, ungkapnya optimis.

Sedangkan untuk daya tarik lain, Turi Beach Ressort dan Batam View Ressort tengah menawarkan paket menarik untuk para golfer lokal dan luar negeri untuk menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobbynya di kawasan Nongsa. Tiga kawasan golf yakni : Tering Bay, Palm Spring Golf dan Tamarine Golf bekerja sama untuk perhelatan event internasional “The Longest Drive International Tournament”.
Untuk kesuksesan pelaksanaan Nonton Bareng Piala Dunia 2010 ini Walikota secara langsung menyampaikan akan memberikan dukungan dengan mengangkat even tersebut sebagai  bagian dari program Visit Batam 2010, sehingga seluruh pihak yang berkepentingan di Kota Batam ini dapat memberikan dukungannya.
Kadisparbud Kota Batam, Guntur Sakti, dalam pertemuan ini menyampaikan hal senada mengenai dukungannya terhadap pihak EC dalam hal penyelenggaraan Piala Dunia 2010 yang akan berlangsung 11 Juni-11 Juli 2010. Guntur Sakti merasa beruntung, karena tentunya dalam promosi dan pelaksanaan acara nanti gaung Visit Batam akan semakin menggema.
Masih menurut Guntur, dalam kurun waktu tiga bulan kedepan sejumlah acara telah disiapkan oleh pihaknya, diantaranya yaitu : Pemilihan Duta wisata dan Lomba renang Selat Riau sejauh 9800m yang diselenggarakan bersama TNI Angkatan Laut di Bulan Mei, di bulan Juni akan dilaksanakan Pekan Flori Flora, dan di Bulan Juli dijadwalkan akan dilaksanakan Sea Eagle Boat Festival, serta Asean Underground Festival. Semoga dengan hadirnya rangkaian acara tersebut target menghadirkan satu juta wisatawan bisa kita wujudkan, dan Batam semakin dikenal sebagai destinasi wisatawa dunia, ungkapnya optimis.

(*humas_crew/barb)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -