Wako : Seluruh Masjid di Kota Batam Harus Memiliki TPQ

BATAM- Taman Pendidikan Al-Quran  atau TPA/TPQ adalah lembaga yang secara realmenjadi wadah pengajaran Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat, khususnya untuk kalangan anak-anak. Sebagai wadah pengajaran Al-Qur’an, TPA/TPQ memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan moral yang baik dan Islami kepada anal-anak. “Untuk itu, di haruskan tiap Masjid di kota Batam harus memiliki TPA/TPQ”, demikian disampaikan oleh Walikota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya ketika melakukan safari ramadhan. Memasuki malam ke 11 ramadhan 1432 H, bertempat di masjid At Thariq Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sungai Beduk, Safari Ramadhan Walikota Batam melaksanakan sholat Taraweh berjamaah.

Wako juga mengarahkan kepada para pengurus masjid At Thariq untuk segera membentuk yayasan sebagai wadah kepengurusan masjid. Keberadaan yayasan tersebut penting sebagai badan hukum untuk kelangsungan pembangunan dan pengembangan masjid, dan sekaligus untuk membentuk serta mengurus TPA/TPQ. “Dengan secara legal memiliki badan hukum, Insyallah masjid menjadi pusat kegiatan dakwah, kegiatan peribadatan, kegiatan mengajar dan belajar agama dan pusat perkhidmatan,” jelasnya.

Dihadapan jamaah masjid At Thariq yang hadir Wako kembali mengingatkan agar memberikan bekal pendidikan agama kepada anak-anak. Rumah-tangga atau keluarga adalah tempat yang pertama dan utama bagi anak untuk memperoleh pembinaan mental dan pembentukan kepribadian. Mengingat pentingnya pendidikan agama bagi pembinaan mental dan akhlak anak-anak, maka pendidikan agama harus dilanjutkan di lingkungan. Untuk itulah di butuhkan TPA/TPQ di sekitar tempat tinggal.

“Pendidikan agama mengajarkan nilai agama yang harus diamalkan oleh anak, perilakunya tidak keluar dari moral agama dan menjadi anak-anak sholeh,” jelasnya.

Mengenai legalitas masjid  At Thariq yang di keluhkan oleh pengurus masjid, Wako berjanji akan segera mengkoordinasikan bersama dengan pihak OB sebagai pembangun masjid dan pemilik lahan. Wako kemudian menyerahkan dana bantuan untuk kelanjutan pembangunan Masjid yang diterima langsung oleh pengurus masjid At Thariq, Sudibyo.

Dalam Safari Ramadan malam ke-11 ini walikota Batam didampingi jajaran pejabat Pemko Batam seperti, Asisten Ekonomi Pembangunan, Buralimar, Kepala Dinas Kesehatan, Chandra Rizal, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Yumasnur, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM, Ahmad Hijazi, Kepala Dinas Tata Kota, Gintoyono, Kepala Dinas Kependudukan, Sadri Khairuddin, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Rudi Sakyakirti, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat, Firmansyah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Heriman, Camat Sungai Beduk serta para lurah di lingkungan Kecamatan Sungai Beduk.

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -