Semangat Harkitnas ke-103 Wujudkan Kebangsaan Berkarakter

BATAM- teriknya matahari tidak menyurutkan semangat peserta upacara peringatan Kebangkitan Nasional ke-103, Jumat (20/5) di Lapangan Engku Putri. Wakil Walikota Batam Rudi, SE selaku pembina upacara dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika. Tema yang diangkat dalam peringatan tersebut yaitu ” Dengan Semangat Hari Kebangkitan Nasional ke-103 tahun 2011, kita wujudkan kebangsaan yang berkarakter, bersatu dan berdaya saing menuju masyarakat yang sejahtera.”

Dalam sambutan yang dibacakan tersebut, Rudi mengatakan jika dihitung dari titik awal kebangkitan nasional tahun 1908, maka pada tahun 2011 ini, Indonesia sudah lebih seratus tahun berproses dalam kesadaran kebangsaan untuk menjadi bangsa yang berdaulat, menjadi bangsa yang memiliki identitas dan jati diri dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai kebangsaan menurut Rudi selama 103 tahun tersebut telah mengalami pasang surutnya, seiring dengan perubahan jaman dan tuntutan masyarakat itu sendiri.

Rudi menambahkan, perubahan dan tuntutan ini mau tidak mau, suka tidak suka, pasti berada dalam proses perjalanan panjang bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dalam rangka tetap menjaga konsistensi nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh para pendahulu, tentunya sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, masyrakat tidak boleh lengah dan lupa akan makna hakiki nilai-nilai kebangsaan tersebut, khususnya dalam menyikapi dan menghadapi era perubahan dan kemajuan yang secara terus menerus terjadi.

Peringatan Harkitnas yang ke-103 tahun 2011 ini menjadi penting, karena nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai persatuan dan kesatuan, nilai-nilai kebersamaan yang telah dipelopori para pendahulu melalui gerakan”Boedi Oetomo” tersebut harus dapat dijadikan energi bagi langkah-langkah perjuangan kedepan. Kesempatan tersebut menurut Rudi juga sekaligus sebagai renungan dan evaluasi, sejauhmana semangat nasionalisme tersebut terimplementasi dalam setiap potensi, profesi tugas dan tanggung jawab perilaku masing-masing individu warga negara Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Diakhir sambutan tersebut Rudi mengajak seluruh yang hadir menyongsong Indonesia yang adil, berdemokrasi dan sejahtera. Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Batam Ruslan Karbulatov, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam, Muspida Kota Batam atau yang mewakili. (humas_crew/nn)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -