Wako Tinjau Pelaksanaan UN

BATAM - Sebanyak 5556 siswa Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) se Kota Batam mulai hari ini mengikuti Ujian Nasional (UN) secara serentak di 68 sekolah. Pelaksanaan UN tingkat SLTA ini akan berlangsung selama empat hari, 18-21 April 2011. Untuk memantau pelaksanaan UN di kota Batam, Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan meninjau pelaksanaan UN di SMK Negeri I Batuaji, Senin (18/4). Wako sengaja memilih Batuaji sebagai daerah untuk ditinjau pelaksanaan UN nya. Alasannya, karena Batuaji adalah daerah yang padat penduduk sehingga perlu mendapat perhatian disamping daerah lainnya di Kota Batam.

Didampingi Kepala SMK Negeri I Batuaji, Deden Suryana dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin, Wako meninjau langsung pelaksanaan UN di ruang-ruang kelas. Deden mengatakan jumlah siswa yang mengikuti UN di SMK Negeri I sebanyak 485 siswa yang di bagi dalam 27 ruang kelas. Tim pengawas UN di sekolah tersebut diambil secara silang dari sekolah-sekolah lain. “Dalam satu ruangan jumlah siswa 15-20 orang tergantung jumlah siswa per jurusannya. Sedangkan jumlah pengawas di sekolah ini ada 32 orang,” katanya.

Usai melakukan peninjauan ke ruang-ruang kelas, Wako mengatakan bahwa dari hasil peninjauan yang dilakukan pagi ini, terlihat bahwa pelaksanaan UN tingkat SLTA berjalan dengan lancar dan tertib. Menurutnya, peninjauan pelaksanaan UN tersebut dilakukannya secara acak dan ia sengaja memilih lokasi sekolah di Batuaji. Wako juga mengatakan bahwa Pengawasan UN yang menggunakan sistem silang ini, diharapkan bisa memperoleh hasil yang objektif, sehingga tidak ada kesempatan bagi anak-anak untuk main-main dalam mengerjakan soal UN.

“Substansi dan materi UN pada tahun ini lebih berat dari pada tahun-tahun sebelumnya. Karena pada tahun ini ada 5 paket soal tiap mata pelajaran. Sedangkan pada tahun sebelumnya hanya 2 paket. Dengan sistem ini, ditambah dengan pengawasan secara silang, diharapkan hasil UN lebih obyektif, adil dan tepat sasaran,” tambah Wako.

Dengan sistem pendidikan yang berjalan sesuai prosedur, serta didukung prasarana yang memadai dan juga persiapan yang matang sebelum pelaksanaan UN, tahun ini kita berharap kelulusan bisa 87persen. Pemerintah juga telah berkomitmen untuk melaksanakan ujian nasional dengan sebaik-baiknya apapun halangannya. Dan telah menjadi komitmen Pemko juga untuk menyediakan pendidikan yang baik bagi anak-anak. Hal ini untuk mewujudkan SDM yang tangguh dan berkualitas yang dibutuhkan untuk membangun Kota Batam tutup Wako.

 

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -