Selamatkan Generasi Penerus Bangsa Lewat P4GN

BATAM – Wakil Walikota Batam, Rudi, SE, MM mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama berupaya menyelamatkan para pelajar dari bahaya narkotika. Hal ini disampaikan Rudi ketika membuka Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di SMKN I Batu Aji, Kamis (26/5). Sesuai dengan tema penyuluhan tahun ini “Kita Wujudkan Generasi Muda yang Tangguh dan Bebas Narkoba di Kota Batam” Rudi menekankan pentingnya untuk melakukan tindakan preventif kepada remaja dan khususnya pelajar. Karena  Kota Batam tidak hanya sebagai tempat transit Narkoba, tapi juga belakangan sudah digunakan sebagai tempat memproduksi Narkoba.

Hal tersebut perlu untuk diantisipasi dan diberantas oleh seluruh komponen penegak hukum dengan dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat Batam ungkapnya. “Selain untuk meningkatkan kesadaran pelajar terhadap bahaya narkoba kegiatan ini penting sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap bahaya Narkoba serta sanksi yang dikenakan terhadap pengguna, pengedar maupun memproduksi Narkoba,” jelasnya.

Dengan letak geografis yang strategis dan potensial, menjadikan Batam sangat rawan sebagai jalur peredaran narkoba Internasional. Berkenaan dengan hal ini, Rudi sangat berharap kepada para penyuluh dan guru-guru di lingkungan sekolah, agar dapat berperan secara aktif untuk memerangi penyalah gunaan narkoba dalam rangka menyelamatkan remaja dan pelajar dari ancaman kehancuran akibat narkoba.

Kepala Badan Kesbang, Politik dan Linmas Kota Batam, Febrialin mengatakan bahwa penyuluhan ini diselenggarakan untuk memberikan gambaran riil dan bahaya laten terkait maraknya peredaran Narkoba di Batam. Permasalahan pencegahan penyalahgunaan narkoba harus ditangani secara komprehensif, konseptual dan terintegrasi tidak hanya di lingkungan pemerintah, tetapi juga melibatkan masyarakat luas, dan dilakukan secara konsisten mulai dari tingkat individu, keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan kerja.

Untuk itu Badan Kesbangpolinmas bersama sama dengan Badan Narkotika Kota Batam, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai upaya dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya penyalahgunaan dan perederan gelap narkoba. Diantaranya melalui berbagai kegiatan sosialisasi penyuluhan, baik melalui media elektronik maupun cetak. Serta   mendorong penegakan hukum, melaksanakan kegiatan terapi dan rehabilitasi, dan juga melakukan penguatan kelembagaan, jelasnya.

“Tahun ini ditargetkan 500 siswa se Kota Batam akan mengikuti penyuluhan P4GN. Penyuluhan akan diikuti 100 siswa tiap sekolah. Masing-masing adalah SMKN I Batam, SMK Teladan Batu Aji, SMA N 5 Batam, SMKI Hang Nadim dan SMA IV Batam,” jelasnya.

Turut hadir dalam pembukaan penyuluhan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin, Kepala Dinas Sosial Kota Btaam, Syahir, Camat Batu Aji, dan Kepala Sekolah SMKN I, Deden Suryana.

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -