Satlinmas Kecamatan Batu Ampar Ikuti Pelatihan Pelaksanaan Pilwako 2011

BATAM - Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Batuampar yang bertugas mengamankan pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas TPS Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2011, Rabu (4/11). Pelatihan yang digelar di Aula SD Kartini ini diikuti oleh 226 anggota Satlinmas. Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Wali Kota, dalam sambutannya mengatakan bahwa anggota Linmas merupakan front terdepan dalam pelaksanaan Pemilukada pada 5 januari 2011 mendatang. Anggota Linmas yang bertugas tersebut menurutnya merupakan orang-orang pilihan, karena tidak seluruh penduduk di Kecamatan Batu Ampar berkesempatan menjadi anggota Sat Linmas.
“Dari 70 ribu jumlah penduduk Kecamatan Batu Ampar, hanya 226 orang yang dipilih untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada. Anda-anda ini adalah orang yang beruntung. Karena tentunya sebagai orang yang memiliki kelebihan yakni memiliki fisik yang kuat,” kata Wali Kota dalam sambutannya.

Batam, harus aman. Apabila kondisi Batam tidak aman, maka orang yang tinggal di Batam tidak bisa bekerja dengan baik. Untuk itu apa pun bentuk kegiatan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupunpihak swasta keamanannya harus tetap terjaga. Untuk itu yang bertanggungjawab adalah anggota Satlinmas dalam hal menjaga keamanan di Kota Batam. Batam, tidak memiliki sumber daya alam (SDA) dan mengandalkan jasa. Baik jasa perdagangan, pariwisata, ekspor impor maupun alih kapal. Dan itu bisa berjalan jika kondisi keamanan di Kota Batam aman. Terlebih pada pelaksanaan Pilkada, keamanan harus tetap terjaga.

“Saudara-saudara direkrut menjadi anggota Linmas untuk mengamankan Pilkada ini. Dan ini merupakan bakti saudara-saudara semua kepada Kota Batam dalam mendukung pelaksanaan Pilkada. Terimakasih karena sudah bersedia menjadi anggota Linmas dan selama bertugas hendaknya mengambil langkah-langkah yang persuasif sebelum mengambil tindakan,” pesan Wali Kota.

Kabid Linmas Badan Kesbangpol Linmas, Abdul Malik mengatakan, pelatihan ini merupakan yang ke lima setelah sebelumnya diselenggarakan di Kecamatan Sekupang, Batuaji, Sei Beduk dan Sagulung. Materi yang diberikan berupa penyuluhan tentang Pelaksanaan Pemilu yang disampaikan oleh KPU sebagai Narasumber. Kemudian peran pemerintah dalam Pilkada serta tugas pokok dan fungsi dari Linmas dan kedudukan Anggota Linmas. Materi ini menurutnya disampaikan oleh Kesbangpol Linmas dalam hal ini Kepala Badan Kesbangpol Linmas, Zulhendri. Selanjutnya mengenai pengamanan selama Pemilu yang disampaikan oleh pihak kepolisian. Masa tugas anggota Sat Linmas ini menurutnya sekitar seminggu. Yakni mulai dari pendistribusian logistik Pemilu hingga kotak suara kembali lagi ke KPU.

“Mereka termasuk dalam anggota KPPS dan masing-masing TPS terdapat 2 orang anggota Linmas. Jumlah TPS di Kota Batam ada 1.788,” pungkasnya.(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -