Korea Jajaki Kerjasama Dengan Batam

BATAM – Tim Pemerintah Kota (Pemko)  Gimje Provinsi Jeonbuk Korea Selatan datang berkunjung ke Batam, Selasa (2/8) lalu. Mereka berniat menjajakan berbagai kerjasama dengan Pemko Batam.

Tim Pemko Gimji melirik potensi investasi Batam sebagai langkah awal kerjasama dua kota tersebut. Kerjasama kali ini merupakan langkah pertama kerjasama Pemko Gimji dengan Indonesia. Rombongan dari tim tersebut juga berkesempatan bertemu dengan Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Rabu (3/8) di kantor Walikota Batam.

Juru bicara rombongan, Song mengatakan tim dari Pemko Gimje berasal dari unsur pemerintah dan kalangan pengusaha. Kedua kota dari Negara yang berbeda tersebut berkeinginan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah kota. “Tim juga akan turun langsung melihat potensi investasi di Batam. Kami ingin melihat dan bertukar pikiran dengan pemerintah Kota Batam,” katanya.

Selain bidang investasi, kerjasama kedua kota ini juga akan dijalin dalam bidang kepariwisataan, industri dan perdagangan, pendidikan, pertanian. “Serta bidang lain yang akan disepakati kedua belah pihak. Gimje-Batam juga akan mendalami kerjasama pertukaran teknologi dan pekerja,” jelas Song.

Asisten Ekonomi Pembangunan Pemko Batam, Buralimar mengatakan, kunjungan ini  merupakan kunjungan balasan sejak tim Pemko Batam mendatangi kota tersebut beberapa waktu lalu.  “Kita akan perdalam pembahasan konsep kerjasama secara detail,” katanya.

Tim Pemko Gimje dijadwalkan menghabiskan waktu empat hari di Batam. Diantaranya akan mengunjungi Kawasan Industri Batamindo karena di kawasan ini ada satu perusahaan asal Korea Selatan. Selain itu, mereka juga akan berkunjung ke kebun buah naga di Rempang, politekin Batam, Vihara Maitri Sagara dan lainnya. Untuk memperdalam masalah investasi, tim tersebut juga akan berkunjung ke Kadin Batam dan beberapa kawasan industri.

Direncanakan, September mendatang, Walikota Batam akan berkunjung ke Gimji Korea untuk penandatanganan nota kesepahaman kedua Negara. (humas_crew/ev)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -