Ribuan Masyarakat Batam Do’akan Dahlan ‘Istigosah Kubro, Maknai Muharam Dengan Semangat Baru’

BATAM - Dengan pakaian nuansa serba putih Selasa (7/12) ribuan warga memadati Mesjid Agung Batam mengikuti istigosah Kubro dalam rangka memeriahkan 1 Muharam 1432 Hijriah. Ketua dewan Syuro Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), KH. Hasyim Muzadi, Ketua NU KH Slamet Effendi Yusuf, Ketua NU Provinsi Kepri Gani Lasya  dan Walikota Batam Ahmad Dahlan membaur bersama masyarakat, bersama-sama melakukan koreksi dan instropeksi diri pada pergantian tahun hijriah ini.

Mengawali kegiatan tersebut dipimpin oleh KH. Syafuddin Ansyari, Ketua NU Jakarta bersama-sama jamaah melakukan dzikir memuji asma Allah dan bershalawat keatas Nabi. Seluruh hadirin terlihat khidmat dan khusuk memaknai pergantian tahun baru Islam ini. Selanjutnya Ketua PBNU, Slamet Effendy Yusuf dalam sambutannya mengatakan makna istigosah kubro ini yakni mensyukuri nikmat Allah SWT. Sebagai umat-Nya masih diberikan kesempatan untuk bertobat atas segala dosa yang telah dilakukan. “Momen ini juga harus kita renungi. Apakah selama ini kita sudah jadi umat yang berguna,” katanya.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Ketua Dewan Syuro PBNU, KH. Hasyim Muzadi. Dalam tausiahnya beliau lebih banyak mengupas makna dari Istigosah yakni memohon pertolongan pada Allah SWT. “Supaya doa kita dikabul Allah, dua hal yang harus diingat, Sabar dan Sholat,” katanya. Makna sabar, jelas Hasyim bukan berarti malas, sabar yakni berjuang dengan gigih disertai dengan doa, “Selebihnya, serahkan pada Allah. Sabar memang butuh ketahanan mental dan waktu,” lanjutnya.Sementara Sholat berarti mendekatkan diri pada yang dimintai pertolongan. “Allah tentu akan mengabulkan doa orang-orang yang dekat dengan-Nya,” pesan Hasyim. Dalam tahun yang baru ini, Hasyim juga mengajak warga Batam untuk merenungi mengapa di Indonesia ini banyak terjadi bencana. “Indonesia ini merupakan negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Dalam ceramahnya KH. Hasyim Muzadi sempat pula mengingatkan sekaligus mendo’akan Ahmad Dahlan yang akan maju dalam pemilihan Walikota Batam agar diberikan amanah dari Allah,SWT ke tangannya bukan ke hatinya. Ke tangan berarti benar-benar menerima dan melaksanakan amanah tersebut untuk kemaslahatan umat, ujarnya. Dipenutup acara seluruh hadirin berkesempatan untuk saling bersalam-salaman. (Bos_humas *yf)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -