Memasyarakatkan Teknologi, PMPKUKM Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna

BATAM- Untuk memotivasi  kreatifitas masyarakat dalam menemukan teknologi sederhana yang tepat guna dan bermanfaat, Pemerintah Kota Batam melalui Dinas PMP-KUKM untuk ketiga kalinya menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2011. Bertempat di Batam City Scuare (BCS) Mall, Rabu (25/5). Didampingi oleh Wakil Walikota Batam, Rudi, SE, MM, lomba ini dibuka langsung oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang ditandai dengan pemukulan Gong.

Kepala Dinas PMP-KUKM, Amsakar Achmad mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti perlombaan pada tahun ini berjumlah 10 produk teknologi.  Yaitu dengan kategori Perguruan tinggi sebanyak 1 produk, pelajar sebanyak 6 produk dan masyarakat umun sebanyak 3 produk. “Disamping produk-produk teknologi yang akan ditampilkan, kegiatan ini juga diramaikan oleh 20 stand pameran dari UMKM se Kota Batam,” jelasnya.

Sedangkan dewan juri yang akan memberikan penilaian adalah berasal dari Poiteknik Batam, Universitas Internasional Batam dan SMK Negeri 1 Batam. Pemenang yang akan diambil yakni juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing kategori akan dikirim untuk mengikuti lomba TTG pada tingkat Provinsi Juni mendatang  dan jika menang akan diikutkan pada Lomba TTG tingkat Nasional di Kota Kendari pada 16 Oktober 2011.

“Uang pembinaan yang disediakan tahun ini adalah sebesar Rp10 juta bagi juara I, Rp8 juta  bagi juara II dan Rp6 juta bagi juara III,” julasnya.

Wako dalam kesempatan itu mengatakan, ajang ini merupakan wadah untuk mengembangkan kreativitas. Ajang ini menurutnya perlu diperluas agar masyarakat bisa ikut serta. Untuk itu perlu sosialisasi yang luas, tidak hanya di sekolah dan perguruan tinggi saha, namun juga bisa ke perusahaan-perusahaan sehingga mereka bisa memanfaatkan kesempatan itu. Wako juga mengajak masyarakat untuk kreatif dan mempersiapkan diri mengikuti lomba TTG baik tingkat kota maupun tingkat provinsi.

Dalam kesempatan itu, Wako berkesempatan meninjau hasil karya yang diciptakan oleh para peserta dan juga stand pameran UKM yang turut meramaikan acara tersebut.

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -