Malam Ini Gebyar Kenduri Seni Melayu Awali Penggunaan ‘Wajah Baru’ Engku Putri

*7 Provinsi Dipastikan Akan Tampil ‘All Out”

syukuraan Gedung Seni PemkoBATAM- Malam ini, Sabtu (12/12) Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan membuka Kenduri Seni Melayu (KSM) di Dataran Engku Putri. Acara yang telah menjadi agenda rutin di Dinas Paariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam ini akan berlangsung hingga Rabu (16/12). Kegiatan ini akan menampilkan berbagai bentuk kesenian Melayu dan nusantara dari berbagai daerah dan negara Rumpun Melayu. Setiap harinya KSM akan dimulai pukul 19.30 sampai dengan pukul 23.00 WIB. Kabag Huma Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, agenda ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Batam ke 180 tahun dan mendukung Visit Batam 2010.

Dipastikan tujuh Provinsi di Indonesia sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir mengisi acara. Bagi provinsi yang berhalangan hadir maka pentas seni akan diisi oleh paguyuban yang ada di Kota Batam. Pada penyelenggaraan KSM tahun ini juga akan diisi dengan cluster khazanah budaya melayu dalam tenda berukuran besar. Disana akan ditampilkan kontens kue tradisional, masakan melayu, perkakas rumah tangga melayu, senjata traadisional melayu dan sejarah serta karya sastra lisan dan tulisan melayu.

Event KSM ini juga dimeriahkan dengan Batam Big Bazar (BBB) yang dibuka pada sore harinya oleh Walikota. Pada stand-stand ini akan dijual berbagai produk dan mulai dibuka dari pukul 16.00-23.00 WIB. Stand berlokasi di depan kantor PLN Batamcentre sampai ke belokan arah BCM Mall Batam Centre. Selama BBB berlangsung, untuk sementara jalan raya depan PLN Batam Centre sampai BCM Mall akan ditutup. Terhadap gangguan kelancaran pengguna jalan raya, Pemko Batam menyampaikan permohonan maaf.

Masih dalam rangkaian acara KSM ini, juga akan digelar bincang tokoh Noeng Isa di televisi lokal di Kota Batam. Adapun yang menjadi narasumber dalam bincang tokoh tersebut, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Aswandi Syahri, mantan Ketua Pansus Hari Jadi Kota Batam, Irwansyah dan Nyat Kadir. Bertindak sebagai moderator yakni Samson Rambah Pasir. Pemerintah Kota Batam mengundang masyarakat Batam, untuk dapat hadir menyaksikan pentas kenduri seni melayu di Dataran Engku Putri Batam Centre.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -