Dahlan : Jiwa dan Raga PNS Untuk Negara

BATAM – Sebanyak 562 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Batam formasi 2009 mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pra Jabatan golongan I, II dan III, 25 April-10 Juni 2011. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan secara resmi menutup kegiatan Diklat Pra Jabatan tersebut, Jum’at (10/6) di Hotel Golden View.

Pra Jabatan merupakan Diklat yang harus dilakukan CPNS sebelum pengangkatan menjadi PNS penuh. Kabid Diklat Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam selaku ketua panitia, Hendri Arulan mengatakan CPNS Pemko Batam formasi 2009 yang mengikuti Diklat Pra Jabatan terdiri dari 238 orang golongan III umum, 141 orang golongan II umum, 39 orang golongan III ex-honorer dan 144 orang golongan I dan II ex-honorer. Pelaksanaan Diklat tersebut dibagi dalam 3 gelombang yakni gelombang I pada 24 April-4 Mei 2011, gelombang II pada 4-19 Mei 2011 dan gelombang III pada 22 Mei-10 Juni 2011.

Hendri menjelaskan, dari seluruh CPNS Pemko Batam formasi 2009, satu orang tidak mengikuti Diklat Pra Jabatan karena sedang berada di luar kota. “CPNS tersebut dititipkan ke Medan Sumatera Utara untuk mengikuti Diklat Pra Jabatan,” katanya.

Menurut Hendri, CPNS dinyatakan lulus Diklat Pra Jabatan berdasarkan penilaian yang ditentukan Lembaga Adinistrasi Negara (LAN). “40 persen penilaian berdasarkan hasil ujian yang dilaksanakan LAN serta 60 persen bersadarkan sikap, perilaku dan kehadiran selama mengikuti Diklat Pra Jabata,” papar Hendri.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan menjadi pegawai negeri merupakan pilhan hidup. PNS masih menjadi pekerjaan primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk Batam saja, formasi 2009, dari 7 ribu pelamar, enam ribu dinyatakan lulus persyaratan administrasi. Sementara yang dinyatakan lulus menjadi CPNS hanya 300 orang. “Dengan demikian, CPNS merupakan orang terpilih,” katanya.

Seorang PNS papar Dahlan, hidupnya dibiayai oleh Negara. Sudah sepatutnya mengabdikan jiwa dan raga untuk Negara. “Ketika diangkat menjadi PNS harus siap berkomitmen menjadi PNS yang baik dengan hak dan kewajiban yang telah ditentukan berdasarkan peraturan,” imbuhnya.

Mantan Humas Otorita Batam (OB) ini menyebutkan seorang PNS harus siap menjadi pemimpin. Minimal bisa memimpin secara struktural di lingkungan kerjanya. “Bukan hanya memimpin sesuai bidang ilmunya, namun juga harus mampu me-manage orang yang dibawah kepemimpinannya,” imbuh Dahlan.

Kepada peserta Diklat Pra Jabatan, Dahlan berpesan, harus memiliki rasa kebersamaan dinatara sesama pegawai Pemko Batam. “Kita ini keluarga Pemko Batam. Kita harus bisa memberikan yang terbaik di tempat dimana kita mengabdi,” pesan Wako. (humas_crew/ev)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -