Batam Kekurangan Dokter Spesials

BATAM – Dokter spesialis se-Indonesia menggelar konfrensi kerja XII di Planet Hotel, Jum’at (10/6). Acara ini diikuti sekitar 600 orang peserta dari seluruh Indonesia sebagai utusan cabang maupun peserta pertemuan ilmiah.

Konferensi Kerja PAPDI merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di antara Kongres PAPDI. Kegiatan yang dilaksanakan per tiga tahun ini dilakukan dalam rangka meningkatkan peran organisasi dalam menghadapi berbagai tantangan yang terjadi selama ini, serta untuk mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya.

Di samping pertemuan organisasi, dalam rangkaian Konferensi Kerja PAPDI juga dilaksanakan pertemuan ilmiah yang berisi simposium tentang perkembangan penyakit. Di antaranya penyakit tekanan darah tinggi, jantung, kencing manis, infeksi dan workshop rekam jantung (EKG) serta terapi insulin.

Konfrensi tersebut dihadiri Walikota Batam Ahmad Dahlan. Dalam sambutannya Dahlan mengatakan laju pertumbuhan penduduk Batam sangat tinggi. Dengan demikian masalah kesehatan pun kompleks. “Namun sayangnya, tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis sangat kurang,” katanya.

Salah satu langkah pemerintah Kota Batam, sebut Dahlan yakni baru disahkannya Peraturan Daerah (Perda) terkait tunjangan dokter spesialis. “Mudah-mudahan peraturan ini bisa membuat dokter spesialis nyaman di Batam dan bisa mengabdikan dirinya untuk masyarakat,” paparnya.

Wako menjelaskan, salah satu tantangan tenaga kesehatan di Batam yakni banyaknya masyarakat yang berobat ke luar negeri. Wilayah destinasi untuk pengobatan yakni, Singapura, Penang, Malaka dan Johor. “Kita akui karena pemerintah daerah kurang memberikan fasilitas yang lengkap di Rumah Sakit di Batam,” sebut Dahlan.

Melalui konrefsi ini, ungkap Dahan, diharapkan peserta yang merupakan para dokter spesialis mampu menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Dahlan secara pribadi mengungkapkan rasa terima kasih bagi para dokter yang telah mengabdi Batam. “Semoga dari konfrensi ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik untuk sumbangsih bagi bangsa dan Negara,” aku Dahlan. (humas_crew/ev)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -