Wawako Lepas JCH Kloter Terakhir

BATAM - Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika melepas jamaah calon haji kloter 23 yang merupakan kloter terakhir, Rabu (3/11) di Asrama Haji. Kepada calon jamaah haji yang akan berangkat, Wawako mendoakan semoga selamat sampai dan selamat kembali ke tanah air. Menurutnya,  jika jamaah telah sampai di Tanah Suci, nantinya akan bertemu dengan jemaah dari negara lain dan juga Indonesia. Ria berharap seluruh JCH dapat mengamalkan seluruh ibadah yang telah diperoleh di Tanah Suci ketika sudah pulang. Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Ria berpesan kepada para JCH untuk senantiasa melaksanakan ibadah hajinya dengan baik. Sehingga nantinya menjadi haji mabrur. Kepada keluarga yang mengantar dan belum menunaikan ibadah haji, dapat diberi kesempatan berkunjung ke Baitullah dilain waktu.

“Semoga ukhuwah islamiyah diantara para jamaah terjalin dengan baik,”harapnya.

Dr. H Erizal selaku Sekretaris PPIH Embarkasi Batam dalam laporannya mengatakan bahwa sampai saat ini telah memberangkatkan jamaah haji ke Arab Saudi dalam 22 kelompok terbang, denga jumlah total 9850 jamaah. Hari ini (Rabu) dilaksanakan prosesi pemberangkatan JCH kloter 23, yang merupakan jamaah dari Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau.

JCH Kloter 23 yang berjumlah 176 orang dengan rincian Kota Pontianak 136 orang, Kabupaten Sambas 5 orang, Kota Batam 17 orang, Tanjung Pinang 12 orang, Indragiri Hulu 1 orang dan 5 orang petugas. Dalam kloter tersebut Jaleha Madsah Ketteng Binti Madsah merupakan jamaah haji tertua dengan usia 90 tahun berasal dari Pontianak Timur Kalimantan Barat. Sedangkan jmaah yang termuda berusia 23 tahun Irfan Affandi Nur Bin H Muhammad Nur berasal dari Pontianak Barat, Kalimantan Barat.

Erizal menambahkan bahwa pelayanan jamaah haji Embarkasi Batam untuk tahun ini yaitu, biaya domestik pada saat jamaan datang atau kembali ke daerah masing-masing berupa biaya bis, porter dan truk sepenuhnya disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan disetujui DPRD Kepulauan Riau. Kedua Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membekali jamaah haji dengan makanan khas Provinsi Kepri yaitu dendeng sotong. Ketiga, PPIH Embarkasi Batam memberikan kepada JCH dengan makanan ringan oleh-oleh makanan khas melayu dari Tanjungpinang yaitu kue bilis gulung yang diberikan pada saat makan malam. Turut hadir Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri Drs H Rajali Jaya dan Direktur Quran Center Provinsi Kepri Mahadi Rahma, SQ.(crew_humas/nn)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -