Usulan Kenaikan Pajak Untuk Dukung Pembangunan Batam

BATAM- Wakil Wali Kota Batam, Rudi SE meminta kepada masyarakat agar tidak terpancing dan tidak perlu menanggapi secara berlebihan terkait dengan usulan Ranperda kenaikan pajak yang tengah diajukan Pemerintah Kota Batam. Hal ini disampaikan Rudi dalam sambutannya ketika membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Bengkong, Jum’at (4/3) bertempat di Restoran Golden Prawn, Kelurahan Bengkong Laut.

“mari kita sampaikan kepada masyarakat masyarakat bahwa Ranperda atau Regulasi yang berkaitan dengan kenaikan pajak yang tengah diusulkan adalah untuk kepentingan masyarakat. Karena hasilnya nanti akan di kembalikan lagi ke masyarakat, dan di pergunakan untuk melaksanakan pembangunan kota Batam, yang salah satunya adalah melaksanakan hasil Musrenbang ini,”  Rudi menjelaskan. Usulan kenaikan pajak dan retribusi daerah ini merupakan usaha untuk mengejar target pendapatan asli daerah (PAD) 2011 yang mencapai Rp369 miliar. Ini adalah salah satu cara untuk mengejar target kenaikan PAD itu, dan ini baru sebatas usulan yang substasninya masih akan dibahas bersama DPRD jelasnya.

Musrenbang tingkat kecamatan Bengkong ini sebelumnya telah melalui beberapa tahapan, antara lain Pra Musrenbang Tingkat Kelurahan, Musrenbang Tingkat Kelurahan, dan Pra Musrenbang Tingkat Kecamatan. Pada Tingkat terendah telah di himpun dan di serap aspirasi baik dari RT, RW, tokoh masyarakat, dunia usaha, sekolah maupun Organisasi Kemasyarakatan. Sehingga perencanaan pembangunan dimulai dari bawah, jelas Camat Bengkong, Umiati, SE. “Dengan sistem bottom up ini pembangunan akan benar-benar terlaksana karena penyerapan aspirasinyanya mulai dari tingkat RT,” tambahnya.

Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi mengungkapkan bahwa Musrenbang ini penting untuk diikuti terutama oleh pelaku pembangunan yang terdiri dari unsur pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Tujuannya adalah guna merumuskan arah kebijakan, program dan pelaksanaan pembangunan pada tahun 2012 mendatang. “di harapkan kedepannya Program-program yang diusulkan dapat bersinergi sehingga berjalan aman lancar dan masyarakat dapat merasakan pembangunan,” jelasnya.

Musrenbang Kecamatan Bengkong dihadiri pula oleh Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail, Kepala Bapeda, Wan Darusalam, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi, SE, anggota DPRD Dapil Bengkong, serta Kepala Dinas, Badan, SKPD di lingkungan Pemko batam.

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -