Batam Akan Miliki Studio Animasi Terbesar di Indonesia

BATAM- Tak lama lagi, Batam akan memiliki Studio Animasi terbesar di Indonesia. Untuk mengawali pembangunan studio tersebut, Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan Jumat (11/3) menyaksikan pemancangan tiang pertama kontruksi bangunan studio film dan animasinya. Bertempat di Tamarin Santana Golf Course Nongsa, dalam sambutannya Wako menyampaikan bahwa Pemerintah menyambut baik dan memberikan dukungan terhadap pembangunan studio tersebut. “Kami sangat menghargai  komitmen dan keberanian Mike untuk membangun studio animasi pertama di Indonesia,” katanya.

Dijelaskannya bahwa dilihat dari seringnya event-event perfilman digelar di Kota Batam seperti Festifal Film Indonesia dan Kongres Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), ini menunjukkan besarnya minat investor Industri perfilman terhadap Batam. Hal ini juga dapat dilihat dari komitmen PT. Kinema Systrans Multimedia yang ditunjukkan dengan pembangunan fasilitas serbaguna yang di sebut Island Studio ini.

Managing Director PT. Kinema Systrans Multimedia, Michael Wiluan (Mike) menjelaskan bahwa pembangunan Island Studio ini dijadwalkan akan selesai pada akhir tahun 2011. Adapun fasilitas serba guna Island Studio yang akan dibangun adalah, terdiri dari beberpa bagian infrastruktur yang di butuhkan untuk memproduksi konten multimedia, seperti panggung dan ruang-ruang pendukung. Ditambahkannya bahwa ruang pendukung yang akan dibangun di area tersebut antara lain, Production Studio yaitu gedung untuk menampung produksi animasi baik untuk film atau televisi yang membutuhkan efek-efek khusus dengan komputer. “Ini akan memberikan kesempatan bagi para produser film untuk mengoptimalkan para pekerja seni lokal, lahan, bahan bangunan dan set properti,” tambahnya.

Mike mengharapkan kedepannya akan terjalin hubungan yang lebih dekat dengan Pemerintah Kota Batam serta bisa memberikan kontibusi pada Industri Media Perfilman khusunya di kota Batam.

Sebagai penanda dimulainya pembangunan Island Studio, Wako melakukan pemukulan gong tepat pada pukul 11.00 WIB yang dilanjutkan menyaksikan pemancangan Tiang pertama konstruksi bangunan Studio. Terakhir Wako mengajak para investor untuk malakukan investasi di Kota Batam. “Jangan ragu untuk berinvestasi di Kota Batam, karena pemerintah telah menyiapkan Infrastruktur, juga listrik dan air. Dan Batam sebagai kota yang aman, sehingga sangat mendukung untuk berkembangnya investasi,” jelasnya.

PT. Kinema Systrans Multimedia adalah salah satu studio animasi terbesar di Asia Tenggara, sebelumnya berlokasi di area Turi Beach Resort, Nongsa. Telah menghasilkan berbagai karya animasi yang dipesan oleh berbagai perusahaan sinema bertaraf internasional. Ratusan kaum muda kreatif bekerja di bawah payung PT Kinema Systrans Multimedia. Mereka telah menghasilkan berbagai karya animasi yang dipesan oleh berbagai perusahaan sinema bertaraf internasional. Salah satu karya film animasi yang telah menginternasional adalah film ’Sing to the Dawn’ yang telah di adaptasi dalam versi Indonesia dengan judul “Meraih Mimpi“, dengan melibatkan beberapa artis terkenal seperti Cut Mini dan Gita Gutawa sebagai pengisi suaranya.

Turut hadir pada acara tesebut, Ketua Kadin Batam, Nada Soraya, Kepala Imigrasi Kota Batam, Direktur PT. Citra Mas Group, Chris Wiluan, Camat Nongsa, Alwi AR, dan Anggota DPRD Kota Batam, Yunus.

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -