Wawako Ajak Warga Bulang Mendukung Penuh Program TMMD

Wawako Ajak Warga Bulang Mendukung Penuh Program TMMD ft : HariantoWawako Ajak Warga Bulang Mendukung Penuh Program TMMD ft : Harianto

BATAM – Setelah menggelar kegiatan pra kualifikasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-83 tahun 2009 selama 11 hari, Jumat (9/10) secara resmi program nasional TMMD ini dibuka oleh Danlantamal Laksamana Pertama M Dorojatim. Kegiatan TMMD ini akan berakhir pada Kamis (29/10) mendatang. Kemarin, setelah Danlantamal membuka secara resmi kegiatan TMMD di Kelurahan Pulau Buluh Kecamatan Belakang Padang, rombongan berkeliling meninjau pelaksanaan pekerjaan yang tengah berlangsung.
Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika yang menghadiri upacara peresmian program nasional TMMD ke-83 tahun 2009 ini mengatakan, bahwasanya Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyambut baik kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan sumbangsih atau kemanunggalan dari TNI yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Dari peninjauan yang dilakukannya bersama rombongan, Ria mengatakan dari segi efektifitas pekerjaan sangat baik. Begitu juga dari segi kualitas pekerjaan menurutnya sangat baik.
“Pekerjaan seperti ini bisa efisiensi, karena apabila ditenderkan tentu memakan waktu yang lama. Sementara pekerjaan yang dilakukan dalam program ini swa kelola dan kualitasnya cukup baik,” ujar Ria didampingi Kepala Dinas PMK, Pasar, Koperasi dan UKM Kota Batam, Pebrialin.
Secara terpisah, Komando Resimen Militer (Danrem) 033 Wira Pratama Kolonel ARH Mardimin menjelaskan, program kegiatan TMMD ini terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Yang menjadi sasaran kegiatan TMMD yakni di Kelurahan Pulau Buluh dan Kelurahan Batu Legong. Untuk TMMD di Kelurahan Batu Legong disebar di tiga pulau, yakni, Pulau Air, Pulau Seraya dan Pulau Labu. Untuk kegiatan fisik di Kelurahan Pulau Buluh berupa rehab Posyandu dengan ukuran panjang 8 meter dan lebar 6 meter. Semenisasi jalan sepanjang 1 kilo meter dan lebar 2 meter. Pembuatan batu miring ukuran panjang 200 meter dan tinggi 2,5 meter. Tempat wudhu sepanjang 2,5 meter ddan lebar 2 meter, 2 unit WC dank ran wudhu 4. Kemudian rehab Pos Babinsa dengan ukuran 8 meter dan lebar 6 meter.

Untuk di Kelurahan Batu Legong, kegiatan fisik berupa pembuatan pagar masjid sepanjang 86 meter, renovasi rumah tidak layak huni 11 unit di Pulau Seraya, pembuatan teras mushola sepanjang 25 meter di Pulau Labu dan renovasi TPA sepanjang 8,5 meter dan lebar 5,5 meter di Pulau Labu. Untuk kegiatan non fisik dalam kegiatan TMMD ini yakni penyuluhan pertanian ddan perikanan, penyuluhan bela negara, penyuluhan koperasi dan UKM, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan wawasan keangsaan, penyuluhan sadar hukum dan penyuluhan kesehatan.

“Harusnya pelaksanaan TMMD di Batam diselenggarakan pada semester pertama dan semester kedua dilaksanakan di Natuna. Namun, karena angina kuat pada semester ke dua ini, maka dicing. Untuk tahun depan, kegiatan ini digelar di tiga kabupaten diantaranya, Natuna dan Bintan. TMMD di Batam akan digelar 2011,” ujar Mardimin.

Kegiatan TMMD ini menurutnya sudah lama diselenggarakan dengan tujuan mempercepat pemerataan pembangunan. Bicara mengenai pulau terluar, saat ini tengah dibangun patung sebagai tanda satu daerah di Pulau Sekatung. Di pulau tersebut terdapat lima kepala keluarga yang tinggal. Sementara itu Yusrizal, Kepala Badan Pembangunan Masyarakat Desa (BPMD) menambahkan, setiap tahun Provinsi Kepri menganggarkan dana sebesar Rp500 juta untuk pembangunan desa ditiap kelurahan. Tahun ini diantaranya pulau yang dibangun yakni Kelurahan Batu Legong dan Pulau Karas. Selama empat tahun desa yang dibantu melalui program P3DK ini yakni sebanyak 108 desa.

Secara keseluruhan jumlah personil yang terlibat  dalam kegiatan TMMD ini sebanyak 300 personil. Adapun personil yang terlibat berasal dari kalangan tentara dalam hal ini Kodim 0316 Batam berjumlah 40 orang, TNI Al, TNI Au, Yonif 134 dan Disjen Rem 033/WP berjumlah 110 orang. Serta personil pendukung dari Pemerintah Kota Batam, Otorita Batam, Organisasi Masyarakat dan masyarakat yang berjumlah 150 orang, dan dari masyarakat. Secara langsung Dandim 0316, Letkol (Inf) Ahadi Martanto sebagai Komandan Satuan Tugas program TMMD melaporkan kegiatan yang digelar dalam program TMMD. Secara simbolis, Komandan upacara juga menyerahkan peralatan pekerjaan kepada personil. Turut hadir dalam upacara pembukaan kegiatan TMMD Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin dan Mawardi Badar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam.

(*crew_humas/dv)

ft lainnya **

Wawako Ajak Warga Bulang Mendukung Penuh Program TMMD ft : HariantoWawako Ajak Warga Bulang Mendukung Penuh Program TMMD ft : HariantoWawako Ajak Warga Bulang Mendukung Penuh Program TMMD ft : Harianto

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -