Kelurahan Batu Merah dan Kampung Seraya Selesaikan 26 Kegiatan

BATAM- Dua Kelurahan di Kecamatan Batuampar, Kelurahan Batu Merah dan Kampung Seraya berhasil menyelesaikan 26 kegiatan proyek infrastruktur pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan. Proyek infrastruktur tersebut merupakan program kegiatan tahun 2009-2010. H Basuki, koordinator BKM mengatakan bahwa di Kelurahan Batu Merah pada tahun 2009 terdapat 5 kegiatan yang dikerjakan pada BLM 1 dan BLM 3. Dengan nilai kegiatan sebesar Rp50 juta. Kemudian pada tahun 2010 terdapat 11 kegiatan dengan anggaran Rp60 juta dan 7 kegiatan pada BLM 2 dengan anggaran Rp60 juta. Sementara di Kampung Seraya pada tahun 2009 dengan jumlah anggaran Rp84 juta mampu menyelesaikan 3 kegiatan.

Kegiatan lainnya yang dikerjakan oleh masyarakat di Kelurahan Batu Merah yakni pengaspalan jalan, pembuatan drainase dan pembangunan batu miring. Pada tahun 2010 pekerjaan yang dilakukan yakni semenisasi jalan, pembuatan drainase, pembangunan gorong-gorong dan perbaikan jalan menuju kantor lurah Kampung Seraya. Dengan telah diselesaikannya pekerjaan infrastruktur ini, Basuki beserta masyarakat di Kelurahan Batu Merah dan Kampung Seraya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pemerintah pusat dan Pemko Batam.

“Terimakasih kepada Bapak Wali Kota dan Camat yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan PNPM ini. Melalui kegiatan ini sangat membantu dalam pembangunan infrastruktur terutama di lingkungan tempat tinggal,” kata Basuki.

Koordinator BKM Kota Batam, Suwisnu dalam sambutannya mengatakan bahwa program PNPM ini merupakan program penanggulangan kemiskinan. Program PNPM menurutnya program yang mengedepankan transparansi. Dengan kemandirian masyarakat membangun infrastruktur di lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan untuk mengerjakan kegiatan ini diperlukan sinergisitas antara pemerintah pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat. Harapannya ke depan, kegiatan PNPM tidak hanya berupa fisik tapi juga bisa dalam bentuk pelatihan-pelatihan.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan sebelum meresmikan proyek-proyek itu dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan di Batam berawal dari Kecamatan Batuampar. Dengan bertambahnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun maka diperlukan infrastruktur yang memadai. Salah satu solusi untuk menyempurnakan pembangunan infrastruktur di Kota Batam adalah melalui program PNPM Mandiri Perkotaan. Pemko Batam menurutnya pada tahun 2011 mendatang mengusulkan dana PNPM Mandiri sebesar Rp5 miliar. Melihat dukungan dari Pemko Batam terhadap program PNPM ini menurutnya pemerintah pusat akan menambah jumlah dana PNPM untuk Kota Batam. Peresmian proyek infrastruktur di dua kelurahan tersebut ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan penandatanganan prasasti.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -