Anggota Linmas Bertanggungjawab Sukseskan Pilwako 2011

BATAM- Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) bertanggungjawab dalam kesuksesan pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada 5 Januari 2011 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada saat menutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas TPS Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2011 di Kecamatan Belakang Padang. Anggota Linmas yang bertugas dalam mengamankan pelaksanaan Pilwako itu menurutnya harus bisa bekerjasama dengan pihak kepolisian yang juga bertugas dalam mengamankan Pilwako. Apa yang dilakukan tersebut menurutnya adalah amanah dan harus dilaksanakan.

“Saya bangga dengan anggota Linmas. Saudara yang bertugas ini adalah orang-orang pilihan karena ada kriteria yang telah ditetapkan untuk menjadi anggota Linmas. Oleh karena itu berbanggalah menjadi anggota Linmas karena apa yang dikerjakan merupakan amanah dan untuk kepentingan pemerintah dan tidak boleh diremehkan. Yang penting adalah bagaimana Pemilu ini dapat berlangsung dengan aman,” katanya.

Pada saat penutupan pelatihan tersebut, Wali Kota juga berpesan agar masyarakat Belakang Padang dapat menjaga kekompakan dan persatuan. Dengan demikian maka kita dapat membangun Batam. Adapun jumlah Anggota Linmas yang bertugas untuk mengamankan Pemilu di Kecamatan Belakang Padang berjumlah 90 orang. Pelatihan yang diberikan berasal dari pihak kepolisian, Pemko Batam dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam.

Dari Kesbangpol Linmas, materi yang diberikan berupa permasalahan linmas serta peningkatan kapasitas Linmas, tugas dan fungsi Linmas di TPS. Tujuan diberikannya pelatihan ini, untuk memberikan pembekalan sehingga ada peningkatan kualitas kepada para anggota Linmas yang bertugas pada saat Pemilu nanti. Pasalnya, dari petugas Linmas yang bertugas saat ini, sebagian merupakan petugas Linmas yang baru. Perlunya pembekalan ini untuk memberikan penjelasan mengenai tugas dan fungsi anggota Linmas, karena tingkat mobilitas petugas Linmas ini cukup tinggi. Dari 9 orang anggota KPPS, 2 orang diantaranya adalah petugas Linmas.

Pelatihan ini akan diikuti oleh 3.576 orang anggota Linmas dari 12 kecamatan. Pelatihan ini telah diselenggarakan di beberapa kecamatan diantaranya, Kecamatan Sekupang, Batu Aji, Sagulung, Sei Beduk dan Batu Ampar dan Batam Kota. Diharapkan melalui pelatihan ini para Anggota Linmas dapat mengetahui tugas dan fungsinya pada pelaksanaan Pemilukada pada 5 Januari 2011 mendatang.(crew_humas/dv)

Foto lainnya**

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -